Upaya Strategis Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah: Pendekatan Studi Kasus Holistik
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hijriyah 2 Palembang melalui pendekatan holistik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus kualitatif untuk menganalisis berbagai dimensi pengembangan pendidikan, termasuk peningkatan kurikulum, pengembangan profesionalisme guru, peningkatan infrastruktur, integrasi teknologi, dan keterlibatan pemangku kepentingan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang melibatkan pimpinan sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Temuan menunjukkan bahwa MI Hijriyah 2 telah berhasil menerapkan strategi terintegrasi yang berkontribusi pada prestasi akademik, pembentukan karakter, dan nilai-nilai agama siswa. Meskipun menghadapi beberapa tantangan seperti sumber daya dan infrastruktur teknologi yang terbatas, sekolah ini menunjukkan ketangguhannya melalui perencanaan kolaboratif dan evaluasi yang berkelanjutan. Studi ini diakhiri dengan rekomendasi untuk memperkuat pelatihan guru, pelibatan masyarakat, dan dukungan kebijakan untuk mempertahankan kualitas pendidikan di sekolah dasar Islam.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Depdiknas. (2021). Pedoman Pengembangan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Dewi, R., & Salim, M. (2023). Evaluasi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Surabaya: Airlangga University Press.
Fomba, B., Talla, D., & Ningaye, P. (2022). Institutional Quality and Education Quality in Developing Countries: Effects and Transmission Channels. Journal of the Knowledge Economy, 14, 86 - 115. https://doi.org/10.1007/s13132-021-00869-9.
Hasan, H. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah. Palembang: Universitas Sriwijaya Press
Huda, M., & Sabani, N. (2018). Empowering Muslim children’s spirituality in Malay Archipelago: integration between National Philosophical Foundations and Tawakkul (trust in God). International Journal of Children's Spirituality, 23, 81 - 94. https://doi.org/10.1080/1364436X.2018.1431613.
Ismail, M. (2023). Efektivitas Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MI. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 34-42.
Ministry of Education and Culture. (2022). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penguatan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Kemdikbud RI.
Mulyasa, E. (2023). Implementasi Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, H. (2023). Manajemen Pendidikan di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
Nurhayati, E., & Suryani, D. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah. Yogyakarta: Deepublish.
Prastowo, A. (2023). Model Pembelajaran Inovatif di Era Digital. Yogyakarta: DIVA Press.
Riedy, R., LeBouef, W., Peurach, D., Barber, M., Clark, T., & Penuel, W. (2020). Principles of Collaborative Education Research With Stakeholders: Toward Requirements for a New Research and Development Infrastructure. Review of Educational Research, 90, 627 - 674. https://doi.org/10.3102/0034654320938126.
Qoraboyev, I., Chankseliani, M., & Gimranova, D. (2020). Higher education contributing to local, national, and global development: new empirical and conceptual insights. Higher Education, 81, 109-127. https://doi.org/10.1007/s10734-020-00565-8.
Widiastuti, E. (2022). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 10(1), 45–58.
Yang, X., & Kaiser, G. (2022). The impact of mathematics teachers’ professional competence on instructional quality and students’ mathematics learning outcomes. Current Opinion in Behavioral Sciences, 48. https://doi.org/10.1016/j.cobeha.2022.101225.
Zainuddin, A. (2024). Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 19(3), 204–215.
Zainuddin, Z. (2023). Integrating ease of use and affordable gamification-based instruction into a remote learning environment. Asia Pacific Education Review, 1 - 12. https://doi.org/10.1007/s12564-023-09832-6.