PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIK LINGKARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUJTAHIDIN SUMBER HARAPAN OGAN KOMERING ULU TIMUR

Main Article Content

Opta Piyanti
Tastin Tastin

Abstract

Dalam proses pembelajaran, tentu dibutuhkan media-media untuk menyampaikan materi pembelajaran. Media grafik lingkaran dapat diartikan sebagai cara untuk menyampaikan materi yang berhubungan dengan satu kesatuan dari sebagian. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujtahidin Sumber Harapan OKU Timur. Penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh penggunaan media grafik lingkaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Adapun pengambilan sampel yang dilakukkan yaitu dengan menggunakan Sampling Pruposif  yaitu penggambilan sampel secara pertimbangan.Perumusan masalah dari sekripsi ini adalah bagaimana penerapan media grafik lingkaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran matematika materi pecahan di MI Al-Mujtahidin Sumber Harapan OKU Timur. Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV dengan menggunakan media grafik lingkaran pada mata pelajaran matematika materi pecahan di MI Al-Mujtahidin Sumber Harapan OKU Timur. Apakah ada pengaruh anatara penerapan media grafik lingkaran dengan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika materi pecahan di MI Al-Mujtahidin Sumber Harapan OKU Timur.Metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif yaitu menguraikan, menggambarkan, dan mengklasifikasikannya menggunakan rumus tes “t”. Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh penulis dalam perhitungan (  = 3,075) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (  = 2,04 dan = 2,75) maka dapat diketahui bahwa   adalah lebih besar dari pada t, yaitu: 2,04 <3,274>2,75. Dari perhitungan diatas dapat didapat >  sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan terhadap penggunaan media grafik lingkaran materi pecahan pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Al-Mujtahidin OKU Timur diterima.

Article Details

How to Cite
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIK LINGKARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUJTAHIDIN SUMBER HARAPAN OGAN KOMERING ULU TIMUR. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 107-121. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.519
Section
Artikel Asli

How to Cite

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIK LINGKARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUJTAHIDIN SUMBER HARAPAN OGAN KOMERING ULU TIMUR. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 107-121. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.519

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ismail, Fajri. 2014. Evaluasi Pendidikan, (Palembang:Tunas Gemilang Press.

Jihad, Asep dan Abdul Aziz. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kustawan, Dedy. 2013. Analisis Hasil Belajar Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media.

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenata Media Group.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

UU R.I. No. 20 Th. 2003 Tentang Sisdiknas dan PP.R.I. Th. 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara.