PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 TULUNG SELAPAN KABUPATEN OKI

Authors

  • Martina Martina UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
  • Nyayu Khodijah UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
  • Syarnubi Syarnubi UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3235

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan lingkungan pendidikan utama yang kedua setelah kelurga. Siswa-siswi, guru administrator, konselor hidup bersama dan melaksanakan pendidikan secara teratur dan terencana dengan baik. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana keadaan lingkungan SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Adakah pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil 33 orang siswa dari seluruh siswa yang diantaranya 11 orang siswa dari kelas VII, 11 orang siswa dari kelas VIII dan 11 orang siswa dari kelas IX. Kemudian untuk memperoleh data peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisis data penelitian ini, maka peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik yaitu Mean (rata-rata), Standar Deviasi (SD), TSR, kemudian korelasi product moment dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil Uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten OKI. Hal ini dapat dilihat dari nilai “r” sebesar 0,539 dengan taraf signifikansi sebesar 0,355 (5%) dan 0,456 (1%). Dengan demikian “r” hitung 0,539 lebih besar dari “r” tabel baik pada signifikansi 5 % maupun 1 %. Kemudian perhitungan koefisien determinasi diperoleh R2 0,290 berarti hasil belajar siswa 29% dipengaruhi oleh lingkungan sekolah. Sehingga hipotesis alternatif Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 tulung Selapan Kabupaten OKI.

Published

16-04-2019

How to Cite

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 9 TULUNG SELAPAN KABUPATEN OKI. (2019). Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 164-180. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3235