Analisis Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah Makrifatul Ilmi
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
El-Yunusi (2023) M. Y. M. Kasus Pondok Modern Gontor Ponorogo memberikan konteks pembahasan keberadaan Kurikulum Pondok Pesantren sebagai subsistem pendidikan nasional. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 13, Edisi 1, halaman 30–43. 30–43, https://doi.org/0.15642/jkpi.2023.13.1
Hapsari, M., Widiastuty, H., & Raya, I. (2023). The Effect Of Changing Curriculum On Students. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.2022.
Harefa, D. (2024). EXPLORING LOCAL WISDOM VALUES OF SOUTH NIAS FOR THE DEVELOPMENT OF A CONSERVATION-BASED SCIENCE CURRICULUM. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.57094/tunas.v5i2.2284.
Hudi, S., dan Qurtubi, M. (2022). Pengembangan Kurikulum Lokal Pondok Pesantren Nurul Islam 1 Jember dan Kontribusi Kiai. Kajian Aswaja dan Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–20. 1.6690 jpga.v6i/10.56013/doi.org
I. Choli (2019). Pendidikan Islam untuk Pengembangan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–52; Tahdzib Al-Akhlaq. Alamat doinya: 10.34005/tahdzib.v2i2.511
Nurhuda (2022). Permasalahan Pendidikan Nasional; Faktor dan Solusi; Faktor dan Solusi. PENDIDIKAN DAN PIKIRAN DASAR, 127–137.
Leenknecht, M., Snijders, I., Wijnia, L., Rikers, R., & Loyens, S. (2020). Building relationships in higher education to support students’ motivation. Teaching in Higher Education, 28, 632 - 653. https://doi.org/10.1080/13562517.2020.1839748.
Nurul Indana, Yekti Nur Sholichah Yekti. (2022). Untuk meningkatkan pemahaman agama Islam, konsep kurikulum termasuk resolusi konten keagamaan lokal Nurul. 11(1), 1–5, Analytical Biochemistry. Tautan ke publikasinya adalah 10.1007/978-3-319 593791%0A.//dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002- 7%
R.D. Nur'aini (2020). Memanfaatkan Metode Studi Kasus Yin dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. INERTIA: Informasi dan Pemaparan Hasil Penelitian Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92–104. DOI artikelnya adalah 10.21831/inersia.v16i1.31319.
Sosiden, S., & Viraek, P. (2021). Character Development of Students through Extracurricular Activities. Journal La Edusci. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v2i6.526.
Syarif, J. (2015). Dinamika Lembaga Pendidikan Ma,arif NU Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Buku Jurnal Syarif, 1–86.
Tatala, M., & Pękala, J. (2024). The Development of Prayer in the Light of Czesław Walesa’s Cognitive Developmental Theory of Religiosity and Marcelina Darowska’s Concept of Religious Education. Religions. https://doi.org/10.3390/rel15080974.
Umyun, F., Lastari, D., & Gunawan, Y. (2023). THE CORRELATION OF MUHADHOROH TRAINING AND STUDENTS’ PUBLIC SPEAKING AT AN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TANGERANG. Globish: An English-Indonesian Journal for English, Education, and Culture. https://doi.org/10.31000/globish.v12i1.7782.
Wardani, A., Gunawan, I., Kusumaningrum, D., Benty, D., Sumarsono, R., Nurabadi, A., & Handayani, L. (2020). Student Learning Motivation: A Conceptual Paper. , 275-278. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.049.
Zikri, M., Nurlaili, & Syarifin, A. (2021). Analisis Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Tahfidzul Qur’an dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Darussalam Kota Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(3), 242. https://siducat.org/index.php/ghaitsa