Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Mencerdaskan Partisipasi Sosial Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646
Afrom, I. (2019). Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kemampuan Kerjasama dalam Kelompok pada Mahasiswa Semester III PGSD FKIP UPR. Jurnal Pendidikan, 20, 132–139.
Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa. 4(1), 1–17. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 05, 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Friani, I. F., Sulaiman, & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 88–97. https://media.neliti.com/media/publications/188143-ID-kendala-guru-dalammenerapkan-model-pembe.pdf
Hadisa, A., Magdalena, I., & Zulian, R. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 04 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715.
Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506
Lagibu, M., Masaong, A. K., & Haris, I. (2018). Pengaruh kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan sosial terhadap kreativitas guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(1), 95–102. http://ejurnal.pps.ung.ac.id
Linda Zakiah. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 30–52. https://doi.org/10.21009/parameter.321.03
M.Ilyas, H., & Abd. Syahid. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, 4(1), 58–85. https://doi.org/10.31004/green.v1i2.10
Mutiah, E., Hasibuan, Z. U. M., & Aniyati, K. (2023). Hubungan Kecerdasan Sosial Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 0508 Tangga Bosi. Jurnal Prodi PGMI Al-Misbah, 9(2), 210–222.
Ningsih, L., & Kustomo. (2019). Hubungan Kecerdasan Sosial Dengan Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik Di Smkn 2 Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019. Conference on Research & Community Services, ISSN 2686-1259, 97–102.
Norsandi, D., & Sentosa, A. (2022). Model Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 23(2), 125–139. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444
Patra, R. S. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Ambon. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 50–55. https://media.neliti.com/media/publications/519363-survei-minat-belajar-peserta-didik-terha-fe6d974c.pdf
Rahim, M., Usman, I., & Puluhulawa, M. (2018). Kecerdasan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa (Tinjauan dari Perspektif Bimbingan dan Konseling Belajar ). Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4–6. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1411
Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(4), 95–105. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4
Rosyadi, M. Z., & Sukarjo. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Sosial Dan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Ips. Joyful Learning Journal, 9(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i2.40426
Shofiyah, S., Sa’diyah, R., Siregar, N., & Sutini, A. (2020). Urgensi Kecerdasan Sosial (Social Intelligent) Bagi Anak Usia Dini. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 3(1), 53–74. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/16
Sudarto, S., Asriadi, A., & Andi Muhammad Yudha. (2023). Analisis Kecerdasan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(12), 1325–1336. https://doi.org/10.53625/joel.v2i12.6256
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Tias Pratama, A., Windi Oktara, T., Muji Santoso, A., & Sulistiono. (2019). Peningkatan perilaku prososial empati dan kecerdasan sosial dengan menggunakan problem based learning (PBL) pada siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional & Expo, 844–849.
Triana, R. S., Winnuly, & Susanti, T. (2024). Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Education Journal : Journal Education Research and Development, 8(2), 48–57.