Strategi Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Era Digital

Main Article Content

Ainun Nurul Latifah
Halimatus Sa’diyah

Abstract

Perpustakaan digital saat ini memiliki peran yang sangat penting karena mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mengakses informasi yang cepat dan mudah. Di era digital, masyarakat mengandalkan teknologi untuk mengakses berbagai sumber informasi tanpa batasan waktu dan tempat. Perpustakaan digital mempermudah masyarakat dalam mencari buku, jurnal, dan media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan beberapacara yang efektif untuk mengelola perpustakaan agar lebih menarik minat baca masyarakat di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendektan studi pustaka.Peneliti mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan data dari perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca masyarakatdi Indonesia masih sangat rendah, dibandingkan dengan negara-negara majulainnya. Berdasarkan laporan World’s Most Literate Nations Ranked tahun 2016 menempatkan Indonesia di peringkat 60 dari 61 negara yang di survei. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca masyarakat seperti, kurangnya dukungan lingkungan dan keterbatasan akses terhadap buku. Untuk mengatasi masalah ini, perpustakaan harus mengadopsi strategi inovatif seperti digitalisasi koleksi, penyediaan akses online, dan pemanfaatan teknologi augmented reality (AR) serta virtual reality (VR). Implementasi teknologi ini bertujuan untuk membuat pengalaman membaca lebih interaktif dan menarik, terutama bagi generasi muda.

Article Details

How to Cite
Latifah, A. N., & Sa’diyah, H. (2024). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Era Digital. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 115-125. https://doi.org/10.19109/tadwin.v5i2.23512
Section
Articles

How to Cite

Latifah, A. N., & Sa’diyah, H. (2024). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Era Digital. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 115-125. https://doi.org/10.19109/tadwin.v5i2.23512

References

Aisyah, T. F. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 19–31. DOI 10.30829/iqra.v16i1.10312

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. jawa Barat: CV Jejak (Jejak Publisher). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

Andalas, E. F., & Setiawan, A. (2020). Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: UMMPress. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=tknWDwAAQBAJ

Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. DOI 10.31849/pb.v9i2.8859

Anwas, E. O. M., Afriansyah, A., Iftitah, K. N., Firdaus, W., Sugiarti, