Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Mencerdaskan Partisipasi Sosial Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Yuli Yanti
Dwi Astuti
Nurul Hidayah

Abstrak

Pendidik sudah menggunakan beberapa model pembelajaran, namun kecerdasan sosial peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap kecerdasan sosial peserta didik kelas III SDN Suci Kuno. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen dengan desain Pretest and Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas III di SDN Negeri Purbasakti. Sampel penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi yang terdiri dari kelas IIIA dan IIIB. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah 57 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji T-Test. sedangkan untuk melihat peningkatan dari pre-test ke post-test menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya maka dapat diketahui bahwa nilai t hitung < t tabel = 0,000 < 0,05. Dengan ini H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kecerdasan sosial peserta didik kelas III SDN Negeri Kuno Suci Lampung Utara. Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan sosial peserta didik, temuan ini dapat dijadikan dasar untuk mengintegrasikan Problem Based Learning dalam kurikulum sekolah terutama untuk mata pelajaran yang membutuhkan kerjasama atau pemecahan masalah.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adisel, A., Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 298–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646

Afrom, I. (2019). Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kemampuan Kerjasama dalam Kelompok pada Mahasiswa Semester III PGSD FKIP UPR. Jurnal Pendidikan, 20, 132–139.

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Dewi Ayu Wisnu Wardani. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa. 4(1), 1–17. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Djonomiarjo, T. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 05, 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Friani, I. F., Sulaiman, & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 88–97. https://media.neliti.com/media/publications/188143-ID-kendala-guru-dalammenerapkan-model-pembe.pdf

Hadisa, A., Magdalena, I., & Zulian, R. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Sosial dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 04 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1707–1715.

Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Lagibu, M., Masaong, A. K., & Haris, I. (2018). Pengaruh kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan sosial terhadap kreativitas guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(1), 95–102. http://ejurnal.pps.ung.ac.id

Linda Zakiah. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 30–52. https://doi.org/10.21009/parameter.321.03

M.Ilyas, H., & Abd. Syahid. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Jurnal Al-Aulia, 4(1), 58–85. https://doi.org/10.31004/green.v1i2.10

Mutiah, E., Hasibuan, Z. U. M., & Aniyati, K. (2023). Hubungan Kecerdasan Sosial Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 0508 Tangga Bosi. Jurnal Prodi PGMI Al-Misbah, 9(2), 210–222.

Ningsih, L., & Kustomo. (2019). Hubungan Kecerdasan Sosial Dengan Hasil Belajar Ppkn Peserta Didik Di Smkn 2 Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019. Conference on Research & Community Services, ISSN 2686-1259, 97–102.

Norsandi, D., & Sentosa, A. (2022). Model Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 23(2), 125–139. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444

Patra, R. S. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Ambon. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 50–55. https://media.neliti.com/media/publications/519363-survei-minat-belajar-peserta-didik-terha-fe6d974c.pdf

Rahim, M., Usman, I., & Puluhulawa, M. (2018). Kecerdasan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa (Tinjauan dari Perspektif Bimbingan dan Konseling Belajar ). Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4–6. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1411

Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(4), 95–105. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4

Rosyadi, M. Z., & Sukarjo. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Sosial Dan Keaktifan Siswa Dengan Hasil Belajar Ips. Joyful Learning Journal, 9(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i2.40426

Shofiyah, S., Sa’diyah, R., Siregar, N., & Sutini, A. (2020). Urgensi Kecerdasan Sosial (Social Intelligent) Bagi Anak Usia Dini. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 3(1), 53–74. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/16

Sudarto, S., Asriadi, A., & Andi Muhammad Yudha. (2023). Analisis Kecerdasan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(12), 1325–1336. https://doi.org/10.53625/joel.v2i12.6256

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Tias Pratama, A., Windi Oktara, T., Muji Santoso, A., & Sulistiono. (2019). Peningkatan perilaku prososial empati dan kecerdasan sosial dengan menggunakan problem based learning (PBL) pada siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional & Expo, 844–849.

Triana, R. S., Winnuly, & Susanti, T. (2024). Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Education Journal : Journal Education Research and Development, 8(2), 48–57.