Integrasi Sains dan Akidah Akhlak di MI: Studi Kualitatif Berbasis Pemikiran Ilmuwan Muslim Klasik

Isi Artikel Utama

Al Ihwanah
Fajri Ismail
Zuhdiyah Zuhdiyah
Ismail Ismail
Ahmad Syarifuddin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi antara pembelajaran sains dan pendidikan akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI), dengan mendasarkan kajiannya pada pemikiran ilmuwan Muslim klasik. Masalah utama yang diangkat adalah masih minimnya pendekatan pembelajaran yang menggabungkan ilmu pengetahuan modern dengan nilai-nilai keislaman secara konseptual dan aplikatif di tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di MI Al-Khoiriyah Banyuasin yang telah menerapkan model integratif dalam kurikulum. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi sains dan akidah akhlak dapat dilakukan secara sinergis melalui pendekatan tematik, penggunaan narasi tokoh ilmuwan Muslim klasik seperti Al-Farabi, Ibn Sina, dan Al-Ghazali, serta penguatan nilai-nilai tauhid dalam pembahasan konsep-konsep sains. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep sains, tetapi juga memperkuat karakter spiritual dan moral siswa. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran berbasis nilai yang relevan dengan konteks pendidikan Islam kontemporer.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdul, W., Rusdi, N., Suhermanto, S., & Ali, W. (2022). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama di sekolah: perspektif manajemen pendidikan Islam. Journal of Educational Management Research, 1(2), 82–94. https://doi.org/10.61987/jemr.v1i2.39

Abidin, M. Z. (2021). Dinamika pemikiran klasifikasi ilmu dalam khazanah Islam klasik. Ilmu Ushuluddin, 20(1), 1–14. https://doi.org/10.18592/jiiu.v

Ajir, I. C., Pahrudin, A., Jatmiko, A., & Koderi, K. (2021). Model pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dalam pendidikan dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 1, 128–135. https://doaj.org/article/71f4274e4bdb4f8c8b98e653d7164833

Ayathurrahman, H., & Shodiq, S. F. (2023). Integrasi Ilmu Agama-Sains Badiuzzaman Said Nursi dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Era Digital di Indonesia. Bulletin of Indonesian Islamic Studies, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51214/ biis.v2i1.512

Batubara, H. H., Noor, H., Siregar, P., Al Ihwanah, Husni, M., Wibowo, D. R., Maghfurin, A., & Ariani, D. N. (2023). Developing a Mobile-Assisted Project-Based Learning Model for a Learning Media Course. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 17(17), 4–18. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i17.41705

Bosio, E., & Schattle, H. (2023). Ethical global citizenship education: From neoliberalism to a values-based pedagogy. Prospects, 53(3–4), 287–297. https://doi.org/10.1007/ s11125-021-09571-9

Damayanti, W., Sutarto, S., Sari, D. P., & Nasution, A. R. (2024). Neurosains dalam Pemikiran Tokoh Al-Ghazali, Al-Farabi Dan Ibnu Sina. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(3), 21–29. https://doi.org/10.31004/ ijim.v2i3.86

Desfita, V., As-salam, J., No, V., & Desember, J. (2024). Integration of science in the perspective of islamic educational philosophy and its implications in realizing holistic education. 8(2), 114–134.

Hakim Maulana, R. Y. A. H. (2023). Konsep Kebahagiaan Perspektif Filsuf Muslim (Al-Farabi dan Al-Kindi). Gunung Djati Conference Series, Volume 19, 828–839. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs

Hamami, T., & Nuryana, Z. (2022). A holistic–integrative approach of the Muhammadiyah education system in Indonesia. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 78(4), 1–10. https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7607

Hashim, R. (2020). Islamiization of the Curriculum. American Journal of Islam and Society, 16(No).

Hilmiati, H., & Saputra, F. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong. El Midad, 12(1), 70–87. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.2506

Huda, M. (2018). Strategi Berpikir Integratif Dalam Pembelajaran Membaca Lintas Kurikulum Di Sekolah Dasar. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.1995

Ihwanah, A., Idi, A., & Afifah, N. (2024). Character Building Through Differentiated Learning of Islamic Religious Education in the Digital Era. 29(2), 178–192.

Jagielska-Burduk, A., Pszczyński, M., & Stec, P. (2021). Cultural heritage education in unesco cultural conventions. Sustainability (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/su13063548

Khoirunisa, K., & Muqowim, M. (2022). Integrasi Pendidikan Akhlak dalam Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Salamah Kota Jambi. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 896. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1116

Khumaidah, S., & Hidayati, R. N. (2021). Perbandingan Pemikiran Ibnu Khaldun Dan Al-Ghazali Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 212–252.

Kusuma, A. R. (2022). Konsep Jiwa menurut Ibnu Sina dan Aristoteles. TASAMUH: Jurnal Studi Islam, 14(1), 61–89. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492

Kusumawardani, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10

Miseliunaite, B., Kliziene, I., & Cibulskas, G. (2022). Can Holistic Education Solve the World’s Problems: A Systematic Literature Review. Sustainability (Switzerland), 14(15). https://doi.org/10.3390/su14159737

Multahada, A. (2021). Integrasi agama dan sains: bukti kebenaran al-Qur’an. Borneo: Journal of Islamic Studies, 2(1), 46–55. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/borneo/article/view/751

Omelchenko, V. (2020). Education Philosophy: a Strategy for Interdisciplinary Synthesis. Sophia. Human and Religious Studies Bulletin, 15(1), 36–40. https://doi.org/10.17721/sophia.2020.15.9

Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi Teori Belajar Konstruktivisme dengan Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487–493. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.875

Rabiudin, Agnesa, O. S., Afifi, E. H. N., & Rahmadana, A. (2023). Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 88–102. https://doi.org/10.33379/ icom.v3i1.2121

Rahman, A., & Pewangi, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam pada Supervisi Pendidikan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. 13(3), 4031–4044.

Rahmawati, R. D., & Bakhtiar, N. (2019). Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Penciptaan Alam Semesta dan Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 195. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6599

Ramadhani, A. I., Vebrianto, R., & Anwar, A. (2020). Upaya Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Instructional Development Journal (IDJ), 3(3), 188–202. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ

Shalahuddin, M., Tansah, L., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2024). Penanaman nilai akhlak berbasis pendidikan Islam sebagai landasan teori pendidikan karakter di sekolah. 09(September).

Takunas, R., Mashuri, S., Tahang Basire, J. H., Dulumina, G. B., Syahril, & Mohi, S. M. (2024). Multicultural Islamic Religious Education Learning to Build Religious Harmony. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(3), 590–607. https://doi.org/10.31538/nzh.v7i3.18

Takwil, M. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Pemikiran Al-Ghazali. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 196–209. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i2.175