PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS IV TEMA 6 SUBTEMA 3 DI SD MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) merancang bahan ajar berupa emodul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3
kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang, (2) menghasilkan bahan ajar emodul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3
kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang valid, (3) menghasilkan bahan
ajar e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku
subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang praktis. Metode
penelitian yang digunakan Research and Development dengan model Tessmer.
Penelitian pengembangan Tessmer difokuskan pada dua tahap yaitu tahap
preliminary dan tahap prototyping yang menggunakan alur formative evaluation.
Tahap preliminary terdiri dari tahap persiapan (analisis) dan pendesainan
sedangkan tahap formative evalution yang meliputi self evaluation, prototyping
(expert review, One-to-one, dan small group), serta field test. Pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah
peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah 4 dengan jumlah reponden 9 orang.
Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan desain bahan ajar e-modul
berbasis contextual teaching learning (CTL) dapat digunakan untuk di uji
validitasnya yang dilaksanakan pada tahap expert review dan one to one. Hal ini
terlihat dari penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang
digunakan untuk merevisi bahan ajar untuk dijadikan prototype I sehingga dapat
diuji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) menghasilkan bahan ajar bahan ajar
berupa e-modul berbasis contextual teaching learning (CTL) tema 6 cita-citaku
subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang yang valid dilihat dari
hasil angket validasi ahli desain diperoleh skor 79, ahli bahasa diperoleh skor 81,
dan ahli materi diperoleh skor 99, serta dari hasil hasil validasi angket one to one
diperoleh skor rata-rata 85, maka hasil rata-rata dari validasi angket pada tahap
expert review dan one to one diperoleh skor 85 dengan kategori sangat valid, (3)
menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis contextual teaching learning
(CTL) tema 6 cita-citaku subtema 3 kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Palembang
yang praktis dilihat dari hasil responden pada tahap small group dengan perolehan
skor rata-rata sebesar 83 dengan kategori sangat praktis.