Layanan Home Visit Pada Era New Normal di Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Erli Rustariani
Tastin Tastin
Ahmad Syarifuddin

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan layanan home visit  pada era new normal di Sekolah Dasar, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan home visit  pada era new normal di Sekolah Dasar, 3) mendeskripsikan evaluasi layanan  home visit pada era new normal di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber, Metodo dan Waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran yang digunakan oleh Sekolah Dasar Negeri 3 Kikim Barat di era new normal menggunakan layanan home visit. 2) Tahap perencanaan layanan home visit di Sekolah Dasar diantaranya adalah perencanaan dimana pada tahap ini guru melakukan pembagian kelompok berdasarkan tempat tinggal terdekat, membuat jadwal kunjungan, menghubungi orang tua peserta didik untuk menginformasikan akan dilaksanakannya layanan home visit dan membuat grub WhatsApp. 3) Tahap Pelaksanaan, yaitu guru mengunjungi rumah kelompok belajar sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. 4) Tahap evaluasi, dilihat dari proses dapat melalui sikap dan antusias peserta didik dan dilihat dari hasil dapat menilai layanan home visit berpengaruh terhadap peserta didik atau tidak. 5) Hambatan-hambatan yang dialami selama proses pembelajaran menggunkana layanan home visit dilakukan yaitu terdapat beberapa orang tua peserta didik yang mengubah jadwal pertemuan secara tiba-tiba, alat peraga yang terbatas dan akses kendaraan menuju rumah peserta didik.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdullah, Faisal. 2016. Bimbingan dan Konseling. Palembang: Noer Fikri.

Agung, Iskandar, Dkk. 2017. Kompetensi Guru (Refleksi dan Pemikiran Alternatif). Jakarta: Edu Pustaka.

Alfamair Ahmad. “Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa New Normal”. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri. ISSN 2797-1082.

Amalia, Husna. 2016. “Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT Al-Azhar Kediri”. Jurnal Didaktika Religia. Vol. 4.No. 1.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian SuatuPengantar. Jakarta. Rhineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rhineka Cipta.

Ayu, Granesa. 2016. Menjadi Guru PAUD Profesional. Surakarta: CV Mitra Banua Kreasindo.

Dianasari, Eka Lenggang, Dkk. 2020. “ Pengaruh Home Visit Terhadap Kemandirian Anak Autis di Rumah”. Jurnal Pedsidikan MINDA. Vol. 2. No. 1.

Direktorat Jendral PAUD Diknas dan Dikman Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Penerapan Protokol Kesehatan Selama Pembelajaran Tatap Muka.

Dwita, Konita Dian. Dkk. 2018. “Pengaruh Home Visit dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto”.Jurnal Ekonomi. Vol. 20.No. 1.

El Fiah, Rifda. 2017. Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini. Depok: Rajawali Pers.

Gusman Lesmana. 2021. Penyusunan Perangkat Pelayanan Bimbingan dan konseling, Jakarta: Kencana.

Helmawati. 2016. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Herdiansyah, Haris. 2014. Metodologi Penelitian Kulaitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Husairi, Achasan. 2008. Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: CV Arya Duta.

K. Huth at al. 2020. “Visiting Jack: Mixed Methods Evaluation of a Virtual Home Visit Curriculum With a Child With Medical Complexity”, Acad. Pediatr, Vol. 20, No. 7.

Komalasari, Elis. 2021. “Layanan Home Visit Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Anak Kurang Sejahtera”. Jurnal Ta’dib, Vol: 18 No. 1.

Meleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kulaitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Muhdin, Nurkholis. 2021. “Keefektifan Kebijakan E-learning Berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19”.Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1 (1), 2021.

Mulyasa. 2017. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.

Mumtazah Durrotun dan Sutama. 2021. “Program Home Visit: Penguatan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Di Era New Normal, Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Vol. 6 (1), Maret. 2021.

Nahdi K. 2021. “Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur”: JurnalObsesi PAUD Vol. 5 No. 1.

Nirmala, Besse dan Haerul Annuar. 2021. “Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19”.Jurnal Obsesi. Vol. 5 No. 2.

Noor, Juliansyah. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenamedia Group.

Nurlaila. 2018. Ilmu Pendidikan Islam. Palembang: Noer Fikri Offset.

Nurwahida. 2016. “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Mts DDI Kulo Kab Sidrap. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Prayitno. 2016. Layanan dan Kegiatan Pendukung. Padang: Konselor.

Putria, Hilna Dkk. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran DARING Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar”: Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4.

Rahayu, Intan dan Irna Ni’mah Chudari. 2021. “ Implementasi Layanan Home Visit dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di MasaPandemi”. Jurnal Didaktika. Vol. 1. No. 1.

Rusmaini. 2014. Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.

Sanjaya, H. Wina. 2015. Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode, danProsedur). Jakarta: Prenademedia Group.

Saud, Udin Syaefudin. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Siyoto, Sandudan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Publishing.

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhendro, Eko. 2020. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 5.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sukardi, Dewa Ketut dn Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tohirin. 2019. Bimbingan dan Konseling. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

W. J Hwang and J. A Kim. 2020.“Development and Evaluation of a Home Visit Simulation Scenario for Elderly People with Diabetes Mellitus Who Live Alone”, Community Health Nurs, Vol. 37.