Implementation of Environmental Care Character Education on the Development of Students' Emotional Intelligence in Sukarame District, Bandar Lampung City

Main Article Content

Syofnidah Ifrianti
Ayu Reza Ningrum

Abstract

Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung
 
Implementation of Environmental Care Character Education on the Development of Students' Emotional Intelligence in Sukarame District,
Bandar Lampung City
 
Syofnidah Ifrianti
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
syofnidahifrianti@radenintan.ac.id
 
Ayu Reza Ningrum
Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
ayurezaningrum@radenintan.ac.id
 
Abstrak
Planet Bumi sebagai tempat tinggal manusia semakin hari semakin mengalami kerusakan. Sumber daya alam yang semakin menipis akibat ekploitasi besar-besaran oleh manusia. Hal tersebut tentu mengancam keberlangsungan hidup semua makhluk. Manusia sudah mengalami kemerosotan karakter. Diperlukannya kesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Lembaga pendidikan memiliki peran atas hal tersebut. Sekolah dasar sebagai jenjang awal peserta didik menerima ilmu menjadi sarana yang sesuai untuk menanamkan karakter peduli lingkungan. Hasil belajar yang baik tidak hanya diukur dari nilai myang tinggi, tetapi juga sikap dan keterampiulan yang baik. Sehingga sekolah memiliki tanggungjawab akan hal tersebut, yakni salah satunya dengan karakter peduli lingkungan, mengingat urgensinya saat ini. Prestasi belajar tidak hanya dipengaruhi oelh bagaimana peserta didik memahami pelajaran saja, tetapi juga lingkungan sekolah yang mendukung. Ketika li9ngkungan sekolah mendukung, maka secara langsung akan berdampak pada kecerdasan emosional peserta didik.  
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan ialah studi kasus. Objek dalam penelitian ini adalah tempat, pelaku dan aktivitas yang berinteraksi secara sinergis. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik dan hasilnya terhadap kecerdasan emosional peserta didik.
Kata-Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Kecerdasan Emosional
Abstrak
Planet Earth as a place to live for humans is increasingly experiencing damage. Natural resources are depleting due to massive exploitation by humans. This certainly threatens the survival of all creatures. Humans have experienced character degeneration. Awareness is needed to protect and preserve the environment. Educational institutions have a role in this. Primary school as the initial level of students receiving knowledge is an appropriate means to instill a caring character for the environment. Good learning outcomes are not only measured by high scores, but also good attitudes and skills. So that schools have the responsibility for this, one of which is with the character of caring for the environment, considering its current urgency. Learning achievement is not only influenced by how students understand the lessons, but also a supportive school environment. When the school environment is supportive, it will directly impact the emotional intelligence of students.
This research uses a qualitative approach. The type of research used is a case study. The objects in this study are places, actors and activities that interact synergistically. The purpose of this study was to determine the efforts to cultivate character education caring for the environment in students and the results on the emotional intelligence of students.

Article Details

How to Cite
Implementation of Environmental Care Character Education on the Development of Students’ Emotional Intelligence in Sukarame District, Bandar Lampung City. (2021). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 252-270. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.7085
Section
Artikel Asli

How to Cite

Implementation of Environmental Care Character Education on the Development of Students’ Emotional Intelligence in Sukarame District, Bandar Lampung City. (2021). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 252-270. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.7085

References

Agus Wibowo, (2013), Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, Y ogyakarta: Pustaka Pelajar.
Afriyeni, Yeni. Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1. April Tahun 2018.
Aqib, Z. (2012). Pendidikan Karakter di Sekolah: Membangun Karakter dan Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.
Barlia, Lily. (2008). Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press.
Ghosh, Kumud. (2014). Environmental Awareness Among Secondary School Students Of Golaghat District In The State Of Assam And Their Attitude Towards Environmental Education. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), Vol. 19. No 3
Daniel Goleman. (2000). Emotional Intelligence (terjemahan), (Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama
Hungerford, H.R. dan Volk, T.L. (1990). Changing Learner Behaviour Through Environmental Education. Journal of Environmental Education
Kant, S and Sharma, Y. (2013): The Environmental Awareness of Secondary School
Students With Reference To Their Intelligence. BPR Technologia: A J. Sci. Tech.
& Management, Vol. 2. No. 1.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa , Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.
Mulyana, Rahmat. Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Tabularasa. Vol. 6. No. 2. Desember 2009
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Munandar, Muhammad. (2009). Pendidikan Berbasis Keagamaan Sebagai Model Pendidikan Berpancasila. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogyakarta. Komite Rekonstruksi Pendidikan DIY Bekerjasama dengan Gadjah Mada University PressNursisto. 1999. Membina Majalah Dinding. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama Yogyakarta
Saleh, Muwafik. (2014). Membangun Karakter dengan Hati Nurani (Pendidikan Karakter untuk Generasi Bangsa). Jakarta: Erlangga.
Syahroni, Sariwandi. (2017). Peranan Orangtua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik. Intelektualita. Vol. 6. No 1.
Undang-undang No 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan
Undang-undang No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Kepramukaan
World Scout Bureau (2002) Scouting and Environment. Genewa: Switzerland Press.