PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN PENGABUAN KABUPATEN PALI

Main Article Content

Rantika Rantika
Faisal Abdullah

Abstract

Pembelajaran  yang efektif  memerlukan perencanaan yang baik. Media yang akan digunakan dalam proses pmbelajaran itu juga memerlukan perencanaan yang baik. Media merupakan alat yang digunakan dalam menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Di sekolah MI Nurul Iman Pengabuan Kabupaten PALI berdasarkan observasi awal belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif, terkhusus pada mata pelajaran bahasa Arab.Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana pengunaan media teka teki silang dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Itidaiyah Nurul Iman Pengabuan? bagaimana hasil belajar siswa menggunakan media teka teki silang pada pembelajaran bahasa Arab di madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten PALI ? apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media teka teki silang pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten PALI?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media teka teki silang dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab. Adapun pengambilan sampel dalam peneltian ini, penulis hanya mengambil kelas II sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 siswa berdasarkan Simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji “t”.Dengan demikian, hasil eksperimen yang penulis lakukan menunjukan hal-hal sebagai berikut: Pertama hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab materi penegnalan angka 1-10 di kelas II madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan sebelum diterapkanya media Teka Teki Silang nilai siswa yaitu 56,11 (pre-test) mengalami peningkatan nilai mean setelah diterapkannya media Teka Teki Silang meningkat menjadi 79,44 (post-test). Kedua, ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pre-test dan post-test yang dapat diinterprestasikan bahwa Hipotesis Nihil ditolak  yaitu tt 5% < to > tt atau 2,11< 11,73> 2,90. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab sebelum dan setelah menggunakan media Teka Teki Silang.

Article Details

How to Cite
PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN PENGABUAN KABUPATEN PALI. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 178-190. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.522
Section
Artikel Asli

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA TEKA TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN PENGABUAN KABUPATEN PALI. (2016). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 1(1), 178-190. https://doi.org/10.19109/jip.v1i1.522

References

Arsyad¸ Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: CV YRAMA WIDYA.

Hamdani, Firman,dkk.. 2009. Belajar Bahasa Arab Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Jakarta: Erlangga.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA Yang Menarik dan Mengasyikkan. Purworejo: KEPEL Press.

Ismail, Fajri. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas gemilang Press.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sucipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khalilullah. 2013. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Sadiman, Arief Dkk. 2009 Media Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) (UU RI No. 20 Thn 2003. 2011. Jakarta: Sinar Grafika.

Sudijono, Anas.2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Grafindo Persada.

Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sukardi, Ismail. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Modern: Suatu Pengantar. Palembang:Tunas gemilang Press