Analysis Use Motivation Study Student in Islamic Religious Education Learning Using the PAKEM Method in Senior High Schools
Main Article Content
Abstract
Article Details
How to Cite
References
Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993–2000. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.703
Achmad Faqihuddin. (2024). Media Pembelajaran PAI: Definisi, Sejarah, Ragam dan Model Pengembangan. Idarotuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1–15. https://doi.org/10.29313/idarotuna.v1i1.3780
Al-Haddar, G. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Lazuardi Global Islamic School, Depok. Jurnal Pendas Mahakam, 1(2), 144–164.
Amrisal, A. (2021). Upaya meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan menerapkan model pembelajaran pakem pada siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(3), 752. https://doi.org/10.29210/021144jpgi0005
Asrofi, M. (2008). Pembelajaran yang menyenangkan. In Fisik@Net.
Barnawi & Arifin, M. (2013). Branded school membangun sekolah unggul berbasis peningkatan mutu. In Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Chan, S., Maneewan, S., & Koul, R. (2023). Teacher educators’ teaching styles: relation with learning motivation and academic engagement in pre-service teachers. Teaching in Higher Education, 28(8), 2044–2065. https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1947226
Creswell, J. (2019). Riset Pendidikan, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (Kelima).
David, L. (2014). ARCS Model of Motivational Design Theories (Keller). In Learning Theories. https://www.learning-theories.com/kellers-arcs-model-of-motivational-design.html
De Witte, K., & Rogge, N. (2016). Problem-based learning in secondary education: evaluation by an experiment. Education Economics, 24(1), 58–82. https://doi.org/10.1080/09645292.2014.966061
Defani, M., & Wirdati, W. (2023). Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran PAI (Studi Kasus di Kelas X.E7 SMAN 1 Painan). Anwarul, 3(6), 1273–1282. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i6.1660
Desy, T. E. L., & Naswan, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.
E.Mulyasa, M.Pd. (2007). Menjadi Guru Profesional.
Emda Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593
Herranen, J., & Aksela, M. (2019). Student-question-based inquiry in science education. Studies in Science Education, 55(1), 1–36. https://doi.org/10.1080/03057267.2019.1658059
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing, 12. https://books.google.co.id/books?id=0dAeEAAAQBAJ&newbks=1&newbks_redir=0&printsec=frontcover&dq=uji+validitas&hl=id&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Hsieh, T. L. (2014). Motivation matters? The relationship among different types of learning motivation, engagement behaviors and learning outcomes of undergraduate students in Taiwan. Higher Education, 68(3), 417–433. https://doi.org/10.1007/s10734-014-9720-6
Hung, I. C., Chao, K. J., Lee, L., & Chen, N. S. (2013). Designing a robot teaching assistant for enhancing and sustaining learning motivation. Interactive Learning Environments, 21(2), 156–171. https://doi.org/10.1080/10494820.2012.705855
Ikhsan, M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas V Sdn Senakin Seberang Kec. Kelumpang Tengah Kab. Kotabaru. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 345–354. http://doi.org/10.33659/cip.v10i2.250http://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/index
Innarotul A’yun, & Siti Nurjanah. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Membentuk Budaya Religius Siswa. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 57–73. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.80
Irham Abdul Haris, M. (2022). Penerapan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (PAKEM) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 01 Padang Ratu Lampung Tengah. Jurnal Mubtadiin, 8(01).
Jainuddin, J., Mubarik, M., & Bahri, S. (2021). Pengaruh Metode Pakem Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 124 Batuasang. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1), 186–193. https://doi.org/10.35965/eco.v21i1.1058
Janiarti, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Pakem Dalam Pembelajaran PAI Pada Siswa Kelas IV SDN 06 Kota Mukomuko. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru …, 2, 273–278. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/504
Keller, J. (1998). ARCS Model of Motivational Design Theories (Keller). Learning Theories. https://learning-theories.com/kellers-arcs-model-of- motivational-design.html
Lim, D. H. (2004). Cross cultural differences in online learning motivation. Educational Media International, 41(2), 163–175. https://doi.org/10.1080/09523980410001685784
M. Askari Zakariah, V. A. (2021). Analisis Statistik Dengan Spss Untuk Penelitian Kuantitatif. In Teknik pengambilan populasi dan sampel. https://books.google.co.id/books?id=4Vs3EAAAQBAJ&lpg=PA16&ots=yOVkjVoup9&dq= pengertian sampel&lr&hl=id&pg=PA59#v=onepage&q=pengertian sampel&f=false
Mawardi. (2014). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. 1, 292–304.
