AKTUALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH STUDI RESOLUSI KONFLIK DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
DOI:
https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3250Keywords:
Kooperatif, Jigsaw, Nilai-Nilai MultikulturalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mengaktualisasikan nilai-nilai multikultural, (2) mendeskripsikan aktualisasi nilai-nilai multikultural melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (3) mendeskripsikan kendala penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mengaktualisasikan nilai-nilai multikultural. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mengaktualisasikan nilai-nilai multikultural dilakukan melalui langkah-langkah, antara lain: menentukan materi, membagi mahasiswa ke dalam kelompok asal, membagi mahasiswa ke dalam kelompok ahli, menentukan skor awal, mempelajari materi pembelajaran, diskusi dan presentasi kelompok, tes, dan penghargaan kelompok; (2) Aktualisasi nilai-nilai multikultural mahasiswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktualisasi nilai multikultural mahasiswa rata-rata 65 dengan kategori kurang, pada siklus II aktualisasi nilai multikultural mahasiswa meningkat menjadi 77 dengan kategori cukup, dan pada siklus III aktualisasi nilai multikultural mahasiswa juga meningkat menjadi 88 dengan kategori baik; (3) Kendala penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam mengaktualisasikan nilai-nilai multikultural adalah perlunya manajerial yang baik dalam hal: kerjasama antara dosen dan mahasiswa, manajemen materi pembelajaran, manajemen kelompok, manajemen waktu, dan manajemen kelas.Downloads
Published
16-04-2019
Issue
Section
Articles
How to Cite
AKTUALISASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH STUDI RESOLUSI KONFLIK DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. (2019). Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 209-226. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3250