ANALISIS BENTUK KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.19109/pairf.v5i1.17668Keywords:
Forms of Parental Concern, Islamic Religious Education, ChildrenAbstract
This study aims to determine the form of parental concern for children in terms of implementing the values of Islamic religious education in Pulau Kampai Village, Kec. Kab. Langkat Kec. Pangkalan Susu. In this qualitative descriptive research, data was collected through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the form of concern that parents do for their children is guiding their children by taking direct action and participating in practice not only ordering, paying attention to children's learning, forbidding good morals to parents and others, motivating by helping and developing ways of learning their children, advising children about their rights and obligations as children who are obliged to serve their parents, as well as providing rewards and punishments to children. Supporting factors in the form of parents' awareness of the importance of religious education for children. The inhibiting factors faced by parents are that there are still people whose economic conditions are lacking, as well as media factors that influence children's mindsets. Data collection methods are carried out in three ways, namely observation, interviews, and documentation. Furthermore, the data analysis techniques that the researchers used were data reduction, data display, and conclusion-drawing verification. Then check the validity of the data is done by extending observations, increasing persistence in research, triangulation, and member checks.References
Abdurahman Al Nihwali. Ushulut Tarbiyah Islamiyah Wa Asalibha Fi Al Baitiwa Al Madrasatiwa Al Mujtama. Jakarta: Gema Insani Press, 2007.
Aniqotsunainy, Desy, dan Nurhapsari Pradnya Paramytha. “Penguatan Keluarga Sakinah Bagi Ibu Muda Di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta.” Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 5, no. 1 (2016).
Darwin Bangun. “hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilits belajar, Dan Penggunan Waktu Belajar di Rumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi.” Ekonomi dan Pendidikan 5, no. 1 (2008).
Dedih, Ujang, Qiqi Yuliati Zakiyah, dan Jeri Oki Melina. “Perhatian Orang Tua Dalam Pendidikan KeagamaanAnak Di Rumah Hubungannya Dengan Perilaku Mereka Di Lingkungan Sekolah.” Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal 4, no. 1 (2019).
Elihami. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018).
Hanum, Atifah, dan Casmini. “Bimbingan Pribadi-Sosial untuk Self-Efficacy Siswa dan Implikasinya pada Bimbingan Konseling SMK Diponegoro Depok Sleman, Yogyakarta.” Jurnal Hisbah 12, no. 2 (2015).
Hengki Nurhuda. “Masalah-Masalah Pendidikan Nasional.” Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2020).
Ibrahim Bafadhol. “Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2017).
Ilma Aliya. “Analisis Kenakalan Remaja dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.” Jurnal Pendidikan 5 (2012).
Isna Mansur. Dirkursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2011.
Juhardin, Jamaluddin, dan Suharty Roslan. “Damapak Pola Asuh Orang TuaTerhadap Perilaku Anak.” Neo Societal 2 (2016): 151.
M. Casdasari. “Pengaruh Perhatian Orang Tu dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa ( Penelitian yang dikhususkan pada Prestasi Belajar Pilihan Progam Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004/2005.” Jurnal Pendidikan, n.d.
Moh. Solikodin Djaelani. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga DanMasyarakat.” Jurnal Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Kawula Indonesia (STIAKI) 1 (2013).
Muhammad Syaikhon. “Penanaman Nilai-Nilai Agama IslamPada Anak usia Dini.” Education and Human Development Journal 3, no. 1 (2018).
Nurrofiah, D. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Iklim Sekolah dan Perhatian Orang Tua TerhadapPrestasi Belajar Ekonomi Akuntansi UNILA.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2008.
saiful Bahri. Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Aama Islam Terhadap Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Mataram: Penerbit Lafadz jaya, 2021.
Siti Nur Qomariyah. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar menjahit Pada Siswa SMPN 2 Mojogedeng Kabupaten Kranganyar.” Jurnal Keluarga 1, no. 1 (2015).
Syarnubi, Syarnubi. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan.” Tadrib 5, no. 1 (2019): 87–103.
Umi Baroroh. “KONSEP REWARD DAN PUNISHMENT MENURUT IRAWATI ISTIADI (KAJIAN DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM).” JURNAL PENELITIAN AGAMA 19, no. 2 (2018).
Zulfah. “METODE RREWARD DAN PUNISHMENT DALAM PERSFEKTIF ISLAM.” IQRA:Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2021): 69.
Aniqotsunainy, Desy, dan Nurhapsari Pradnya Paramytha. “Penguatan Keluarga Sakinah Bagi Ibu Muda Di Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta.” Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 5, no. 1 (2016).
Darwin Bangun. “hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilits belajar, Dan Penggunan Waktu Belajar di Rumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi.” Ekonomi dan Pendidikan 5, no. 1 (2008).
Dedih, Ujang, Qiqi Yuliati Zakiyah, dan Jeri Oki Melina. “Perhatian Orang Tua Dalam Pendidikan KeagamaanAnak Di Rumah Hubungannya Dengan Perilaku Mereka Di Lingkungan Sekolah.” Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal 4, no. 1 (2019).
Elihami. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018).
Hanum, Atifah, dan Casmini. “Bimbingan Pribadi-Sosial untuk Self-Efficacy Siswa dan Implikasinya pada Bimbingan Konseling SMK Diponegoro Depok Sleman, Yogyakarta.” Jurnal Hisbah 12, no. 2 (2015).
Hengki Nurhuda. “Masalah-Masalah Pendidikan Nasional.” Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2020).
Ibrahim Bafadhol. “Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2017).
Ilma Aliya. “Analisis Kenakalan Remaja dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.” Jurnal Pendidikan 5 (2012).
Isna Mansur. Dirkursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2011.
Juhardin, Jamaluddin, dan Suharty Roslan. “Damapak Pola Asuh Orang TuaTerhadap Perilaku Anak.” Neo Societal 2 (2016): 151.
M. Casdasari. “Pengaruh Perhatian Orang Tu dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa ( Penelitian yang dikhususkan pada Prestasi Belajar Pilihan Progam Ilmu Pengetahuan Alam Kelas XI SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004/2005.” Jurnal Pendidikan, n.d.
Moh. Solikodin Djaelani. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga DanMasyarakat.” Jurnal Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Kawula Indonesia (STIAKI) 1 (2013).
Muhammad Syaikhon. “Penanaman Nilai-Nilai Agama IslamPada Anak usia Dini.” Education and Human Development Journal 3, no. 1 (2018).
Nurrofiah, D. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Iklim Sekolah dan Perhatian Orang Tua TerhadapPrestasi Belajar Ekonomi Akuntansi UNILA.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2008.
saiful Bahri. Faktor Pendukung dan Penghambat Pembinaan Aama Islam Terhadap Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Mataram: Penerbit Lafadz jaya, 2021.
Siti Nur Qomariyah. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar menjahit Pada Siswa SMPN 2 Mojogedeng Kabupaten Kranganyar.” Jurnal Keluarga 1, no. 1 (2015).
Syarnubi, Syarnubi. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan.” Tadrib 5, no. 1 (2019): 87–103.
Umi Baroroh. “KONSEP REWARD DAN PUNISHMENT MENURUT IRAWATI ISTIADI (KAJIAN DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM).” JURNAL PENELITIAN AGAMA 19, no. 2 (2018).
Zulfah. “METODE RREWARD DAN PUNISHMENT DALAM PERSFEKTIF ISLAM.” IQRA:Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2021): 69.
Downloads
Published
31-01-2023
Issue
Section
Articles
How to Cite
ANALISIS BENTUK KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ANAK. (2023). Jurnal PAI Raden Fatah, 5(1), 32-41. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i1.17668