HUBUNGAN BAKAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI TKA/TPA AL MUHAJIRIN UNIT. 769 PALEMBANG

Authors

  • Widesti Awliah UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
  • Musnur Hery UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3236

Keywords:

Bakat, Prestasi Belajar Santri

Abstract

Manusia mengenal “Empat Karunia Ilahi” (4 Human Endowment), atau bakat alami, yakni kesadaran diri, imajinasi, hati nurani, dan kehendak bebas. Dalam hal ini bakat merupakan interseksi dari faktor bawaan dan pengaruh lingkungan. Jadi apabila seseorang terlahir dengan suatu bakat khusus, jika dididik dan dilatih, bakat tersebut dapat berkembang dan dimanfaatkan secara optimal.          Pradigma tentang bakat sudah saatnya dirombak. Contoh konkret tersebut tak terkecuali juga melanda dunia pendidikan. Berapa persen siswa suatu sekolah punya kesempatan mengeksplorasi bakat-bakatnya. Paling-paling tak lebih dari 10 hingga 25 persen, selebihnya dipendam atau mengembangkan dengan cara sendiri yang belum tentu terarah dengan baik, hingga manfaatnya tidak terasa. Skripsi ini membahas tentang hubungan bakat dengan prestasi belajar santri di TKA/TPA Al Muhajirin Unit. 769 Palembang. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu bakat (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah santri TKA/TPA Al Muhajirin Unit. 769 Al Muhajirin yang berjumlah 118 santri. Dalam pengambilan sampel ditentukan 40% dari populasi penelitian ini diambil sebanyak 46 santri dan dalam pengambilan sampel tersebut menggunakan tratifed random sample berdasarkan ciri-ciri yang telah ditetapkan peneliti. Metode pengumpulan data menggunakan analisis statistik untuk mengetahui bakat dengan prestasi belajar santri dan mencari hubungan menggunakan rumus person product moment. Hasil analisis data yaitu Hubungan bakat dengan prestasi belajar santri di TKA/TPA Al Muhajirin Unit. 769 Palembang “r”; df = N-nr = 46-2 = 44. Dengan memeriksa tabel nilai “r” product moment ternyata bahwa dengan df sebesar 44, pada taraf signifikansi 5% diperoleh rtabel = 0,297, sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel = 0,384. Maka dapat diketahui bahwa rxy lebih besar dari pada rtabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf 1% atau 0,297 < 17,60> 0,384. Jadi Hipotesa Nol (Ho) ditolak. Berarti terdapat hipotesis alternatif (Ha) terbukti dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak artinya ada hubungan yang signifikansi antara bakat dengan prestasi belajar santri di TKA/TPA Al Muhajirin Unit. 769 Palembang.

Downloads

Published

16-04-2019

How to Cite

HUBUNGAN BAKAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SANTRI DI TKA/TPA AL MUHAJIRIN UNIT. 769 PALEMBANG. (2019). Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 181-196. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3236