Analisis Pengembangan Koleksi  dalam Meningkatkan kinerja Perpustakaan

Main Article Content

Sirri Filliyin Liyin
Halimatus Sa’diya
Titin Handayani

Abstract

Pengembangan koleksi merupakan aspek penting dalam meningkatkan kinerja perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pengembangan koleksi dalam meningkatkan kinerja perpustakaan melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Studi ini meneliti berbagai literatur yang terkait dengan pengembangan koleksi perpustakaan, termasuk jurnal, buku, dan artikel yang relevan. Pengembangan koleksi tidak hanya mencakup penambahan jumlah buku, tetapi juga melibatkan pemilihan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, penyediaan akses ke sumber daya digital, dan manajemen koleksi yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan yang berhasil mengembangkan koleksinya secara berkelanjutan cenderung memiliki tingkat kepuasan pengguna yang lebih tinggi, peningkatan jumlah kunjungan, dan penggunaan sumber daya yang lebih optimal. Selain itu, perpustakaan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam menyediakan layanan yang relevan dan up-to-date bagi penggunanya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan koleksi yang terencana dan terstruktur dapat meningkatkan kinerja perpustakaan secara signifikan. Oleh karena itu, perpustakaan harus terus berupaya mengembangkan koleksinya dengan memperhatikan kebutuhan dan preferensi pengguna, serta mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Rekomendasi untuk perpustakaan adalah melakukan evaluasi rutin terhadap koleksi yang ada, mengidentifikasi kebutuhan pengguna secara berkala, dan mengalokasikan sumber daya yang memadai untuk pengembangan koleksi. Dengan demikian, perpustakaan dapat berfungsi secara optimal sebagai pusat informasi dan pengetahuan yang mendukung proses pembelajaran dan penelitian.
 

Article Details

How to Cite
Liyin, S. F., Sa’diya, H., & Handayani, T. (2024). Analisis Pengembangan Koleksi  dalam Meningkatkan kinerja Perpustakaan. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 126-138. https://doi.org/10.19109/tadwin.v5i2.23433
Section
Articles

How to Cite

Liyin, S. F., Sa’diya, H., & Handayani, T. (2024). Analisis Pengembangan Koleksi  dalam Meningkatkan kinerja Perpustakaan. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 126-138. https://doi.org/10.19109/tadwin.v5i2.23433

References

Amarasekara, K. M. R. K., & Marasinghe, M. M. I. K. (2020). User Satisfaction on library resources and services: survey conducted in main library of the Open University of Sri Lanka. Journal of the University Librarians Association of Sri Lanka, 23(2). DOI 10.4038/jula.v23i2.8007

Azkia, A., Panjaitan, D. S., Hanif, F., & Rahmadani, R. (2021). PENGENALAN LITERASI DIGITAL SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 8(2). DOI 10.24114/jtikp.v8i2.31379

Bangsawan, M. I. P. R. (2024). Panduan Praktis Pengelolaan Perpustakaan. Pustaka Adhikara Mediatama. https://books.google.co.id/books?id=dJj5EAAAQBAJ

Fitriyani, D. N., & Ati, S. (2017). ANALISIS PENGEMBANGAN KOLEKSI E-JOURNAL DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 91-100. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23028

Hamad, F., Al-Aamr, R., Jabbar, S. A., & Fakhuri, H. (2021). Business intelligence in academic libraries in Jordan: Opportunities and challenges. IFLA journal, 47(1), 37-50. DOI 10.1177/0340035220931882

Hassinger-Das, B., Zosh, J. M., Hansen, N., Talarowski, M., Zmich, K., Golinkoff, R. M., & Hirsh-Pasek, K. (2020). Play-and-learn spaces: Leveraging library spaces to promote caregiver and child interaction. Library & Information Science Research, 42(1), DOI 10.1016/j.lisr.2020.101002

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1). DOI 10.15575/isema.v5i1.6151

Hussain, A. (2020). Industrial revolution 4.0: implication to libraries and librarians. Library hi tech news, 37(1), 1-5. DOI 10.1108/LHTN-05-2019-0033

Iztihana, A., & Arfa, M. (2020). Peran Pustakawan MTs N 1 Jepara Dalam Upaya Mengembangkan Minat Kunjungan Siswa Pada Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(1), 93-103. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/29974

Kato, A., Kisangiri, M., & Kaijage, S. (2021). A review development of digital library resources at university level. Education Research International, 2021(1), 8883483. 3 DOI 10.1155/2021/8883483

Mahardhani, A. J., Diana, I., Aji, A. P., Nurcahyani, M. U., Ahmad, M. A., & Ruqoiyati, Y. (2021). AKTUALISASI SISTEM PERPUSTAKAAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SDN JATIMULYO 02 KOTA MALANG. Publication Library and Information Science, 5(2) DOI 10.24269/pls.v5i2.4007

Mehta, D., & Wang, X. (2020). COVID-19 and digital library services–a case study of a university library. Digital library perspectives, 36(4), 351-363. DOI 10.1108/DLP-05-2020-0030

Moustapha, A. A., & Abubakar, J. B. (2023). Develop collections as a panacea to promote effective use of library resources in academic libraries. American Journal of Information Science and Technology, 7(1), 9-19. DOI 10.11648/j.ajist.20230701.12

Mwilongo, K. J., Luambano, I., & Lwehabura, M. J. (2020). Collection development practices in academic libraries in Tanzania. Journal of Librarianship and information science, 52(4), 1152-1168. DOI 10.1177/0961000620907961

Nugraha, R. B., Darmiyanti, A., & Abidin, J. (2023). Pengaruh Manajemen Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 399–413. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3536

Nuryaman, N. (2022). Memahami Konsep Pustakawan Subjek. Al Maktabah, 20(1), 80–97. DOI 10.15408/almaktabah.v20i1.24176

Okwu, E., Okwu, N. E., & Oladokun, B. D. (2024, May). New Technological trends and application in libraries: An overview. In Seminars in Medical Writing and Education (Vol. 3, pp. 64-64). DOI 10.56294/mw202464

Rahadi, J., & Yusufhin, F. (2019). Pentingnya Pengindeksan Koleksi Dalam Proses Temu Balik Informasi Di Perpustakaan. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 25(1), 64–71. DOI 10.30631/nazharat.v25i1.11

Rahman, R. M., & Khare, V. P. (2020). Electronic Resources Collection Development in University Libraries in the Digital Period: A Theoretical Study, 7(2). DOI 10.5958/2348-1773.2020.00015.6

Smith, J. (2020). Information in crisis: Analysing the future roles of public libraries during and post-COVID-19. Journal of the Australian Library and Information Association, 69(4), 422-429. DOI 10.1080/24750158.2020.1840719

Sriwijayanti, R., Hariyanto, B., & Sari, M. (2023). PERPUSTAKAAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI SDN KALISALAM 1 PROBOLINGGO. Jurnal Abdi Panca Marga, 4(2), 65 - 71. DOI 10.51747/abdipancamarga.v4i2.1598

Suaidah, Z., & Arfa, M. (2023). Konsep Layanan Fee Based Dalam Lembaga Nonprofit Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. 7(1), 97–109. DOI 10.14710/anuva.7.1.97-109

Sudirman Anwar, M. P. I. C. H. C. I., Dr. Said Maskur, M. A., & Muhammad Jailani, S. P. I. (2019). Manajemen Perpustakaan. Zahen Publisher. https://books.google.co.id/books?id=f-GKDwAAQBAJ

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D.

Syafrin Ngiode, & Mahmud, A. (2022). STUDI KORELASIONAL MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DENGAN MINAT LITERASI PESERTA DIDIK. Irfani (e-Journal), 17(2), 189–198. DOI 10.30603/ir.v17i2.2508

Ully Niken Fadhilah, Nur Alim, E. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan pada Pondok Pesantren. Al Ta’dib, 16(1), 1–11. DOI 10.31332/atdbwv16i1.6774

Wijoyo H. Widodo. (2018). Mengklasifikasi dan menentukan tajuk subjek bahan perpustakaan. Pustakawan Madya UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, 4, 1–13.

Winata, A. P., Fadelina, R., & Basuki, S. (2021). New normal and library services in Indonesia: A case study of university libraries. Digital Library Perspectives, 37(1), 77-84. DOI 10.1108/DLP-07-2020-0059