Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan

Main Article Content

Fera Ferianti
Amir Hamzah

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata adalah pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Tebak kata dapat dijadikan model alternatif untuk mendorong siswa aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwasanya hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Cooperative Learning tipe tebak kata masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa yang mendapat nilai tinggi (58 keatas) pre-test sebanyak 5 orang (21,74%), nilai sedang (37-57) sebanyak 16 orang (69,56%), dan nilai rendah (36 kebawah) sebanyak 2 orang (8,7 %). Dan hasil belajar siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran tebak kata yang memperoleh nilai tinggi (98 keatas) sebanyak 8 orang (34,78%), nilai sedang (88-97) sebanyak 7 orang (30,44%) dan mendapatkan nilai rendah (86 kebawah) sebanyak 8 orang (34,78%). Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menyatakan Ho tidak terdapat pengaruh dan Ha menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata terhadap hasil belajar siswa diterima. Hal ini dapat dilihat dari 2,07 < 17,42 > 2,82. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe tebak kata dapat diandalkan sebagai metode yang baik untuk mengajarkan bahasa Arab.

Article Details

How to Cite
Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan. (2018). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 134-143. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1647
Section
Artikel Asli

How to Cite

Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan. (2018). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 134-143. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1647

References

Abdullah Sani Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik Oemar. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara

Ismail Fajri. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press

Jihat Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo

Kustawan Dedy. 2013. Analisis Hasil belajar program perbaikan dan pengayaan peserta didik berkebutuhan khusus. Bandung: Luxima Merto Media

Rusmaini, 2011. Ilmu Pendidikan. Palembang: CV. Grafika Telindo

Sudjana Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar

Susanto Ahmad. 2012. Teori dan Pembelajaran disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka

Taniredja Tukiran dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta