Kurikulum Merdeka: Paradigma Baru Inovasi Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Agus Riyan Oktori
Yosi Yulizah
H. M. Taufik Amrillah
Mahmud Arif

Abstrak

Kurikulum merupakan bagian fundamental dari pendidikan yang harus dievaluasi secara inovatif dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan zaman dan IPTEK. Kurikulum Merdeka muncul sebagai inovasi yang mendukung pembelajaran yang lebih fleksibel dan menyenangkan bagi peserta didik, serta menekankan pada pengembangan kreativitas dan kebebasan berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perspektif guru sekolah dasar tentang Kurikulum Merdeka dalam konteks inovasi pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus (FGD) dengan para guru di berbagai sekolah dasar. Data dianalisis menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan makna yang muncul dari pengalaman dan pandangan guru tentang implementasi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka mendukung pengembangan kompetensi peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek yang mengasah soft skill dan karakter pelajar Pancasila. Para guru merasakan fleksibilitas dalam metode pengajaran, yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik serta muatan lokal. Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia diharapkan dapat mendukung reformasi pendidikan yang adaptif terhadap perubahan zaman, memberikan kesempatan kepada sekolah untuk berinovasi sesuai dengan kebutuhan dan budaya lokal, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menekankan pentingnya kontribusi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sebagai respons terhadap tantangan pendidikan masa kini.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Barlian, U. ., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Bskap. (2022). Karakteristik kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. Kemdikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Bungawati, B. (2022). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan, 31(3), 381. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2847

Febia Ghina Tsuraya, Nurul Azzahra, Salsabila Azahra, & Sekar Puan Maharani. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 179–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.860

Firmansyah, H. (2023). Proses Perubahan Kurikulum K-13 Menjadi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1230–1240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4910

Fitria, S., & Budi, S. (2023). Persepsi Guru terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka di SLBN I Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20048–20053. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/9433

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Graham, C. R. (2006). The Handbook of Blended learning: Global Perspectives, Local Design. Wiley Publishers.

Hasanah, A., & Haryadi, H. (2022). Tinjauan Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pendidikan Abad 21 dalam Menghadapi Era Society 5.0. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 266–285. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7595

Hasnah, N. (2023). Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Geografi. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 177(3), 177–183. https://doi.org/10.5281/zenodo.8051738

Huberman, M. B. M. A. M. (2014). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode-metode baru. UI Press.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Kata, S. De, & Salatiga, M. (n.d.). Inovasi pendidikan abad 21 : penerapan design thinking dan pembelajaran berbasis proyek ( projected based learning ) dalam pendidikan Indonesia.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Li, Y., Zhang, X., Dai, D. Y., & Hu, W. (2021). Curriculum Innovation in Times of the COVID-19 Pandemic: The Thinking-Based Instruction Theory and Its Application. Frontiers in Psychology, 12(4), 1–18. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.601607

Nimawati, N., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Proses Inovasi Kurikulum: Difusi dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi. MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah, 5(2), 81–98. https://doi.org/10.33511/misykat.v5n2.81-98

Roco, M. C. (2020). Principles of Convergence in Nature and Society and Their Application: From Nanoscale, Digits, and Logic Steps to Global Progress. Journal of Nanoparticle Research, 22(11), 321.

Santoso, G. (2021). The Philosophical Power of Civic Education 21st Century in Indonesia. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 4(1), 72–79. https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i1.1220

Sasmita, E., & Darmasyah. (2022). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 5545–5549.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. 7(September), 185–197.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Yansah, O., Asbari, M., Jamaludin, G. M., Marini, A., & Zulela, M. S. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 48–52.