Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Kepada Santri
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Pesantren memiliki peran yang signifikan dalam lembaga pendidikan agama yang keberadaannya secara terus menerus diperlukan untuk menumbuhkan penyesuaian atau perbaikan perilaku dalam Tazkiyatun Nafs (penyucian hati) dan pendekatan diri kepada Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi pondok pesantren dengan santri dalam mengembangkan nilai-nilainya di pondok pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung.
Kajian ini dilakukan untuk mengklarifikasi rencana komunikasi Pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung. Karena merupakan organisasi keagamaan yang menawarkan pendidikan maka penulis memilih Pesantren Nurul Iman. Memiliki visi, misi, dan tujuan sebagai lembaga pendidikan Islam yang bergerak di bidang pendidikan, dan untuk mencapai tujuan tersebut Pondok Pesantren Nurul Iman menggunakan strategi komunikasi yang efektif, maka dari itu skripsi yang dibuat oleh penulis dengan judul “Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Kepada Santri” ini digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Ponpes Nurul Iman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, data-data dikumpulkan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Menanamkan Nilai Akhlak, Akhlak Santri.
Pesantren memiliki peran yang signifikan dalam lembaga pendidikan agama yang keberadaannya secara terus menerus diperlukan untuk menumbuhkan penyesuaian atau perbaikan perilaku dalam Tazkiyatun Nafs (penyucian hati) dan pendekatan diri kepada Allah SWT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi pondok pesantren dengan santri dalam mengembangkan nilai-nilainya di pondok pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung.
Kajian ini dilakukan untuk mengklarifikasi rencana komunikasi Pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung. Karena merupakan organisasi keagamaan yang menawarkan pendidikan maka penulis memilih Pesantren Nurul Iman. Memiliki visi, misi, dan tujuan sebagai lembaga pendidikan Islam yang bergerak di bidang pendidikan, dan untuk mencapai tujuan tersebut Pondok Pesantren Nurul Iman menggunakan strategi komunikasi yang efektif, maka dari itu skripsi yang dibuat oleh penulis dengan judul “Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Kepada Santri” ini digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Ponpes Nurul Iman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, data-data dikumpulkan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Menanamkan Nilai Akhlak, Akhlak Santri.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Kepada Santri. (2023). TABAYYUN, 4(1), 209-224. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i1.18378
Bagian
Articles
Cara Mengutip
Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Nurul Iman Desa Ujung Tanjung Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Kepada Santri. (2023). TABAYYUN, 4(1), 209-224. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i1.18378
Referensi
A.R Fadhal dan Syatibi, Pergeseran Literatur Pondok Pesantren Salafiyah Indonesia (Jakarta: Departemen Keagamaan RI,2006), hlm 29.
Abdurrahman Wahid, Pesantren sebagai Subkultur, dalam M. Dawam Raharjo, (Jakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan, 1988), cet, IV.
Achmad Muchaddan Fahham, Pendidikan Pesantren: Pola Asuh, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak, (Jakarta: Tim Publica Institute, 2020), hlm. 1-2
Aen Istianah Afiati, Komunikasi Persuasif dalam pembentukan Sikap pada pelatihan Pendidikan Militer Tamtama TNI AD di Sekolah Calon Tamtama Rindam IV Diponegoro Kebumen,(Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga 2015)
Ali Abdul Halim Mahmud, Karakteristik Umat Terbaik (Jakarta, Gema Insani, 1996), hlm. 114
Asnawati, Strategi Komunikasi (Bandung, Syiah Kuala Universiti Press, 16 Februari 2022) hlm. 4-5
Dahlia El Hiyaroh, Strategi Pembinaan Santri di Pondok Pesantren Manbaul Huda Desa Banjararum Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban,(Malang:UIN Maulana Malik Ibrahim 2018)
Dan O’Hair, Gustav W . Friedrich, Lynda Dee Dixon, Strategic Communication in Bussiness and the Professional, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009), hlm. 30
Deddy mulyana.Ilmu Komunikasi.(Bandung:PT Remaja Rosdakarya 2001), h.5
Hapied Canggara, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, ( Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, Januari 2017), hlm, 64.
Headari, Keteladanan Menanamkan Akhlak Pendidikan Kepada Anak, (Jakarta : 2017), H.254-255)
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1991), Hal 113.
Miss Rahanee Saree, strategi dakwah dalam membentuk karakter santri,(Semarang: UIN Walisongo).
Mujamil Qomar, Pesantren Transformasi metodologi demokrasi Institusi (Jakarta: Erlangga, 2005), hlm 4.
Nanang Martono, Metode Penelitian Sosial (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2015) h.65
Nur Apni Oktafia, Komunikasi Persuasif Guru dan Murid dalam Membentuk Akhlakul Karimah, Skripsi, (Makassar, UIN ALAUDDIN Makassar 2017)
Samsul Munir, rekontruksi pemikiran dakwah dakwah islam (Jakarta amzah,2008), h. 165.
Scot M. Cutlip Morissan, M.A, manajemen Public Relations (Jakarta: kencana Prenada Media group, 2010), hlm. 153
Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif(Bandung: Alfabeta,2014)h.28
Abdurrahman Wahid, Pesantren sebagai Subkultur, dalam M. Dawam Raharjo, (Jakarta: Lembaga Penelitian Pendidikan, 1988), cet, IV.
Achmad Muchaddan Fahham, Pendidikan Pesantren: Pola Asuh, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak, (Jakarta: Tim Publica Institute, 2020), hlm. 1-2
Aen Istianah Afiati, Komunikasi Persuasif dalam pembentukan Sikap pada pelatihan Pendidikan Militer Tamtama TNI AD di Sekolah Calon Tamtama Rindam IV Diponegoro Kebumen,(Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga 2015)
Ali Abdul Halim Mahmud, Karakteristik Umat Terbaik (Jakarta, Gema Insani, 1996), hlm. 114
Asnawati, Strategi Komunikasi (Bandung, Syiah Kuala Universiti Press, 16 Februari 2022) hlm. 4-5
Dahlia El Hiyaroh, Strategi Pembinaan Santri di Pondok Pesantren Manbaul Huda Desa Banjararum Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban,(Malang:UIN Maulana Malik Ibrahim 2018)
Dan O’Hair, Gustav W . Friedrich, Lynda Dee Dixon, Strategic Communication in Bussiness and the Professional, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009), hlm. 30
Deddy mulyana.Ilmu Komunikasi.(Bandung:PT Remaja Rosdakarya 2001), h.5
Hapied Canggara, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, ( Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, Januari 2017), hlm, 64.
Headari, Keteladanan Menanamkan Akhlak Pendidikan Kepada Anak, (Jakarta : 2017), H.254-255)
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1991), Hal 113.
Miss Rahanee Saree, strategi dakwah dalam membentuk karakter santri,(Semarang: UIN Walisongo).
Mujamil Qomar, Pesantren Transformasi metodologi demokrasi Institusi (Jakarta: Erlangga, 2005), hlm 4.
Nanang Martono, Metode Penelitian Sosial (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2015) h.65
Nur Apni Oktafia, Komunikasi Persuasif Guru dan Murid dalam Membentuk Akhlakul Karimah, Skripsi, (Makassar, UIN ALAUDDIN Makassar 2017)
Samsul Munir, rekontruksi pemikiran dakwah dakwah islam (Jakarta amzah,2008), h. 165.
Scot M. Cutlip Morissan, M.A, manajemen Public Relations (Jakarta: kencana Prenada Media group, 2010), hlm. 153
Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif(Bandung: Alfabeta,2014)h.28