Penggunaan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Tata Cara Sholat di Taman Pendidikan AL-Qur’an

Authors

  • Calvin Surya Syah Putra Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ainun Nadlif Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.19109/pairf.v6i4.24175

Keywords:

Poster Learning Media, Snakes, Ladders, Qur'an Education

Abstract

This research is motivated by the use of learning media on prayer procedures that have not been maximized, thus causing students' incomprehension of the sequence of prayer procedures. Therefore, researchers try to use learning media in the form of Snakes and Ladders media which has advantages that can produce an interesting and interactive atmosphere for the learning process. The purpose of this study is to assess whether the use of snakes and ladders media can improve students' understanding of the basic sequence of basic prayers and student participation in prayer activities at TPQ Darul Taqwa Ganting Sidoarjo. This research uses descriptive qualitative method, the sample in this research is TPQ Darul Taqwa students. The results showed that the ability to understand the prayer procedures increased and significantly by using snakes and ladders media. The ability to understand the prayer procedures is shown by students with the ability to remember the prayer sequence when the educator asks to practice it.

References

Adiyono, Nurul Rohimah. “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Mts Negeri 1 Paser.” Journal Of Innovation Research And Knowledge 1, No. 5 (2021).

Ameliasari, Elsi, Eni Fariyatul Fahyuni, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Elsi Ameliasari, And Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Salat Menggunakan Media Ular Tangga Digital Corresponding Author :” 4, No. 2 (2024): 526–38.

Amrillah, Mafaza, And Ainun Nadlif. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Surah Luqman Ayat 12-19 Berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23, No. 3 (2023): 2570. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V23i3.4222.

Andriani, Rizki, Fitri Apriani, Siti Damayanti, Orita Satria, Yulfa Aulia, And Agus Irmansyah. “Game Ular Tangga: Media Edukatif Dan Persuasif Dalam Memilih Jajanan Sehat Bagi Anak Usia Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 1 (2023): 1–9. Https://Doi.Org/10.61142/Psnpm.V1.83.

Anggraeni, Nur Oktavia, Yunus Abidin, And Yona Wahyuningsih. “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital Pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Pipsi (Jurnal Pendidikan Ips Indonesia) 8, No. 1 (2023): 22. Https://Doi.Org/10.26737/Jpipsi.V8i1.3976.

Annam, Saiful, Supriyono Supriyono, And Rintis Rizkia Pangestika. “Efektivitas Pengembangan Media Ular Tangga Berbantuan Kartu Angka.” Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia 1, No. 1 (2021): 128–42. Https://Doi.Org/10.53754/Edusia.V1i1.89.

Anshori, F Al, And S Sukmawati. “Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pelita 1, No. 1 (2021): 28–36.

Asiah, Nur, Ayu Nur Shawmi, Silvi Megantara, And Djoko Rohadi Wibowo. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sd/Mi.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 8, No. 1 (2021): 9–18. Https://Doi.Org/10.24042/Terampil.V8i1.9130.

Budiyati, S. “Motivasi Belajar Pai Dengan Media Permainan Ular Tangga Bagi Anak Tunagrahita.” Al-Maziyah: Jurnal Pai Sekolah Luar Biasa 1, No. 1 (2022): 1–8.

Bungaria Febryani Simanjuntak, Rotua Samosir, And Uranus Zamili. “Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6.” Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat 2, No. 2 (2023): 204–14. Https://Doi.Org/10.55606/Jurrafi.V2i2.2014.

Daulay, Fenny Adnina, And Nana Ronawan Rambe. “Penerapan Media Ular Tangga Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Neger 2 Tehoru.” Indonesian Journal Of Teaching And Teacher Education 1 (2023): 34–39. Https://Doi.Org/10.58835/Ijtte.V3i1.196.

Ekawati, Dian, And Ahmad Arifin. “Pendekatan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Teori, Konsep, Dan Implementasi.” An Nabighoh 24, No. 1 (2022): 111. Https://Doi.Org/10.32332/An-Nabighoh.V24i1.4818.

Elva Yunianti; Syamsiah; Hasnaeni. “Upaya Peningkatan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Media Pembelajaran Ular Tangga.” ©Jp-3 Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Upaya 5, No. 3 (2023): 457.

Faisal, M. “Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Materi Sholat I’dain Siswa Kelas Iv Zubair Sd It Nurul I’lmi Padangsidimpuan,” 2022.

