Penanaman Akhlakul Karimah Melalui Filosofi Merdeka Belajar Siswa Sekolah Dasar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penanaman akhlakul karimah siswa kelas V di SDIT Al Furqon Palembang . 2) Untuk mengetahui pendekatan filosofi merdeka belajar siswa kelas V di SDIT Al Furqon Palembang. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penanaman akhlakul karimah melalui pendekatan filosofi merdeka belajar siswa kelas V di SDIT Al Furqon Palembang. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat program sekolah yang bertujuan untuk penanaman akhlakul karimah, yaitu PPA (Pekan Penanaman Adab). 2) Dalam pelaksanaan kegiatan merdeka belajar sekolah telah menerapkannya dengan baik. Adapun program merdeka belajar yang mendukung penanaman akhlakul karimah adalah kegiatan P5. 3) Adapun faktor pendukung a.guru, b.orangtua, c.fasilitas, d.sumber daya manusia. Sedangkan faktor penghambatnya adalah; a. konsistensi kegiatan, b. lingkungan luar, c. mindset atau pola pikir.
Rincian Artikel
Referensi
Deri, H, 2022. Kurikulum Merdeka Dan Paradigma Pembelajaran Baru. 1 ed. Bandung: Yrama Widya
Imas, K. 2022. A-Z Merdeka Belajar+Kurikulum Merdeka. kanjeran,jawa timur: Kata Pena
Muslihat. 2020. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Perspektif Pendidikan Abad 21. Yogyakarta: Deepublish
Makariem,N. 2022. “Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.” Laman litbang.kemdikbud.go.id
Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini Prihantini. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2 Juli 2022): 8248–58. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.