DESAIN PEMBELAJARAN IPS MI BERBASIS HUMANISTIK UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN UNGGUL PESERTA DIDIK DESAIN PEMBELAJARAN IPS MI BERBASIS HUMANISTIK UNTUKI MEMBENTUK KEPRIBADIAN UNGGUL PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran IPS MI dengan basis Humanistik yang valid, praktis, dan mempunyai kefektifan terhadap proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap Preliminary (tahap persiapan dan pendesainan) dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation (self evaluation, one to one, small group dan field test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar walkthrough dan angket. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PGMI semester V . Dari hasil penelitian diperoleh simpulan : (1) menghasilkan desain pembelajaran IPS MI yang valid dengan melihat komentar dan saran validator serta nilai kevalidan sebesar 4,63. (2) Menghasilkan desain pembelajaran IPS MI yang praktis dilihat dari data angket kepraktisan sebesar 4,50, dan (3) desain pembelajaran IPS MI berbasis Humanistik mempunyai keefektifan terhadap proses pembelajaran dikelas dengan dilihat dari data angke keaktifan mahasiswa dengan rata-rata 90 %.
Article Details
How to Cite
DESAIN PEMBELAJARAN IPS MI BERBASIS HUMANISTIK UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN UNGGUL PESERTA DIDIK: DESAIN PEMBELAJARAN IPS MI BERBASIS HUMANISTIK UNTUKI MEMBENTUK KEPRIBADIAN UNGGUL PESERTA DIDIK. (2018). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 156-169. https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2796
Section
Artikel Asli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
DESAIN PEMBELAJARAN IPS MI BERBASIS HUMANISTIK UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN UNGGUL PESERTA DIDIK: DESAIN PEMBELAJARAN IPS MI BERBASIS HUMANISTIK UNTUKI MEMBENTUK KEPRIBADIAN UNGGUL PESERTA DIDIK. (2018). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 156-169. https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2796
References
Depdiknas. 2003 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Al. Muhtar,S (2006). Pengembangan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Bandung : Gelar Pustaka Mandiri.
Charles M, Reigeluth (Ed). (1983) Instructional Design, Theories and Models: An Overview of Their Current Status, (New Jersey: Lewrance Erlbaum Associates Publishers.
Creswel, John W. L.(2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, California: Saga Publications Inc.
Jenner, Bbruce, and Seal, Mark. (2005). Finding the Champion Within : Rencana Langkah-Demi langkah untuk Mencapai Potensi Diri Anda Sepenuhnya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sumantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia London: Kogen Page.
Al. Muhtar,S (2006). Pengembangan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Bandung : Gelar Pustaka Mandiri.
Charles M, Reigeluth (Ed). (1983) Instructional Design, Theories and Models: An Overview of Their Current Status, (New Jersey: Lewrance Erlbaum Associates Publishers.
Creswel, John W. L.(2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, California: Saga Publications Inc.
Jenner, Bbruce, and Seal, Mark. (2005). Finding the Champion Within : Rencana Langkah-Demi langkah untuk Mencapai Potensi Diri Anda Sepenuhnya. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sumantri, N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. Philadelphia London: Kogen Page.