PENERAPAN METODE KITABAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRIWATI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-FURQON PRABUMULIH
DOI:
https://doi.org/10.19109/pairf.v4i4.19006Keywords:
Application, Method, Kitabah, MemorizationAbstract
Pemilihan metode yang tepat dapat membuat siswa tidak cepat bosan belajar. Metode merupakan suatu proses sistematis dan teratur yang dilakukan guru dalam menyampaikan materi pada siswa. Tidak ada pembelajaran yang tidak menggunakan metode, sebab metode memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pembelajaran agar proses penyampaian ilmu dan materi dapat berjalan lancar dan efektif. Penelitian ini dengan judul “Penerapan Metode Kitabah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santriwati Kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Furqon Prabumulih”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif yang sangat kuat mengukur hubungan sebab akibat. Selanjutnya metode pengumpulan data dengan cara tes lisan dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan metode statistik tes “T” untuk dua sampel kecil yang satu sama lain saling berhubungan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa kualitas hafalan santriwati Kelas XI sebelum diterapkan metode kitabah yang tergolong tinggi sebanyak 8 santriwati atau (33,33%), yang tergolong sedang sebanyak 9 santriwati atau (37,5%), dan yang tergolong rendah sebanyak 7 santriwati atau (29,17%). Kualitas hafalan santriwati setelah diterapkan metode kitabah yang tergolong tinggi sebanyak 9 santriwati atau (37,5%), yang tergolong sedang sebanyak 12 santriwati atau (50%), dan yang tergolong rendah sebanyak 3 santriwati atau (12,5%). Kemudian, terdapat perbedaan kualitas hafalan santriwati Kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Furqon Prabumulih antara sebelum diterapkan metode kitabah dan sesudah diterapkan metode kitabah. Dengan demikian, penerapan metode kitabah dapat meningkatkan kualitas hafalan santriwati Kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Furqon Prabumulih.References
Abdulwaly, Cece. (2017). Mitos-Mitos Metode Menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Laksana.
Abdulwaly, Cece. (2019). Rahasia Dibalik Hafalan Para Ulama’. Jakarta: Laksana.
Abdurrahmansyah. (2022). Cakrawala Pendidikan Islam. Yogyakarta: PT Nas Media Indonesia.
Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah, Hamdan Sugilar, Ismail Ismail, dan Dewi Warna. (2022). Online Learning Pheonomenon: From The Persfective of Learning Facilities, Curiculum, and Character of Elementary School Students. Educ.Sci, 12, 1-18.
Alawiyah, Wiwi. (2015). Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilat. Yogyakarta: Diva Press,)
Aqib, Zainal dan Ali Murtadio. (2022). A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Aristanto, Eko, Syarif Hidayatullah, dan Ike Kusdyah Rachamawati. (2019). Taud Tabungan Akhirat: Persfektif “Kuttab Rumah Qur’an. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Aspani, Aspani. (2020). Implementasi Metode Menghafal dalam Menghafal Al-Qur'an Hadits di MTs Negeri 9 Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 7(1), 1-10.
El-Hosinah. (2019). Kiat Jitu Hafal Al-Qur’an Hanya 2 Tahun: Dengan Metode 20 Hari 1 Juz. Jember: CV Media Publishing
Gainu, Maryam B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Kanisius.
Hafsah, Hafsah. (2014). Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Pemberdayaan Madrasah). Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 29-38.
Ilyas dan Syahid. (2018) Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru, Pendidikan dan Ilmu-ilmu Keislaman, 4(1), 58-85.
Isramin dan Tamrin Telebe. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur'an: Sebuah Pengantar. Rausyan Fikr, 15(1), 113-129.
Misdar, Muh, Abdullah Idi, M Isnaini, Mardeli Mardeli, Zulhijra Zulhijra, dan Syarnubi Syarnubi. (2017). Proses Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Fatah Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 53-74. doi:10.19109/Tadrib.v5i1.3230
Rahim, Abd Rahman. (2020). Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Ramadhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rangkuti, Charles dkk. (2023). Mengembangkan Metode Menghafal Al-Qur'an (Pendekatan Kecerdasan Majemuk). Yogyakarta: PT Green Pustaka Indonesia.
