BAHASA INGGRIS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi sekarang berkembang dengan pesat, Salah satunya adalah internet. Melalui internet, penyebaran berita dan informasi sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi laporan tercepat dari fakta atau gagasan terbaru yang akurat dan penting bagi masyarakat adalah berita. Lalu bagaimana jika berita yang diterima masyarakat tersebut adalah berita hoaks. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang sikap masyarakat dalam memahami berita hoaks di Desa Tanjung Merbu Kecamatan Rambutan dan darimana berita atau informasi tersebut didapatkan masyarakat. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, melalui aktivitas berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dijelaskan berdasarkan dua rumusan masalah yaitu: (1) Masyarakat Desa Tanjung Merbu dalam mendapatkan atau mengakses sebuah berita memiliki cara yang berbeda-beda, yaitu melalui televisi, radio, majalah, surat kabar, internet, facebook, instagram, dan whattsapp. (2) Sikap masyarakat Desa Tanjung Merbu mengenai berita hoaks beraneka ragam, yaitu dengan bersikap kritis seperti menyampaikan kepada orang lain jika berita tersebut hoaks agar masyarakat tidak mudah untuk percaya, tidak menyebarluaskan berita hoaks, dan tidak mengambil informasi dari berita hoaks yang dibaca, selain itu masih ada masyarakat yang bersikap tidak peduli dengan keberadaan berita hoaks.
Kata kunci: Berita, Hoaks, Sikap Masyarakat
Kata kunci: Berita, Hoaks, Sikap Masyarakat
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Bagian
Articles
Cara Mengutip
BAHASA INGGRIS. (2023). TABAYYUN, 4(1), 25-37. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i1.17445
Referensi
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hanurawan, Fattah. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Janner, dkk. 2019. Hoaks Dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif (Alih bahasa: Hasan Basari). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitati. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajeman. Bandung: ALFABETA.
Amalliah. 2018. “Persepsi Masyarakat Terhadap Fenomena Hoax Di Media On Line Pada Era Post Truth”. Jurnal AKRAB JUARA, 3(4), 8.
Ardiputra, Septiawan & Burhanuddinh. 2022. “Sosialisasi UU ITE No. 19 Tahun 2016 dan Edukasi Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial”. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(2), 713.
Aziz M.S, D. Nurrahman, J.E. Safitri. 2022. “Tips Dan Trik Antisipasi Hoax Di Era Digital”. Jurnal Community Development, 3(2), 577.
Bayunugraha, Iden Bardan. 2021. “Menaikkan Kesadaran Masyarakat Di Dadapan Terhadap Berita Hoaks Pada Masa Pandemi”. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 21(2), 168.
Dewi, Mariani. 2014. Gaya Bahasa Berita Media Online Di Indonesia: Judul Menarik Tidak Harus Tidak Baku. Jurnal Humaniora, 5(2), 1018.
Hadi S, Ika Brianti, dkk. 2021. “Agenda Setting Dalam Isu-Isu Kontemporer Di Seluruh Dunia”. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(1), 108.
Juditha, Christiany. 2018. “Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya”. Jurnal Pekommas, 3(1), 31-44.
Rani, Ni Luh Ratih Maha. 2013. “Persepsi Jurnalis Dan Praktisi Humas Terhadap Nilai Berita”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 93-94.
Salim, Agus, dkk. 2021. “Sosialisasi Memerangi Berita Hoaks Kepada Siswa SMA Kartika VIII-1 Jakarta”. Jurnal ABDIMAS BSI, 4(2), 312.
Sari, D.H., & Lulu C.M. 2020. “Evaluasi Kepuasan Pengguna Portal Berita Mengggunakan Usability Metric”. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(3), 293.
Subarjo, Abdul Haris & Wita Setianingsih. 2020. “Literasi Berita Hoaxs Di Internet Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Mahasiswa (Studi Tentang Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa STT Adisutjipto Yogyakarta)”. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 4.
Sumadiria, AS Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature: Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Zuchdi, Darmiyati. 1955. “Pembentukan Sikap”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), Tahun XIV, 52 dan 53.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.
Dior, Agustina M.M. 2022. Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Komunikasi Antarpribadi Pada Mahasiswa, (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hanurawan, Fattah. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Janner, dkk. 2019. Hoaks Dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif (Alih bahasa: Hasan Basari). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitati. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajeman. Bandung: ALFABETA.
Amalliah. 2018. “Persepsi Masyarakat Terhadap Fenomena Hoax Di Media On Line Pada Era Post Truth”. Jurnal AKRAB JUARA, 3(4), 8.
Ardiputra, Septiawan & Burhanuddinh. 2022. “Sosialisasi UU ITE No. 19 Tahun 2016 dan Edukasi Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial”. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 2(2), 713.
Aziz M.S, D. Nurrahman, J.E. Safitri. 2022. “Tips Dan Trik Antisipasi Hoax Di Era Digital”. Jurnal Community Development, 3(2), 577.
Bayunugraha, Iden Bardan. 2021. “Menaikkan Kesadaran Masyarakat Di Dadapan Terhadap Berita Hoaks Pada Masa Pandemi”. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 21(2), 168.
Dewi, Mariani. 2014. Gaya Bahasa Berita Media Online Di Indonesia: Judul Menarik Tidak Harus Tidak Baku. Jurnal Humaniora, 5(2), 1018.
Hadi S, Ika Brianti, dkk. 2021. “Agenda Setting Dalam Isu-Isu Kontemporer Di Seluruh Dunia”. Jurnal Teknologi Dan Informasi Bisnis, 3(1), 108.
Juditha, Christiany. 2018. “Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya”. Jurnal Pekommas, 3(1), 31-44.
Rani, Ni Luh Ratih Maha. 2013. “Persepsi Jurnalis Dan Praktisi Humas Terhadap Nilai Berita”. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 93-94.
Salim, Agus, dkk. 2021. “Sosialisasi Memerangi Berita Hoaks Kepada Siswa SMA Kartika VIII-1 Jakarta”. Jurnal ABDIMAS BSI, 4(2), 312.
Sari, D.H., & Lulu C.M. 2020. “Evaluasi Kepuasan Pengguna Portal Berita Mengggunakan Usability Metric”. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(3), 293.
Subarjo, Abdul Haris & Wita Setianingsih. 2020. “Literasi Berita Hoaxs Di Internet Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Mahasiswa (Studi Tentang Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa STT Adisutjipto Yogyakarta)”. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 4.
Sumadiria, AS Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature: Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Zuchdi, Darmiyati. 1955. “Pembentukan Sikap”. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), Tahun XIV, 52 dan 53.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.
Dior, Agustina M.M. 2022. Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Komunikasi Antarpribadi Pada Mahasiswa, (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.