STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN (FUN LEARNING) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Relly Maulita Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ismail Sukardi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Mardiah Astuti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.19109/pairf.v5i1.17641

Keywords:

Teacher strategy, Fun Learning, PAI

Abstract

Based on the results of observations made by the author at SMA Negeri 5 OKU on June 20, 2022, namely as follows in the teaching and learning process the teacher in learning Islamic Religious Education looks able to create enjoyable learning. Marked by students learning in comfortable conditions such as students having a close relationship with the teacher and all their friends, students are active in learning activities such as asking and answering various questions, doing assignments, and discussing, also when going to break time or going home from school there are no students whining to immediately break or go home. This type of research is field research with a qualitative approach. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation.Based on the results of the study, it can be concluded that: 1) The background and purpose of implementing fun learning in Islamic Religious Education learning at SMA Negeri 5 OKU is to avoid boredom, saturation and train students to be more active. 2) The teacher's strategic steps in implementing fun learning in Islamic Religious Education learning at SMA Negeri 5 OKU are by greeting students in a friendly, enthusiastic manner, motivating students and using varied methods. 3) Supporting and inhibiting factors for teachers' strategies in creating fun learning in Islamic religious education learning at SMA Negeri 5 OKU. Supporting factors are the teacher's ability to teach and adequate facilities. The inhibiting factor is the readiness of students in participating in learning and passive students.

References

Fitriyani, E. D., Mansur, A., & Syarnubi, S. (2020). Model Pembelajaran Pesantren dalam Membina Moralitas Santri di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin. Jurnal PAI Raden Fatah, 2(1), 103-116.
Hasil Observasi di SMAN 05 OKU Pada Tanggal 20 Juni 2022 Pukul 08.00 WIB, n.d.
“Hasil wawancara dengan DO selaku siswa di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 09.00 WIB.,” n.d.
“Hasil wawancara dengan Ibu I selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 5 Januari 2023 pukul 10.00 WIB.,” n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu I selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 5 Januari 2023 pukul 10.05 WIB., n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu I selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 5 Januari 2023 pukul 10.05 WIB, n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu I selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 5 Januari 2023 pukul 10.20 WIB., n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu I selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 5 Januari 2023 pukul 10.25 WIB., n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu Imelda Adeyanti, S. Pd selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 5 Januari 2023 pukul 10.25 WIB, n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu Iselaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 5 Januari 2023 pukul 10.10 WIB, n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 07.45 WIB. (n.d.).
Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 07.50 WIB., n.d.
“Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 07.55 WIB,” n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 08.00 WIB., n.d.
“Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 08.05 WIB,” n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 08.10 WIB., n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 08.15 WIB., n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 08.20 WIB., n.d.
Hasil wawancara dengan Ibu N selaku guru PAI di SMAN 5 OKU pada tanggal 6 Januari 2023 pukul 08.25 WIB, n.d.
Hasil wawancara dengan RAS selaku siswa di SMAN 5 OKU pada tanggal 5 Januari 2023 pukul 09.00 WIB., n.d.
Herdiansyah, Haris. Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika, 2015.
Moleong., Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif,. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Puspitasari, G., Misyuraidah, M., Fauzi, M., & Syarnubi, S. (2019). Pembinaan Keagamaan Peserta Didik Muslim Oleh Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Yayasan Khatolik. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(4), 497-508.
Risna Kurniati dan Mardiah Astuti. “‘Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang.’” Jurnal Ilmiah PGMI Vol. 2 No. (2016).
Samiaji Sarosa. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Indeks, 2012.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Syarnubi, Syarnubi. "Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam dan Problematikanya: Studi Kasus di Fakultas Dakwah UIN-SUKA Yogyakarta." Tadrib 2.1 (2016): 151-178.
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5.1 (2019): 87-103.
Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1.1 (2019): 21-40.
Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, and Akmal Hawi. "Implementing Character Education in Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 77-94.
Wawancara dengan Ibu Nurhayati, S.Ag selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 OKU., n.d.

Downloads

How to Cite

STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN (FUN LEARNING) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (2023). Jurnal PAI Raden Fatah, 5(1), 78-92. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i1.17641