Siyoto, Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudiyono, Anas. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sugiarto, Rachmat Morado. (2016). Menjadi Hafidz Mandiri. Yogyakarta: Maghza Pustaka
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5.1 (2019): 87-103.
Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1.1 (2019): 21-40.
Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, and Akmal Hawi. "Implementing Character Education in Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 77-94
Ulfatin, Nurul. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Waliko (2022). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Nusantara. Jawa Tengah: Wawasan Ilmu
Wicaksono, Andri. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Garudhawaca.
Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Abdulwaly, Cece. (2019). Rahasia Dibalik Hafalan Para Ulama’. Jakarta: Laksana.
Abdurrahmansyah. (2022). Cakrawala Pendidikan Islam. Yogyakarta: PT Nas Media Indonesia.
Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah, Hamdan Sugilar, Ismail Ismail, dan Dewi Warna. (2022). Online Learning Pheonomenon: From The Persfective of Learning Facilities, Curiculum, and Character of Elementary School Students. Educ.Sci, 12, 1-18.
Alawiyah, Wiwi. (2015). Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilat. Yogyakarta: Diva Press,)
Aqib, Zainal dan Ali Murtadio. (2022). A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Aristanto, Eko, Syarif Hidayatullah, dan Ike Kusdyah Rachamawati. (2019). Taud Tabungan Akhirat: Persfektif “Kuttab Rumah Qur’an. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
Aspani, Aspani. (2020). Implementasi Metode Menghafal dalam Menghafal Al-Qur'an Hadits di MTs Negeri 9 Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 7(1), 1-10.
El-Hosinah. (2019). Kiat Jitu Hafal Al-Qur’an Hanya 2 Tahun: Dengan Metode 20 Hari 1 Juz. Jember: CV Media Publishing
Gainu, Maryam B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Kanisius.
Hafsah, Hafsah. (2014). Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Pemberdayaan Madrasah). Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 29-38.
Ilyas dan Syahid. (2018) Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru, Pendidikan dan Ilmu-ilmu Keislaman, 4(1), 58-85.
Isramin dan Tamrin Telebe. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur'an: Sebuah Pengantar. Rausyan Fikr, 15(1), 113-129.
Misdar, Muh, Abdullah Idi, M Isnaini, Mardeli Mardeli, Zulhijra Zulhijra, dan Syarnubi Syarnubi. (2017). Proses Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Fatah Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 53-74. doi:10.19109/Tadrib.v5i1.3230
Rahim, Abd Rahman. (2020). Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Ramadhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rangkuti, Charles dkk. (2023). Mengembangkan Metode Menghafal Al-Qur'an (Pendekatan Kecerdasan Majemuk). Yogyakarta: PT Green Pustaka Indonesia.
Siyoto, Sandu. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudiyono, Anas. (2017). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sugiarto, Rachmat Morado. (2016). Menjadi Hafidz Mandiri. Yogyakarta: Maghza Pustaka
Syarnubi, Syarnubi. "Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Religiusitas Siswa Kelas IV di SDN 2 Pengarayan." Tadrib 5.1 (2019): 87-103.
Syarnubi, Syarnubi. "Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen)." Jurnal PAI Raden Fatah 1.1 (2019): 21-40.
Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, and Akmal Hawi. "Implementing Character Education in Madrasah." Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2021): 77-94
Ulfatin, Nurul. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative
Waliko (2022). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Nusantara. Jawa Tengah: Wawasan Ilmu
Wicaksono, Andri. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Garudhawaca.
Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
31-10-2022
Issue
Section
Articles
How to Cite
PENERAPAN METODE KITABAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRIWATI KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-FURQON PRABUMULIH. (2022). Jurnal PAI Raden Fatah, 4(4), 361-374. https://doi.org/10.19109/pairf.v4i4.19006