Analysis of High School Students Misconceptions Using Four-Tier Multiple Diagnostic Test on Chemical Equilibrium Material
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
References
Abdullah, Azmi, J., & Ardiansyah. (2021). Analisis pola kesalahan jawaban siswa pada materi hitungan kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 13-27. doi:https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.7237
Agustin, U., Susilaningsih, E., Nurhayati, S., & Wijayati, N. (2022). Pengembangan instrumen tes diagnostik four-tier multiple choice untuk identifikasi miskonsepsi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Journal of Chemistry In Education, 11(1), 1-7. doi:https://doi.org/10.15294/chemined.v11i1.40935
Akbar, Z. D., Herdini, H., & Abdullah, A. (2019). Identifikasi miskonsepsi materi kesetimbangan kimia menggunakan tes diagnostik pilihan ganda tiga tingkat (three-tier multiple choice) pada peserta didik kelas xi mia sma negeri 2 pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia universitas riau, 4(1). doi:http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v4i1.7082
Al-fatihah, N. Z., Isnaini, M., & Laksono, P. J. (2022). Pengembangan instrumen tes diagnostik three-tier multiple choice untuk mendeteksi miskonsepsi pada materi kesetimbangan kimia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 9(1), 21-30. doi:https://doi.org/10.30738/wd.v9i1.9972
Amin, N., Wiendartun, & Samsudin, A. (2016). Analisis instrumen tes diagnostik dynamic-fluid conceptual change inventory (dfcci) bentuk four-tier tes pada beberapa sma di bandung raya. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS), (hal. 570-57).
Andriani, Y., Mulyani, S., & Wiji, W. (2023). Misconceptions and troublesome knowledge on chemical equilibrium. (Vol. 1806, No. 1, p. 012184). . In Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 012184. doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012184
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ashfarini, D., & Rahmawan, S. (2024). Identification of misconceptions and causes of misconceptions in stoichiometry material using four-tier multiple choice (4tmc). Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 39-48. doi:https://doi.org/10.19109/ojpk.v8i1.21649
Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Edasa, D. W. (2018). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi larutan penyangga dengan menggunakan test diagnostic three tier. Skripsi thesis, Riau : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fauziyah, N. (2019). Pengembangan instrumen three tier multiple choice test pada materi kesetimbangan kimia untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi. Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.
Ginting, S. (2021). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi mutasi di kelas xii mia sma negeri 3 binjai tahun pembelajaran 2020/2021. Doctoral Dissertation, UNIMED.
Laksono, P. J. (2020). Pengembangan three tier multiple choice test pada materi kesetimbangan kimia mata kuliah kimia dasar lanjut. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 44-63. doi:https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i1.5649
Mayasri, A., Reza, M., & Nasir, M. (2023). Identifikasi dan remediasi miskonsepsi dengan pendekatan perubahan konseptual pada materi kesetimbangan kimia . Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2). doi:https://doi.org/10.19109/ojpk.v7i2.19810
Novita, D., Suyono, S., & Suyatno, S. (2023). Analysis of student conceptions and conceptional changes about chemical equilibrium materials in concentration factors. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 4(6), 782-794. doi:https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i6.414
Nufus, S., & Silfianah, I. (2023). Analisis Miskonsepsi peserta didik pada materi struktur atom menggunakan five-tier multiple choice diagnostic test berbasis piktorial. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2), 126-139. doi:https://doi.org/10.19109/ojpk.v7i2.19239
Osborne, J., & Dillon, J. (2008). Science Education in Europe: Critical Reflections. London: The Nuffield Foundation.
Permatasari, M. B., Muchson, M., Hakimah, N., Rokhim, D. A., Herunata, H., & Yahmin, Y. (2022). Identifikasi miskonsepsi materi kesetimbangan kimia pada siswa sma menggunakan tes three tier berbasis web. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(1), 1-7. doi:http://dx.doi.org/10.15294/jipk.v16i1.29407
Pongkendek, J. J., & Kristyasari, L. M. (2022). Penggunaan two tier multiple choice untuk analisis miskonsepsi mahasiswa. QUANTUM Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 131-139. doi:http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i1.12955
Pujianto, E., Masykuri, M., & Utomo, S. B. (2018). Penerapan strategi konflik kognitif untuk pembelajaran remidiasi miskonsepsi siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia kelas xii mia sma negeri 1 sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 77-85.
Putro, A. N., Wajdi, M., Siyono, S., Perdana, A. N., Saptono, S., Fallo, D. Y. Setiyatna, H. (2023). Revolusi Belajar di Era Digital. Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia.
Rosida, N., Widarti, H. R., & Yahmin, Y. (2022). Diagnostic test on chemical equilibrium misconception: a literature review. Jurnal Pembelajaran Kimia, 7(2), 49-57.
Rudini, M. (2020). Efektivitas analisis butir soal mata pelajaran matematika pada siswa kelas iv dalam meningkatkan kualitas guru di sdn sabang. Tolis Ilmiah:Jurnal Penelitian, 2(1). doi:https://doi.org/10.56630/jti.v2i1.90
Soeharto, S., & Csapo, B. (2021). Evaluating item difficulty patterns for assessing student misconceptions in science across physics, chemistry, and biology concepts. Heliyon, 7(11). doi:https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08352
Sugiarti, F., & Sukarmin, S. (2019). Mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi dengan menggunakan software dered misequilibri pada materi kesetimbangan kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8(1), 94-100.
Sugiarti, F., & Sukarmin, S. (2019). Pengembangan software dered misequilibri untuk mendeteksi dan mereduksi miskonsepsi dengan strategi conceptual change text pada materi kesetimbangan kimia. Unesa Journal of Chemical Education, 8(1), 94-100. doi:https://doi.org/10.26740/ujced.v8n1.p%25p
Suparman, A. R., Rohaeti, E., & Wening, S. (2024). Student Misconception in chemistry: a systematic. Pegem Journal of Education and Instruction, 14(2), 238-252. doi:https://doi.org/10.47750/pegegog.14.02.28
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT. Grasindo Anggota Ikapi.
Syahmani, S., Suyono, S., & Supardi, Z. (2020). Effectiveness of i-smart learning model using chemistry problem-solving in senior high school to improve metacognitive skills and students’ conceptual understanding. Pedagogika, 138(2), 37-60. doi:http://dx.doi.org/10.15823/p.2020.138.3
Timanoyo, B., Effendy, E., & Nazriati , N. (2020). Misconception of students on multiple representation of chemical equilibrium shift. Jurnal Pendidikan Sains, 8(4), 104-110. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jps.v8i4
Yamtinah, S., Indriyanti, Y. N., Saputra, S., Mulyani, S., Ulfa, M., Mahardiani, L. Shidiq, A. S. (2019). The Identification and analysis of students’ misconception in chemical equilibrium using computerised two-tier multiple-choice instrument. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). doi:http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042015