SM STRATEGI DAN TAKTIK VISUALISASI INFOGRAFIS DALAM PENYAMPAIAN BERITA PADA AKUN INSTAGRAM @PINTERPOLITIK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau strategi dan taktik visualisasi infografis yang digunakan akun instagram @pinterpolitik dan meninjau perspektif followers pada akun Instagram @pinterpolitik dalam penyampaian berita. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan tentang fenomena infografis pada akun Instagram @pinterpolitik. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, data yang dikumpulkan melalui observasi dan studi dokumen. Data tersebut dianalisis menggunakan redukdi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi dan taktik visualisasi infografis yang digunakan akun instagram @pinterpolitik dalam penyampaian berita melibatkan tiga tahap penting dalam strateginya, yaitu perumusan, implementasi, dan evaluasi. Tahap perumusan yaitu pemilihan jenis media sosial yang digunakan dan kemampuan searching atau pencarian isu. Kedua tahap implementasi yaitu menghindari informasi yang terlalu panjang dan membosankan, memaksimalkan aspek corporate branding atau institusional branding, pengunggahan produk pada jam-jam prime time dan menggunakan konten visual yang menarik. Ketiga tahap evaluasi yaitu melakukan analisa atau melihat dari data yang ada mengenai engagement yang terjadi diakun media sosial @pinterpolitik. Dalam menjalankan proses taktik visualisasi infografis, @pinterpolitik memanfaatkan produk produk yang menjadi ide pokok dalam penyampaian berita yaitu Indepth, celoteh dan video. Perspektif followers terhadap berita yang disampaikan oleh akun @pinterpolitik dapat dilihat dari bertambahnya followers seiring berjalanya waktu, ini membuktikan bahwa konten yang disuguhkan akun instagram @pinterpolitik bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi pembaca. Selanjutnya informasi atau berita yang disuguhkan lebih banyak memiliki nilai kontroversial dan politik sehingga berpengaruh pada interaktivitas pembaca yang dapat dilihat melalui like, komentar dan share di setiap postingan.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
SM STRATEGI DAN TAKTIK VISUALISASI INFOGRAFIS DALAM PENYAMPAIAN BERITA PADA AKUN INSTAGRAM: @PINTERPOLITIK. (2023). TABAYYUN, 4(2), 394-406. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i2.19418
Bagian
Articles
Cara Mengutip
SM STRATEGI DAN TAKTIK VISUALISASI INFOGRAFIS DALAM PENYAMPAIAN BERITA PADA AKUN INSTAGRAM: @PINTERPOLITIK. (2023). TABAYYUN, 4(2), 394-406. https://doi.org/10.19109/tabayyun.v4i2.19418
Referensi
Amri Jhi, (1988). Komunikasi Massa dan Pembangunan Pedesaan di Negara-Negara Dunia Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia,
Dennis, Mc Quail. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Nurudin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sobur, Alex. (2004). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis
Soemanagara, Rizky. (2006). Strategi Communication. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Andi, Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development).
Tan, Alexis. (1981). Mass Communication Theories and Research. Colombus- Ohio: Grid Publishing Inc
Taufiqurokhman, (2016). Manajemen Strategik, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragam,
Vivian, J. (2015). Teori Komunikasi Massa Edisi Kedelapan. Jakarta: Prenadamedia Group
Yasir. (2009) pengantar Ilmu Komunikasi, Pekanbaru: Pusat Perkembangan Pendidikan Universitas Riau.
Jurnal
E. Karjaluoto, rilis 1 Maret (2018) (diakses 10 Oktober, pukul 14:42) “A Primer in Social Media”, issuu.com/midia8/docs/primer.
Fiorentina, Regia, Mayasari dan Fajar Hariyanto. (2018). “Analisis Framing Pemberitaan Reuni Akbar 212” “Analisis Framing Model Robert N Entman Media Online Kompas.com dengan Republika.co.id” Jurnal Politikom Indonesia 2 Edisi 26:150-157
Ilustrasi dalam desain komunikasi visual, rilis 20 Maret (2018) http://dkv.binus.ac.id /2015/10/12/fotografi-sebagai ilustrasi.
Mansur, Hamsi dan Rafiudin. Jurnal Komunikasi Pendidikan 4 no. 1 (2020): 37-48. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443. “Perkembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”.
Dennis, Mc Quail. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.
Nurudin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sobur, Alex. (2004). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis
Soemanagara, Rizky. (2006). Strategi Communication. Bandung. Penerbit Alfabeta.
Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Andi, Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development).
Tan, Alexis. (1981). Mass Communication Theories and Research. Colombus- Ohio: Grid Publishing Inc
Taufiqurokhman, (2016). Manajemen Strategik, Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragam,
Vivian, J. (2015). Teori Komunikasi Massa Edisi Kedelapan. Jakarta: Prenadamedia Group
Yasir. (2009) pengantar Ilmu Komunikasi, Pekanbaru: Pusat Perkembangan Pendidikan Universitas Riau.
Jurnal
E. Karjaluoto, rilis 1 Maret (2018) (diakses 10 Oktober, pukul 14:42) “A Primer in Social Media”, issuu.com/midia8/docs/primer.
Fiorentina, Regia, Mayasari dan Fajar Hariyanto. (2018). “Analisis Framing Pemberitaan Reuni Akbar 212” “Analisis Framing Model Robert N Entman Media Online Kompas.com dengan Republika.co.id” Jurnal Politikom Indonesia 2 Edisi 26:150-157
Ilustrasi dalam desain komunikasi visual, rilis 20 Maret (2018) http://dkv.binus.ac.id /2015/10/12/fotografi-sebagai ilustrasi.
Mansur, Hamsi dan Rafiudin. Jurnal Komunikasi Pendidikan 4 no. 1 (2020): 37-48. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443. “Perkembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa”.