Mayangsari, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sd Mardi Putera Surabaya Dengan Menggunakan Pakem (Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Modeling Jurnal Program Studi PGMI, 1(1), 62–69.
Model, A., Motivational, O. F., & Theories, D. (2016). ARCS Model of Motivational Design (Keller) at Learning Theories. Learning Theories Knowledgebase, 4–7. http://www.learning-theories.com/kellers-arcs-model-of-motivational-design.html
Nasrudin, E., Sandi, M. K., Alfian, M. I. R., & Fakhruddin, A. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.55288
Nasrudin, E., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI dengan Metode Ceramah di SD Kelas Tinggi. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(2), 152. https://doi.org/10.17977/um009v32i22023p152-161
Nuraini. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Penerapan Model Pembelajaran PAKEM pada Siswa SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 7(4), 512–519. http://ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/view/2279%0Ahttp://ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/download/2279/1851
Nurdin, S. (2015). Penerapan Pendekatan PAKEM dalam Pembelajaran IPA di MIN Rukoh. PIONIR Jurnal Pendidikan, 4(2), 1–11.
Purwanto, Y., Firdaus, E., & Faqihuddin, A. (2024). Teaching Religious Moderation to Pre-Service Teachers: An Indonesian Case Study. Religious Education. https://doi.org/10.1080/00344087.2024.2385174
Rafikasari, F., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Djazilan, S. (2021). Keefektifan Pembelajaran Agama Islam melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Pakem) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3232–3241. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1314
Rehman, A. U., Bhuttah, T. M., & You, X. (2020). Linking burnout to psychological well-being: The mediating role of social support and learning motivation. Psychology Research and Behavior Management, 13, 545–554. https://doi.org/10.2147/PRBM.S250961
Remiswal dan Rezki Amelia. (2013). Format Pengembangan Strategi PAIKEM dalam Pembelajaran Agama Islam.
Renatd, A. (2020). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa kedokteran. Jurnal Medika Hutama, 02(01), 377–381.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860
Saminu, S. (2023). Upaya meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan model pembelajaran pakem pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ngawen Gunungkidul. Al-Khos: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 13–19. https://doi.org/10.62808/al-khos.v3i1.28
Sanga, A., Rukajat, A., & Ramdhani, K. (2022). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16067. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4920
Surawan, S. (2019). Peningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Pembelajaran Pakem Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Sumbermulyo Bantul Yogyakarta. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 29–30. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.239
Suryani, N., & L, A. (2012). Strategi Belajar Mengajar.
Suswati. (2022). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Scopindo Media Pustaka.
Terrón-López, M. J., García-García, M. J., Velasco-Quintana, P. J., Ocampo, J., Vigil Montaño, M. R., & Gaya-López, M. C. (2017). Implementation of a project-based engineering school: increasing student motivation and relevant learning. European Journal of Engineering Education, 42(6), 618–631. https://doi.org/10.1080/03043797.2016.1209462
Triningsih, T., Purwanto, B. E. P., & Mulyono, T. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan Di Sdn Siwungkuk 01 Brebes. Journal of Education Research, 5(1), 896–901.
Umam, M., & K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 2(1), 45–68.
Wingkel, W. (1999). Psikologi Pengajaran Original.
Yanti, D. W. I. A. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Rejang Lebong: Model Pembelajaran PAKEM Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Rejang Lebong. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(4), 238–245.
Zhou, X., & Tian, L. (2017). Study on learning motivation for innovative talents of local normal universities. Journal of Interdisciplinary Mathematics, 20(6–7), 1401–1405. https://doi.org/10.1080/09720502.2017.1382145