PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN CUACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG

Main Article Content

Sari Embun
Mardiah Astuti

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Cuaca di MI Najahiyah Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh penggunaan media gambar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Cuaca di MI Najahiyah Palembang.Jenis penelitian dalam skripsi ini deskriptif kuantitatif adalah menyangkut hasil angket yang disebarkan pada siswa kelas III C dan hasil observasi yang didapat dari seorang guru yang menjadi observer di MI Najahiyah Palembang yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seuluruh siswa MI Najahiyah Palembang. Untuk menentukan sampel menggunakan tehnik Random Sampling ialah tehnik penentuan sampel secara random atau acak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yaitu data yang telah diperoleh kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu mean, standar deviasi dan persentase. Dan untuk menganalisis pengaruh antar variabel menggunakan rumus Korelasi Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian ini setelah dianalisis oleh penulis pada bab sebelumnya diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan cuaca di MI Najahiyah Palembang. Berdasarkan hasil analisis statistik ⱷ adalah 0,985 lebih besar dari pada “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% adalah 0,396 maupun taraf 1% adalah 0,505. Maka dapat disimpulkan penulis semakin banyak penggunaan media gambar dalam pembelajaran maka semakin banyak pula aktivitas-aktivitas siswa dalam belajar.

Article Details

How to Cite
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN CUACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 80-106. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.518
Section
Artikel Asli

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN CUACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 80-106. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.518

References

Bahri Djamarah Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Bintang Ilmu

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahan Al-Jumanatul Ali. Bandung: Diponegoro

Hamalik Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamalik Oemar. 1994. Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Haryanto. 2007. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakrata: Erlangga

Munadi Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group

UU SISDIKNAS.2003. UU RI No. 20 Th. 2003. Jakarta: Sinar Garfika

Rusmaini. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Palembang: Grafindo Telindo Perss

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Khalilullah. M. 2010. Media Pmbelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Suprijono Agus. 2009. Cooperatif Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar

S. Sadiman Arief. 2012. Media Pendidikan, cet. 16. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sudjana. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Dikjen Dirti Depdikbud

Sudjana Nana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Agesindo

Wahab Rohmalina. 2006. Psikologi Pendidikan. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Faturrohman Puput. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama

Mansyur. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pembina Keagamaan Universitas Terbuka

Muhibinsyah. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada