Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook pada Materi PPKn Kelas IV Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Elmilia
Ahmad Syarifuddin
Amir Hamzah
Faisal
Ayu Nur Shawmi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-Modul berbasis Flipbook dan mengevaluasi validitas serta kepraktikannya dalam pembelajaran PPKn kelas IV di SDN 09 Lubuk Keliat Ogan Ilir. Menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, penelitian ini melibatkan tahap Define, Design, Develop, dan Dissemination dengan subjek uji coba berupa satu guru dan 27 siswa. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi untuk ahli materi, media, dan bahasa, serta lembar kepraktisan untuk guru dan siswa. Penelitian dilaksanakan dari 2 hingga 7 Maret 2024. Hasil penilaian validitas menunjukkan bahwa E-Modul memperoleh rata-rata skor yang sangat baik: 89,28% dari ahli materi (sangat valid), 96,42% dari ahli media (sangat valid), dan 97,22% dari ahli bahasa (sangat valid). Respon positif dari guru mencapai 97,5% (sangat praktis), sementara siswa mencapai 95,8% (sangat praktis). Temuan ini mengindikasikan bahwa E-Modul berbasis Flipbook tersebut layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn. Sebagai tindak lanjut, E-Modul akan diterapkan dalam pembelajaran rutin dan guru akan dilatih untuk memaksimalkan pemanfaatannya. Penelitian lanjutan disarankan di sekolah lain untuk menguji efektivitas E-Modul dalam konteks berbeda serta mengembangkan fitur tambahan demi meningkatkan pengalaman belajar siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

“ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BAGI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS ISLAM BALITAR BLITAR | Prosiding Seminar NasionalHayati.” Diakses 29 November 2023. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/hayati/article/view/581

Anwar, Faisal, Hadi Pajarianto, Elin Herlina, Totok Dwi Raharjo, Lathifatul Fajriyah, Irnin Agustina Dwi Astuti, Alim Hardiansyah, dan Komang Ayu Suseni. Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5. 0.” TOHAR MEDIA, 2022.

Ari Pudjiastuti, Irene, Dhesy Arhalia, dan Wini. 2022. Bupena Merdeka Jilid 4a Untuk SD/MI Kelas IV. 0023713920. Jakarta Timur: Erlangga.

Arum Asyani, NIM : 17104080024. “PENGEMBANGAN E-MODUL MASA PANDEMI COVID-19 BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER TEMA KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN KELAS 6 SD/MI.” Skripsi, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2020. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44339/

Baehaki, Ahmad. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Maker Materi Energi Alternatif Kelas IVSekolah Dasar.” Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar) 7, no. 1 (25 Oktober 2023): 290–94. https://doi.org/10.52802/pancar.v7i1.407

———. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Maker Materi Energi Alternatif Kelas IVSekolah Dasar.” Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar) 7, no. 1 (25 Oktober 2023): 290–94. https://doi.org/10.52802/pancar.v7i1.407

Budiarto, F., & Jazuli, A. (2021). Interactive Learning Multimedia Improving Learning Motivation Elementary School Students. Proceedings of the 1st International Conference on Social Sciences, ICONESS 2021, 19 July 2021, Purwokerto, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2021.2312497

Damayanti, Ika, dan Rahmawati Rahmawati. “ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MATERI PKn KELAS TINGGI UNTUK TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH.” PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) 1, no. 1 (2021): 35– 43. https://doi.org/10.56832/pema.v1i1.27

Darmadi, Hamid. APA MENGAPA BAGAIMANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn): konsep dasar strategi memahami ideologi pancasila dan karakter bangsa. An1mage, 2020.

Eliyasni, R., Habibi, M., , R., & Azima, N. (2021). E-Module Flipbook Model for Designing E-Learning Materials in Higher Education. Proceedings of the 2nd Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210618.004

Erawati, K., Ardiani, N., & Santiago, G. (2024). E-Module Interaktif Berbasis Flipbook Pada Matakuliah Machine Learning Untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v10i01.3603

Evi Intan Pornamasari. “PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTU FLIPBOOK MAKER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS TEORI VYGOTSKY MATERI POKOK RELASI DAN FUNGSI.” AKSIOMA, 2016.

Firmadani, Fifit. “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (13 Februari 2020): 93–97.

Fisher, M., & Wolf, D. (2021). Remote Learning Environments: Lessons Learned From Collaborative Small Group Activities. The Journal of nursing education, 60 2, 120. https://doi.org/10.3928/01484834-20210120-13

Fitria, Lailatul. “Sejarah Perkembangan Teknologi Pembelajaran.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018. http://eprints.umsida.ac.id/3915/

———. “Sejarah Perkembangan Teknologi Pembelajaran,” t.t.

Fitriyani, Sholeh Hidayat, dan Isti Rusdiyani. “Pengembangan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Pada Materi Siklus Air Di Kelas V.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 05, No.2 (2022).

