Analisis Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Madrasah Ibtidaiyah Palangkaraya
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas 6 pada mata pelajaran matematika setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Seperti yang kita ketahui bahwa matematika merupakan ilmu yang memiliki konsep abstrak seingga sulit untuk di pahami oleh siswa sekolah dasar yang memiliki pola pikir yang konkret. Untuk itu guru perlu memahami mengenai model pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara obseravsi langsung di MIN 2 Kota Palangka Raya dan mewawancarai guru kelas 6 disana. Sumber data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara bersama guru. Kemudian data yang diperoleh dari wawancara tersebut di analisis menggunakan teknik analisis data deskriptif yang nantinya data tersebut dideskripsikan sehingga diperoleh kesimpulan yang menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jelas. Setelah, dilakukan analisis dan memperoleh jawaban terkait permasalahan yang ditanyakan, penerapan Project Based Learning ternyata sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Rincian Artikel
Referensi
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Aini, A., & Alfan Hadi. (2023). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 2(2), 208–224. https://doi.org/10.54723/ejpgmi.v2i2.104
Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611
Diki Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35. Diambil dari https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483
Faradisa, M. (2019). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 166. https://doi.org/10.29300/equation.v1i2.2294
Fauzi, Saski, A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2492–2500.
Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Junal Pendidikan Biologi, 4(1).
Izmayanti, D. K. (2022). Project Based Learning dalam Mata Kuliah Terjemahan Indonesia – Jepang, 52–63. Diambil dari https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ). Jurnal pendidikan tambusai, 4, 1526–1539. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/618/545
Munandar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI dan TPS) Dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika (Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang).
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V a Semester Ii Bagi Siswa Sd Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764