The Effect of the Discovery Learning Model on Student Higher Order Thinking Skills on Buffer Solution Material
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Adriani, N., & Septiani Silitonga, F. (2017). Pengembangan modul ajar kimia unsur berbasis inkuiri terbimbing fase development untuk mahasiswa pendidikan kimia. Jurnal Zarah, 5(2), 44–47. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/zarah.v5i2.219
Ahmar, D. S. (2016). Hubungan antara regulasi diri dengan kemampuan berpikir kreatif dalam kimia peserta didik kelas xi ipa se-kabupaten takalar. Jurnal Sainsmat, 5(1), 7–23.
Ariyana, Y., Ari Pudjiastuti MPd Reisky Bestary, M., & Zamroni, Mp. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Avvisati, F., & Ilizaliturri, R. (2022). PISA PISA 2022 Results. Directorate for Education and Skills.
Balqist, A., Jalmo, T., Yolida Pendidikan Biologi, B. (2019). Penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 103–111.
Hidayat, Y., Jofrishal, J., & Seprianto, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa pada materi sistem koloid. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia Dan Pendidikan Kimia, 3(1), 39–49. https://doi.org/10.33059/katalis.v3i1.2382
Kurniawati, Y. (2021). Metode Penelitian Bidang Ilmu Pendidikan Kimia. Cahaya Firdaus.
Kusumaningtyas, P., Oktafiani, R., Nurhadi, M., & Sulistyaningwarni, S. (2020). Pengaruh isu sosiosaintifik dalam model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 64–74.
Mardiansyah, F., Haryanto, & Gusti, D. R. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) dan kemampuan pemecahan masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga. Journal On Taeacher Education, 4(2), 293–303.
Muniarti, & Pratiwi, P. N. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global di sma pgri 2 palembang. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya), VII, No. I, 23–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi bloom: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan berpikir tingkat tinggi (hots) tentang lingkungan berdasarkan latar belakang akademik siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1–14. https://doi.org/10.21009/plpb.192.01
Nurfauzia, N., Ijirana, I., & Suherman, S. (2021). Application of discovery learning model to improve the understanding concept of high school students on buffer topic. Jurnal Akademika Kimia, 10(1), 26–31. https://doi.org/10.22487/j24775185.2021.v10.i1.pp26-31
Oktaviani, R., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model discovery learning untuk meningkatkan ketelitian dan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.236
Palupi, M. D., Sudarmin, & Wardani, S. (2018). Penerapan discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran bermuatan etnosains. Chemistry in Education, 7(1), 77–83.
Paputungan, K., Mamu, H., & Katili, A. S. (2022). Efektivitas model discovery learning dan model contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 415–421.
Pranoto, E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Ramadhana, R., & Hadi, A. (2022). Efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis e-learning berbantuan lkpd elektronik terhadap hasil belajar peserta didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 380–389. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778
Rudibyani, R. B., & Perdana, R. (2018). Enhancing higher-order thinking skills using discovery learning model’s on acid-base pH material. AIP Conference Proceedings, 2014. https://doi.org/10.1063/1.5054512
Rudyanto, H. E. (2016). Model discovery learning dengan pendekatan saintifik bermuatan karakter untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Sanova, A., Malik, A., & Yuniarccih, H. R. (2023). The influence of ethnoscience approach through problem based learning model on science literacy ability in buffer solution material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5498–5508. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.1612
Saputra, W. (2020). Pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi smk yadika bandar lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 13–16. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.443
Saturnut. (2022). Discovery Learning Solusi Jitu Ketuntasan Belajar. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Siregar, L., & Silaban, S. (2023). Development and implementation of chemistry stem-based module on buffer solution material in senior high school. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(4), 737–746. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i4.8572
Surya, R. (2020). Pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia terhadap keterampilan proses sains, berpikir tingkat tinggi dan keterampilan bertanya pada materi sistem pernapasan di sma negeri 5 langsa. Jurnal Biolokus, 3(1), 234–244. https://doi.org/https://doi.org/10.30821/biolokus.v3il.671
Susriani, E. (2021). Upaya peningkatan higher order thinking skill siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran kimia kelas xi.mia.3 di sman 2 kerinci semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 204–211. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/learning.vli2.590