Faizah, Nunung, And Eni Fariyatul Fahyuni. “Manajemen Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Self Efficasy Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Academia Open 6 (2021): 1–9. Https://Doi.Org/10.21070/Acopen.6.2022.2324.

Fatikasari, Cindy, Fenny Roshayanti, Harto Nuroso, Progam Studi, Pendidikan Profesi, Progam Studi, And Magister Pendidikan. “Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Kelas 2 Sdn Plamongansari 02” 3 (2023): 8764–73.

Fatmawati, Dewi. “Penerapan Metode Permainan Edukatif Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sd It Rabbani Watampone.” Jurnal Al-Qayyimah 3, No. 2 (2020): 21–40. Https://Doi.Org/10.30863/Aqym.V3i2.1085.

Fauzi, Muhammad, Amini Rizki Suci Lestari, Syarnubi, Syarnubi, And Mukti Ali. “Pengaruh Berwudhu Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa.” In International Education Conference (IEC) FITK 2, No. 1 (2023): 108–22.

Haris, Abd, Universitas Islam, Zainul Hasan, Genggong Probolinggo, Ainul Yaqin, Universitas Islam, Zainul Hasan, Et Al. “Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Proses” 10 (N.D.): 212–22.

Hartinawanti, And Dina Firliana Nurddin. “Implementasi Modul Ajar Matematika Berbasis Media Ular Tangga Dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, No. 3 (2023): 28634–42.

Hidayat, Ponco Naufal. “Permainan Ular Tangga Untuk Anak Sekolah Dasar : Media Pembelajaran Bahasa Indonesia .” (Senassdra) Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora 1 (2022): 850–54.

Indryani. “Menghafalkan Bacaan Sholat Secara Kreatif Melalui Permainan Ular Tangga.” Pendidikan Inklusi Anak Usia Dinimeningkatkan Kreativitas Dan Kompetensi Guru Paud, No. November (2019): 685–89.

Lalah Nurjamilah, Tetin Nurfitri, Lukman Hamid. “Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Angka Di Ra Al-Ihya.” Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 2, No. 1 (2021): 27–32.

Lestari, Dina, Ika Candra Sayekti, And Siti Khanifah. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Ular Tangga Materi Jenis Sudut Kelas 3 Sdn 3 Temboro.” Educatif Journal Of Education Research 4, No. 3 (2022): 132–38. Https://Doi.Org/10.36654/Educatif.V4i3.213.

Lestari, Rizqi Citra, And Eni Fariyatul Fahyuni. “Implementation Of Video Animation Media For Ablution Materials To Improve Student” 06, No. 03 (2023): 535–46.

Mauliya, Afina. “Strategi Pembelajaran Akhlak Di Masa New Normal Pada Mata Pelajaran Pai Di Sekolah Dasar Melalui Model Hybrid Learning.” Proceeding Umsurabaya, 2021, 1–12.

Muara, Kecamatan, And Satu Kota. “Permainan Ular Tangga Modifikasi Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Siswa Sdn Gondang 3 Bojonegoro” 01, No. 05 (2021): 30–34.

Novyana, Richa. “Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Siswi Smp 6 Ternate Tentang Cara Mengatasi Nyeri Haid.” Jurnal Kebidanan 9, No. 2 (2020): 130–35. Https://Doi.Org/10.35890/Jkdh.V9i2.158.

Nurmasari, A R. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 2 …,” 2022.

Oktavia, Nadia, And Desyandri Desyandri. “Validitas Dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar Kota Padang.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 4, No. 2 (2021): 58. Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V4i2.112704.

Pebrianti, Riska, Drajat Friansah, And Andriana Sofiarini. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri 138 Lubuklinggau.” Jote: Journal On Teacher Education 4, No. 1 (2022): 1–8.

Pramono, Ridlo. “Indonesian Journal Of Teaching And Learning Pengembangan Media Pembelajaran Game Ular Tangga Digital Tentang Moderasi Beragama Di Man 2 Banjarnegara Ridlo Pramono Riwayat Artikel.” Indonesian Journal Of Teaching And Learning 2, No. 1 (2023): 97–104.

Puspitasari, Ratna, And Septiani Resmalasari. “Peran Guru Sebagai Figur Panutan Dalam Penerapan Keterampilan Saling Berbagi Di Era Disrupsi” 2, No. 2 (2022): 71.

