Manajemen Pembelajaran Program P5PPRA di Madrasah Ibtidaiyah

Isi Artikel Utama

Ayu Sofya
Nursyahbani Chusnul Novita
Indah Wigati

Abstrak

Program penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dan prinsip keberagaman dalam kegiatan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, kemudian observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5PPRA di MIN 2 Kota Palembang telah terlaksana melalui perencanaan yang sistematis, yang meliputi penyusunan kurikulum tematik, pelatihan guru, serta evaluasi berkelanjutan. Tema “Bhineka Tunggal Ika” diimplementasikan melalui pembelajaran berbasis proyek, diskusi kelompok dan kegiatan kolaboratif untuk mendorong siswa untuk memahami pentingnya keragaman dan persatuan. 

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ananda, R. (2019). Perencanaan pembelajaran (Amiruddin, Ed.). LPPI.

Baderiah, M. A. (2018). BUKU AJAR PENGEMBANGAN KURIKULUM (Ilham Dodi, Ed.). Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Dewi, F., Halimah, S., & Haidir, H. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipped Classroom Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1297–1304. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1082

Ibrahim, N. (2014). Perencanaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis . Penerbit Mitra Abadi.

Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbuyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.

Krissandi, S. D. A., Prijuwuntato, W. S., & Radityo Diaz. (2018). Cerdas Menyusun RPP SD Kurikulum 2013 (D. Radityo, Ed.). Bakul Buku Indonesia.

Kurniawan, A., Aurora Nandia Febrianti, Mp., Tuti Hardianti, Mp., Ichsan, Mp., Desy, Mp., Rahmad Risan, Mp., Dina Merris Maya Sari, Mp., Joni Wilson Sitopu, Mp., Ns Ratna Sari Dewi, Mp., Desi Sianipar, Mk., Lina Arifah Fitriyah, Dt., Pd Zulkarnaini, M., Novita Maulidya Jalal, Ms., Hasriani, P. G., Fuad Hasyim, Mp., & Penulis, M. (2022). EVALUASI EVALUASI PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN (A. Yanto & P. T. Wahyuni, Eds.). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. www.globaleksekutifteknologi.co.id

Latip, E. A. (2021). Perencanaan Pembelajaran Konsep dan Konstruk dalam pembelajaran Tematik (C. R. Romli, Ed.). CV. Mutiara Galuh.

Muhartini, Mansur, A., & Bakar, A. (2023). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Inovasi Ilmu Pendidikan, 1, no. 1.

Mukni’ah. (2016). Perencanaan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13) (A. Muhith, Ed.; cetakan I). Pustaka Belajar Anggota IKAPI.

Nafiah, Kurjum, M., & Ibrahim, M. (2022). PERENCANAAN PEMBELAJARAN (cetakan pertama). Penerbit Pena Cendekia.

Pelajar Rahmatan Lil Alamin, P., Ali Ramdhani Direktur Jenderal Pendidikan Islam, M., Moh Isom Direktur KSKK Madrasah, K. R., Jenderal Pendidikan Islam, D., & Penanggungjawab, K. R. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Raharji, P. R., Hardinanto, E., & Fadhilasari, I. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN (I. Z. Muhammad, Ed.).

Santoso1, G., Aulia2, A. N., Seftya, B., Indah3, N., Dewi, P., Lestari4, F., Fidyah, R. 5, Alifa6, H., Fadliya, A., & Mahya, P. (2023). Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Pemersatu Bangsa Indonesia Dari Dahulu Sampai Sekarang (Vol. 02, Issue 02).

Sulastriningsih Djumingin, H., Juanda, Mh., & Nurlindasari Tamsir, Mh. (2022). PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Azis, Ed.). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.