Social Ethical Values in Blended Learning for Students
Main Article Content
Abstract
Article Details
How to Cite
References
Ali Akbar, Abdul Wahid, Syamsul Bahri, Ahlun Ansar, & Askar Nur. (2023). Penerapan Sistem Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Nasional. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 119–130. https://doi.org/10.55623/au.v4i1.201
Alika Mahira Hasna, D. A. (2023). Etika Sosial dalam Pendidikan. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humaniora, 2023, 1–17. https://doi.org/10.11111/nusantara.xxxxxxx
Burhanuddin. (2021). Efektivitas penerapan model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 20(2), 1280–1287.
Chandra, X. (2016). Bahan Ajar Etika Sosial. Bahan Ajar Etika Sosial, 172.
Darmaputra, E. (1995). Etika Sederhana Untuk Semua. Gunung Mulia.
Deklara Nanindya W., Anselmus J.E. Toenlioe, A. W. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 75. https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.318
Djari, J. A., & Heriyawan, M. S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Pembelajaran Daring, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Etika dan Perilaku Taruna Pelayaran. Dinamika Bahari, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.46484/db.v3i1.298
Efendi, S., Yusuf, A. M., & Solfema, S. (2021). The Contribution of Internet Utilization towards the Student Learning Outcomes. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 5(1), 8–13. https://doi.org/10.24036/4.15386
Hamambira, D. L., & Widyawati, N. K. S. (2021). 36-Aletheia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Etika Pembelajaran Daring Domianus Lodu Hamambira. Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2, 36–46. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/348.
Jiwanda, J. (2022). Etika Pembelajaran Daring di Kampus STABN Sriwijaya Tanggerang Banten. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2).
Kacetl, J., & Semradova, I. (2020). Reflection on blended learning and e-learning - case study. Procedia Computer Science, 176, 1322–1327. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.141
Muhammad, A. (2014). Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Etika Sosial (Telaah Pemikiran A. Qodri A. Azizy. Jurnal Penelitian Agama, 15(1), 1–25. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp1-25
Nasution, S. (2007). Metode Research : Penelitian Ilmiah. Bumi Aksara.
Prihandoko, Y., Slamet, S. Y., & Winarno, W. (2017). Cognitive Moral Approach To Civics Education Material Development in the Elementary School. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.15279
Rachman, R., Ardiansyah, E., Friskanov, I. S., & Saleh, M. (2022). Edukasi Tentang Pentingnya Kesadaran Mahasiswa Dalam Etika Di Kehidupan Kampus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1821
Raharja, A. (2002). Cybercrime: Pemahaman dan Upaya Pencegahan Kejahatan Berteknologi. Citra Aditya Bakti.
Ramadhan, S., Himmawan, D., & Rusydi, I. (2023). Konsep Etika Belajar Menurut Syeikh Az-Zarnuji (Studi Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim). Journal Islamic Pedagogia, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i2.92
Rasimin, R., Yusra, A., & Wahyuni, H. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-Prinsip Belajar dalam Islam untuk Meningkatkan Etika Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 321–332. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.262
Sabariah, H., Ridha, Z., Ritonga, L. A., & Nurhayati, N. (2022). Etika Pembelajaran Menurut Imam Al Ghazali Relevansinya Peserta Didik MAN 1 Langkat. Ta’dib, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i1.27
Sandi, R. T. (2020). Perkembangan Society. diakses pada tanggal 20 Agustus 2024 https://sis.binus.ac.id/2020/06/09/perkembangan-society-1-0-hingga-society-5-0/
Setiadi, A. (2015). Pelanggaran Etika Pendidikan pada Sistem Pembelajaran E-Learning. Jurnal Humaniora, 15(2), 1–10. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/4896
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2020). Penanaman etika komunikasi digital di pesantren melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 128. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.24538
Siallagan, T. (2021). Mengembangkan Etika Sosial Antara Siswa dengan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Sistem Daring. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 11(1), 37–54. https://doi.org/10.46495/sdjt.v11i1.105
Sitompul, J. (2012). Cyberspace, Cybercrimes, Cyberlaw : Tinjauan Aspek Hukum Pidana. Tatanusa.
Subagyo, P. J. (2006). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Suryabrata, S. (2018). Metodologi Penelitian. Rajagrafindo Persada.
Syamsuddin, Sahiron, Etika Sosial Dalam Islam, diakses pada tanggal 20 Agustus 2024 https://uin-suka.ac.id/id/kolom/detail/89/etika-sosial-dalam-islam#:~
Yulianti, T., & Sulistiyawati, A. (2020). The Blended Learning for Student’s Character Building. 422(Icope 2019), 56–60. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.089