Putri, Salsabila Januar, And Ainun Nadlif. “Penerapan Film Animasi Nussa Dan Rara Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak.” Research And Development Journal Of Education 9, No. 2 (2023): 1140. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V9i2.19240.

Rahmawati, Hafitza, And Zuraidah. “Penerapan Metode Demontrasi Bimbingan Shalat Dan Bacaan Sholat Usia 5 Tahun Menggunakan Media Gambar Di Tpq Nurul Huda 1 Bojonegoro.” Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, No. 2 (2021): 113–16.

Rivai, Irfan, Muflikhul Khaq, And Titi Anjarini. “Penerapan Media Ular Tangga Berbantuan Kartu Angka Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Ii.” Jurnal Kualita Pendidikan 3, No. 1 (2022): 31–37. Https://Doi.Org/10.51651/Jkp.V3i1.131.

Ruli, Efrianus. “Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak.” Jurnal Edukasi Nonformal Vol.1, No. No.1 (2020): Hlm.145.

Sakti, Abdul. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (Juprit) 2, No. 2 (2023): 212–19.

Setiawati, Eka, Mrs. Desri, And Elih Solihatulmilah. “Permainan Ular Tangga Dalam Mengingkatkan Kemampuan Moral Anak.” Jurnal Petik 5, No. 1 (2019): 85–91. Https://Doi.Org/10.31980/Jpetik.V5i1.494.

Setiawati, R, And Istiqamah. “Penggunaan Media Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Sastra Pada Sma/Ma Sederajat.” Konferensi Nasional Pendidikan I, No. 2011 (2021): 119–22.

Siregar, Nur Haizah. “Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: Jppp 1, No. 1 (2020): 38. Https://Doi.Org/10.30596/Jppp.V1i1.4454.

Sulistyarini, Winda, And Siti Fatonah. “Pengaruh Pemahaman Literasi Digital Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning.” Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia) 2, No. 1 (2022): 42–72. Https://Doi.Org/10.46229/Elia.V2i1.383.

Susanti, Rohmania N U R. “Penerapan Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Daya Tangkap Peserta Didik Pada Pembelajaran Al-Quran Di Tpq Al- Islah Semarang Skripsi Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan ( S . Pd .) Program Studi Pendidika,” 2022.

Syafria, Meila Noor, Ika Ari Pratiwi, And M. Syafruddin Kuryanto. “Pengaruh Media Ular Tangga Keberagaman Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ppkn Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, No. 5 (2023): 3111–17. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i5.5863.

Syarnubi, Syarnubi, Muhammad Fauzi, Baldi Anggara, Septia Fahiroh, Annisa Naratu Mulya, Desti Ramelia, Yumi Oktarima, And Iflah Ulvya. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama.” Prosiding Seminar Nasional Vol 1, No. 1 (2023): 113.

Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, And Akmal Hawi. “Implementing Character Education In Madrasah.” Jurnal Pendidikan Islam 7, No. 1 (2021): 77

Syipa, Mohamad, And Sutisna Sutisna. “Implementasi Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Dekstop Dengan Metode Mdlc Pada Majlis Ta’lim Raudhoh Al Ummahat Jakarta Barat.” Jurnal Sosial Teknologi 1, No. 7 (2021): 653–60. Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsostech.V1i7.153.

Wahyuni, Dewi. “Pengembangan Media Ular Tangga Tematik Pada Tema 4 Subtema 1 ‘ Jenis-Jenis Pekerjaan’ Di Sd Negeri 5 Sekayu.” 1, No. 4 (2022): 1–23.

Wati, Anjelina. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, No. 1 (2021): 68–73. Https://Doi.Org/10.33487/Mgr.V2i1.1728.

Zhou;, Zhiwei, Haiying Li;, And Yang Jia. “Engaruh Penyuluhan Melalui Media Dan Ular Tangga Edukatif Terhadap Pengetahua Sayur Dan Buah Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Penyuluhan Melalui Media Animasi Dan Ular Tangga Edukatif Terhadap Peningkatan.” Sustainability (Switzerland) 11, No. 1 (2019): 1–14.

Downloads

Published

30-10-2024

How to Cite

Penggunaan Media Ular Tangga pada Pembelajaran Tata Cara Sholat di Taman Pendidikan AL-Qur’an. (2024). Jurnal PAI Raden Fatah, 6(4), 885-896. https://doi.org/10.19109/pairf.v6i4.24175