Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Palembang

Isi Artikel Utama

Nur Afni Hidayanti
Maryamah Maryamah
Agra Dwi Saputra
Achmad Fadil
Imam Tauhid

Abstrak

Minimnya kesadaran guru untuk membiasakan diri menggunakan berbagai macam metode pembelajaran membuat pembelajaran membosankan bagi siswa. Maka dari itu perlu adanya solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas.  Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui motivasi belajar siswa kelas kontrol tanpa diterapkan model pembelajaran Talking Stick, 2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan diterapkan model pembelajaran Talking Stick, 3) mengetahui apakah pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick  terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran agama islam di kelas V Mi Mambaul hidayah II palembang. Hal ini dapat dilihat dari presentase nilai pengujian hipotesis dengan menggunakan tumus uji-t diperoleh thitung= 4,396. dari tabel distribusi t pada taraf signifikansi 5 % diperoleh ttabel = 2,120. dari hasil tersebut dape disimpulkan bahwa, thitung> ttabel yaitu 4,396 > 2,120, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya skor motivasi belajar siswa dengan diberi perlakuan menggunakan metode Pembelajaran Talking Stick lebih tinggi daripada skor motivasi belajar siswa tanpa diberi perlakuan

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

A.M, & Sadirman. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers

Arifin, M. B. U. B., & Laili, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1031–1042.

Arsa, S. dan. (n.d.). Metode Pembelajaran. Bandung : CV wacana Prima. Hal 91
Barlow. (2005). Selected Reading in The Philosophy of Education. New York: The Macmillang Companiy
Vina Safaringga, Dkk. (n.d.). Implementasi Program Kampus Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3).

Edi, J. dan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Metode Math Magic Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Di Kelas V Sd Negeri 200211. Sidimpuan. Axiom, V(2), hlm. 247

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. ( Jurnal Jpsd, 4(1), hlm. 47-53.

Galand, P. B. J., Setiawati, R., & Wahyuningsih, Y. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Talking Stick dalam Mewujudkan Hasil Belajar yang Meningkat pada Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3956–3960.

Hasbiah, H. S., Fahreza, M., & Elpisah, E. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), Edukatif: 3382-3392.

Hotimah, H. (n.d.). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.

Indah Fajar Friani, Sulaiman, M. (2017). Kendala Guru Dalammenerapkan Model Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sd Negeri 2 Kota Banda Aceh(Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 2 N, hlm. 90.

Maulaya, F. H. A., Aziz, A., & Noviantoro, K. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4294–4305.

Rohmah, N. (2012). Psikologi Pendidikan Rusman, Model-model Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, I., Ibrahim, M.M., & Nursalam, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Talking Stick Dengan Bantuan Media Choose Number Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Smp Negeri 3. Jurnal Biotek, Sungguminasa Kabupaten Gowa Sulawesiselatan, 6(1), hlm. 131-144.

Sari, I. A. P. P. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jis Siwirabuda, 1(1).

Sayekti, S. P. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Siswa Kelas V Sdn 02 Mampang Kota Depok. Jurnal Dirosah Islamiah, Volume 2 N, hlm. 236.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alvabeta

Sugiyono. (2017). Motode kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta

Supardi, S. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungsari. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(4), 623-627.

Zainal Arifin (2013). Pendidikan dan Pembelajaran,. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zebua, S. (2022). PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN TALKING STIK MODEL DAN CONVENTIONAL MODEL.