Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Digital Pada Materi IPAS di Sekolah Dasar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran Scrapbook Digital dan mengevaluasi Validitas, Keprakrtisan serta keefektifan dalam pembelajaran IPAS kelas V di SDN 159 Palembang. Menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Dick and Carey, penelitian ini melibatkan tahap Analysis, design, development, implementation, and evaluation. Dengan subjek uji coba berupa satu guru dan 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi untuk ahli materi, media dan bahasa, serta lembar kpraktisan untuk guru dan siswa. Dengan keefektifan yang diukur melalui Tes formatif. Penelitian ini dilaksanakan dari 7 hingga 15 februari 2025. Hasil penelitian validitas menunjukan bahwa Scrapbook Digital memperoleh rata-rata score yang sangat baik: 92% dari ahli media (sangat valid), 76% dari ahli bahasa (valid), dan 98,46% dari ahli materi (sangat valid). Respon positif dari guru mencapai 92,85% (sangat praktis), sementara peserta didik mencapai 95,54% (sangat praktis). Tingkat keefektifan diperoleh melalui pretest–posttest, dengan nilai N-Gain Score sebesar 0,6246 < 0,7 (Cukup efektif) Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran Scrapbook Digital tersebut layak, praktis dan cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS. Sebagai tindak lanjut. Scrapbook Digital akan diterapkan dalam pembelajaran IPAS dan guru akan diarahkan agar dapat memaksimakan pemanfaatannya. Penelitian lanjutan disarankan di sekolah lain untuk menambah tingkat keefektifan media dalam konteks berbeda serta mengembangkan fitur dan konten tambahan menarik lainya demi meningkatkan hasil belajar siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development of Video-Based Interactive Learning Multimedia to Increase Learning Interest of Elementary School Students]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.
Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 160–174. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.129
Atin Sri Handayani, Kantri Nurlisa, & Mustafiyanti Mustafiyanti. (2023). Efektivitas dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Perspektif : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 319–330. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.766
Cholilah, M., Gratia, A., Tatuwo, P., Rosdiana, S. P., Noor, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., & Buana, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Fadhila, N. A., Setyaningsih, N. W., Gatta, R. R., & Handziko, R. C. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Addie Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Sma Kurikulum 2013. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i1.5298
Fatmawati, Wahyu Sukartiningsih, T. I. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL: LITERATURE REVIEW. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 75(17), 399–405.
Firda, H., & Nurhadi, D. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Sendidri Peserta Didik SMA Negeri Kabupaten Mojokerto. Jurnal Hikari, 7(1), 14–26. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/hikari/article/view/50739
Fitri Yanti, Fauziah, Ahmad Ridoh, D. T. S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL. JIPTI, 4(2), 1–23.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.
Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan Aswinta.JurnalPendidikanDanKonseling,4(6),10340–10343. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10030
Narutama, Y. A. (2022). Pengembangan Media Scrapbook “Petualangan Luar Angkasa” Materi Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal Basic of Education (AJBE), 7(1), 11–23.
Rachma, A., Tuti Iriani, & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran BahasaIndonesia.WartaDharmawangsa,18(1),205–218. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266
Tanjung, A. F., & Maisarah, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Scrapbook Digital Pada Materi Kalimat Transitif dan Intransitif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EUNOIA (JurnalPendidikanBahasaIndonesia),4(1),43–53. https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/view/3447
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Wulandari, A., Safitri, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. JURNAL BASICEDU, 6(4), 7076–7086.
Yanti, Lestari, S., & Budyartati, S. (2024). Media Digital Scrapbook untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas 5 SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 840–859. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID