Transformasi Pendidikan: Pengaruh Media Pembelajaran Classpoint Terhadap Minat Belajar Materi IPS Siswa Madrasah Ibtidaiyah Palembang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Minat belajar merupakan aspek yang penting dalam proses pembelajaran. Beberapa literatur yang penulis temukan menunjukkan rendahnya minat belajar peserta didik di jenjang SD/MI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah selurush peserta didik kelas VI. Sampel uji coba instrumen berjumlah 114 responden dan sampel kelas, yaitu IV.A dan.IV.B. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sebesar 1,04 poin pada kelas yang menggunakan media pembelajaran classpoint dan hasil uji independent sample t-tes yang menunjukkan nilai Sig.0,569. Berdasarkan hasiil tersebut penulis menyimpulkan bahwa media pembelajaran classpoint berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap minat belajar peserta didik pada materi IPS di MI Munawariyah Palembang.
Rincian Artikel
Referensi
Adam, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education ( JCIEE ), 1(1), 29–37.
Alfisyahriya, K. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Iv Sd. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071
Apriani, Y., Wuryastuti, S., & Hanif, M. (2023). The Effectiveness of ClassPoint Media in Improving Communication Skills of Fifth-Grade Elementary School Students. 1(2).
Emzir. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif (1 ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS.7. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/6364/4323
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (9 ed.). Badan Penerbit UNDIP.
Gustika, C. D., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2023). ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV A SDN 3 TUGU. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01).
Haswinda, H., Sulfasyah, S., & Akib, T. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 496. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1416
Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. 6(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/27352/11981
Kurniawan, N. D. & Ika Yatri. (2022). Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86-95 https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502
Mahdalena, M. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR, DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4,5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 da. Kindai, 18(2), 332–351. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803
Muliana, Jailani, & Abidah. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Era New Normal Di Min 17 Aceh Barat. Jurnal Prodi PGMI, 7(1), 1–12.
Nurayu, F. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Persentasi Classpointdan Game Edukasi(Quizizz& Kahoot) Pada Pembelajaran Kimia. juurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 3(1), 1–23.
Prastowo, A. (2018). TRANSFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI INDONESIA (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Menuju Kurikulum 2013 Hingga Kurikulum Ganda). 4(2).https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2567
Rahayu, N., Ruskandi, K., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 71–80.
Rizky, M., Ihwanah, A., Aldri, M., Pratama, P., & Muthmainnah, A. (2023). The Influence of Learning Media Using the Assemblr Edu Application on Student Learning Interest in Class V Science Subjects at SD Palembang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 9552–9562.
Rizky, M., Pratama, M. A. P., & Desilawati, D. (2023). Revitalisasi Pendidikan: Pengaruh Metode Pembelajaran Nabi Muhammad terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Era 5.0. 7(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6152
Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846
Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Matematika. 2(1). https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/download/484/408
Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik SPSS 25. PT Elex Media Komputindo.
Setiyanto, S. (2023). PANDANGAN MAHASISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH DOKUMENTASI KEBIDANAN MENGGUNAKAN. 05(01). https://fst.aiskauniversity.ac.id/download.php?file=document-11.pdf
Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.
Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi (Revisi, Vol. 6). Rineka Cipta.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2014). Instructional technology and media for learning (Tenth edition). Pearson Education Limited.
Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1) https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214
Suartini, N. L. W. N., & Suarni, N. K. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Pengetahuan IPS Ditinjau dari Disiplin Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 331. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36045
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Sundari, D. H., Iskandar, & Muhlis. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. 3(3). https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/105
Syarif Sumantri, M. (2019). Strategi Pembelaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. PT Raja Grafindo Persada.
Wao, Y. P., Priska, M., & Peni, N. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.26740/jipb.v3n2.p76-87
Widoyoko, S. E. P. (2022). Evaluasi program pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Pustaka Pelajar.
Yuniarti, N. P. M., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Videoscribe Connected terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(1), 160–171. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.47009