PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI REDUKSI DI KELAS X SMA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi, hal ini disebabkan karena rendahnya keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) dan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi di kelas X di SMAN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X semester II SMAN 1 Gunung Talang pada tahun ajaran 2010/2011. Sampel dari penelitian diambil dengan teknik Random Sampling. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas SKU dan kelas kontrol adalah kelas SSN4. Hasil belajar yang diungkapkan pada penelitian ini berupa hasil belajar ranah kognitif. Uji hipotesis digunakan dengan menggunakan uji-t, karena sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional. Setelah dilakukan uji-t pada taraf signifikan 0.05 diperoleh thitung = 4.51 dan ttabel = 1.99 (thitung > ttabel) berarti hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi di kelas X SMAN 1 Gunung Talang.
Article Details
How to Cite
Olensia, Y. (2018). PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI REDUKSI DI KELAS X SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 25-31. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i2.2275
Section
Articles
How to Cite
Olensia, Y. (2018). PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI REDUKSI DI KELAS X SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 25-31. https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i2.2275
References
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Nofidri, Yenti (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A
Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Minyak
Bumi Kelas X di SMAN 1 Pariangan. Padang: UNP.
Rozalina. (2009). Pengaruh Metoda Belajar Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Konsep Tata Surya dan Konsep Suhu Kalor di Kelas X SMAN 5 Padang. Padang: UNP
Silberman, Melvin. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Aktif. Bandung: Nusa Media Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Nofidri, Yenti (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is A
Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Minyak
Bumi Kelas X di SMAN 1 Pariangan. Padang: UNP.
Rozalina. (2009). Pengaruh Metoda Belajar Aktif Tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Konsep Tata Surya dan Konsep Suhu Kalor di Kelas X SMAN 5 Padang. Padang: UNP
Silberman, Melvin. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Aktif. Bandung: Nusa Media Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.