Pengembangan E-Modul Ajar P5 Melalui Pengenalan Budaya Lokal Lamongan Untuk Meningkatkan Eksistensi Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah

Isi Artikel Utama

Allinda Hamidah
Ayu Nur Sholehah
Dwi Rosyidatul Kholidah
Choerul Anwar Badruttamam
Faisal Faisal

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul ajar P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bertema kearifan lokal Lamongan yang mengintegrasikan materi pembelajaran dengan teknologi guna meningkatkan minat belajar serta mengenalkan budaya lokal kepada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Modul ini dirancang sebagai media pendukung kegiatan kokurikuler P5 agar peserta didik dapat mengenal, menghargai, dan mempertahankan eksistensi budaya daerahnya. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi dari ahli materi, media, bahasa, dan praktisi menunjukkan bahwa e-modul ini berada pada kategori sangat valid dan sangat layak digunakan. Uji coba kepada peserta didik juga menunjukkan respon yang sangat positif dan peningkatan pemahaman terhadap materi. Temuan ini menunjukkan bahwa e-modul ajar P5 yang dikembangkan efektif dalam mendukung pelaksanaan projek P5 sekaligus memperkuat eksistensi kearifan lokal di kalangan siswa Madrasah Ibtidaiyah. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran berbasis projek untuk memperkuat nilai-nilai budaya lokal secara kontekstual dan menyenangkan bagi peserta didik.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873.

Azkiya, M. H., Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Darmayanti, A., Nugroho, D. Y., & Atikah, C. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Journal of Education Research, 5(3), 2573–2581. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1018

Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348

Fithriyah, D. N., Sa’diyah, Z., & Faizah, L. N. (2024). Pengembangan Modul P5 PPRA Berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 198–210. https://doi.org/10.30762/sittah.v5i2.3521

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hoaihongthong, S., & Tuamsuk, K. (2024). Integration of Local Cultural Knowledge in the Community Products Design and Development. Journal of Ecohumanism. https://doi.org/10.62754/joe.v3i6.4101.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165-174.

Nofrion, N., Berutu, N., & Delita, F. (2022). ONLINE LEARNING: THE EFFECTS OF USING E-MODULES ON SELF-EFFICACY, MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES. Turkish Online Journal of Distance Education. https://doi.org/10.17718/tojde.1182760.

Pudma, W., Mandalika, F., Priyanti, B. A., Puspitasari, L. M., Purwani, M. A., Sundari, N. D., Melani, M., & Susanti, I. (2024). Analisis Rancangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, 9(1), 69–79. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Sri, H. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.

Taufiq, Andang, & Imansyah, M. N. (2023). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENYUSUN MODUL AJAR BERBASIS Kurikulum Merdeka: Pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah memiliki keterkaitan erat dengan kemampuan guru dalam menyusun modul ajar . Guru diharuskan memiliki keterampilan untuk menyusun modu. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran (JUNDKIMA), 02(03), 48–54.

Wahyuni, W. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.53769/deiktis.v1i1.89