Gandamana, Apiek. “PERBANDINGAN KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN DALAM KURIKULUM 2006 (KTSP) DAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR.” SEMINAR NASIONAL PGSD UNIMED 1, no. 1 (2017). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/15053

Hapsari, Happy Tias, Riyadi Riyadi, dan Tri Budiharto. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Flipbook Melalui Canva Pada Materi Satuan Waktu Untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar.” Didaktika Dwija Indria 11, no. 4 (22 November 2023): 1–6. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i4.76724

Harningsih. Dinda Mj, 195060147. “PENGARUH MEDIA FLIPBOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN LEBAKWANGI 01 KABUPATEN BANDUNG.” Other, FKIP UNPAS, 2023. https://fkip.unpas.ac.id/

Herdiansyah, Haris. “Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial: Perspektif Konvensional dan Kontemporer,” t.t.

Hermansyah, S., Nasmilah, N., Pammu, A., Saleh, N., Han, H., & Huang, C. (2023). Socialization Making Media Learning Interactive E-Module based Flippbook in Elementary School 4 Maiwa. Pengabdian: Jurnal Abdimas. https://doi.org/10.55849/abdimas.v1i1.117.

Hsu, Ying-Shao, Yuan-Hsiang Lin, dan Beender Yang. “Impact of augmented reality lessons on students’ STEM interest.” Research and Practice in Technology Enhanced Learning 12, no. 1 (7 Juli 2016): 2. https://doi.org/10.1186/s41039-016-0039-z

Jannah, Iin Khadlirotul. “Implementasi Multimedia Interaktif Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 1 Pada Mata Pelajaran PPKn Tema 5 Di MI Safinatul Huda Jepara.” Skripsi, IAIN Kudus, 2021. http://repository.iainkudus.ac.id/5888/

Jannatul, Auliyah. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA TEMA 3 SUBTEMA 3 ‘AYO CINTA LINGKUNGAN’ KELAS IV SEKOLAH DASAR.” Undergraduate, Universitas_Muhammadiyah_Mataram, 2021. https://repository.ummat.ac.id/3572/

Joseph, O., Onwuzulike, O., & Shitu, K. (2024). Digital transformation in education: Strategies for effective implementation. World Journal of Advanced Research and Reviews. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.23.2.2668

Kustandi, C., dan Daddy Darmawan. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media, 2020.

Laraphaty, Nur Farahin Rachman, Jhon Riswanda, Diah Putri Anggun, Delima Engga Maretha, dan Khalida Ulfa. “Review: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL).” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 4, no. 1 (31 Desember 2021): 145–56.

Maymunah, Ana. “PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA UNTUK KELAS IV DI SD NEGERI 01 BUDI LESTARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN.” Undergraduate, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2017. http://repository.radenintan.ac.id/227/

“Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0 | BIODIK.” Diakses 10 Desember 2023. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/8950

“Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika | Jurnal Adijaya Multidisplin.” Diakses 30 November 2023. http://e-journal.naureendigition.com/index.php/jam/article/view/102

Mesra, Romi, Veronike E T Salem, Maria Goretti Meity, Yoseph Daniel Ari Santie, Ratih Permana Sari, Adrianus Nasar, dan Linda Santiari. Research & Development Dalam Pendidikan. Miftahul Jannah. Medan: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2023.

“Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi | Jurnal Sinestesia.” Diakses 29 November 2023. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161

Mulyadi, Dendik Udi, Sri Wahyuni, dan Rif’ati Dina Handayani. “PENGEMBANGAN MEDIA FLASH FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP.” JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA 4, no. 4 (1 Maret 2016): 296–301.

Mustaqim, Ilmawan. “PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 13, no. 2 (2016): 174–83. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Mutia. “CHARACTERISTICS OF CHILDREN AGE OF BASIC EDUCATION.” FITRAH: International Islamic Education Journal 3, no. 1 (29 Agustus 2021): 114–31. https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.1330

Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, dan Winna Wirianti. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020. http://digilib.unimed.ac.id/49006/

Niță, V., & Guțu, I. (2023). The Role of Leadership and Digital Transformation in Higher Education Students’ Work Engagement. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20. https://doi.org/10.3390/ijerph20065124

NOVITA, WULANDARI. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP BOOK MAKER PADA PELAJARAN FIQH PESERTA DIDIK KELAS IV.”

Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2021. http://repository.radenintan.ac.id/14304/

Nurdyansyah, Nurdyansyah, dan Mutala’liah nahdliyah. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2018. http://eprints.umsida.ac.id/1607/

Nurhayati, Dwi Astuti Wahyu. “Students‘ Perspective on Innovative Teaching Model Using Edmodo in Teaching English Phonology: A Virtual Class Development.” Dinamika Ilmu 19, no. 1 (11 Juni 2019): 13–35. https://doi.org/10.21093/di.v19i1.1379

Nurrita, Teni. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 1 (27 Juni 2018): 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Object, object. “PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET PADA TEMA LINGKUNGAN UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR.” Diakses 29 November 2023. https://core.ac.uk/reader/230630130.

Utami, Dini Karunia. 12209183077. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MARKER MATA PELAJARAN SEJARAH GUNA MENUNJANG MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS X MAN 1 TRENGGALEK.” Skripsi. UIN SATU Tulungagung, 16 Mei 2022. https://doi.org/10/COVER.pdf