PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK (PROJECT METHOD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PANGERAN AJI MENANGA KECAMATAN SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR

Main Article Content

Elia Ariani
Maryamah Maryamah

Abstract

Pendidik mempunyai tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh siswa yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka seorang pendidik harus mempunyai banyak metode untuk mencapai tujuan itu, metode proyek (Project Method) memiliki prosedur yang diterapkan secara berkelompok dengan menghadapkan siswa pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran  IPA sebelum dan sesudah diterapkan metode Proyek  di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji Menanga, lalu apakah ada pengaruh penerapan metode proyek terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji  Menanga Kec. Semendawai Barat Kab. OKU TIMUR.Skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) yakni menjadikan siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji Menanga menjadi subyek penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 223 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang siswa kelas IV yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 31 orang perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis dalam skripsi ini adalah menggunakan t tes untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode proyek (Project Method) terhadap motivasi belajar siswa. Persentase motivasi belajar siswa sebelum diterapkan metode Proyekada 6 orang siswa  14 % tergolong tinggi, 29 orang siswa  67 % tergolong sedang, dan 8 orang siswa  19 %  tergolong rendah. Sedangkan motivasi belajar siswa  sesudah diterapkan metode Proyekadalah 9 orang siswa 21 % tergolong tinggi, 27 orang siswa 63 % tergolong sedang, dan 7 orang siswa 16 % tergolong rendah. Berdasarkan analisis data dengan rumus t tes adalah nilai perhitungan t-tes lebih besar daripada t-tabel, baik pada taraf 5% maupun 1% dengan rincian 2,02 < 14,04 >2,69 yang berarti Ha diterima danHo ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh  motivasi belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah diterapkan metode proyek (Project Method) pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Menanga Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU TIMUR.

Article Details

How to Cite
PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK (PROJECT METHOD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PANGERAN AJI MENANGA KECAMATAN SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 30-57. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.516
Section
Artikel Asli

How to Cite

PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK (PROJECT METHOD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PANGERAN AJI MENANGA KECAMATAN SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 30-57. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.516

References

A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar; Bekal Keterampilan Dasar bagi Guru . Bandung: CV.YRAMA WIDYA.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Cet 5. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Hamalik, Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Kepel Press.

Manizar, Ely. 2008. Pengantar Psikologi Pendidikan. Palembang: IAIN Raden Fatah press.

Maryamah, M. (2014). TEKNIK MIND MAPING DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH ADABIYAH II PALEMBANG. Ta'dib, 19(02), 253-264. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/17

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:PT. RINEKA CIPTA.

Rusmaini. 2011. Ilmu Pendidikan. Palembang: CV. Grafika Telindo.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Cet VIII, Bandung: NUANSA CENDEKIA.

Slameto. 2010. Belajardan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2014 Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2013 Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahab, Rohmalina. 2008. Psikologi Pendidikan. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, (suatu tinjauan konseptual operasional). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yamin, Martinis. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: REFERENS