PENGGUNAAN MEDIA PAPAN KANTONG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATERI SURAT PENDEK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MI AL-AMANAH BARUHARJO KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR KABUPATEN OKU TIMUR

Main Article Content

Layyinatus Shifa
Aquami Aquami

Abstract

Media merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran yag sangat penting digunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. MI Al-Amanah Baruharjo OKU Timur merupakan salah satu sekolah di OKU Timur yang belum menggunakan media dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi surat pendek.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen dan control serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara keduanya. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Intact Group Comparison . Sumber data yang penulis peroleh adalah sumber data primer yaitu sumber data yang didapat langsung dari siswa melalui tes, dan sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh penulis dari metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang di dapatkan penulis dianalisis deskriptif (TSR) sehingga dapat diketahui  siswa dari kelas eksperimen dan kontrol yang mendapatkan nilai kategori tinggi, sedang dan rendah.Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan  penulis menggunakan uji “t”.Hasil penelitian adalah siswa kelas III yang menggunakan media papan kantong mendapatkan nilai rata-rata 84, sedangkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media papan kantong di kelas III mendapat nilai rata-rata 76. Data yag didapat kemudian dianalisis statistik menggunakan uji “t”.  Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan teknik uji “t” dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media papan kantong dan tidak menggunakan media papan kantong materi surah pendek pada mata pelajaran Al-Quran Hadist di MI Al-Amanah Baruharjo. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan tes “t” lebih besar dari “t” tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% atau dengan rincian 2,05 < 3,742 > 2,76 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Article Details

How to Cite
PENGGUNAAN MEDIA PAPAN KANTONG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATERI SURAT PENDEK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MI AL-AMANAH BARUHARJO KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR KABUPATEN OKU TIMUR. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 122-147. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.520
Section
Artikel Asli

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA PAPAN KANTONG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATERI SURAT PENDEK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MI AL-AMANAH BARUHARJO KECAMATAN BUAY MADANG TIMUR KABUPATEN OKU TIMUR. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 122-147. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.520

References

Ahmad ,Muhammad Abdul Qadir. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi ,Abu dan Widodo Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (INOVATIF). Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Departemen Agama RI. 2014. Al-Qur'an dan Terjemahnya. Bandung: CV Diponegoro.

Fakhruddin, Fuad. 2005. Standar Pelayanan Minimal Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depag RI

Hawi, Akmal. 2006. Kompetensi Guru PAI. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ismaill, Fajri. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran (teori dan praktik pengembangan kurikulum KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003. 2011. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika Offsite.

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: raja Grafindo Persada

Ula, S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz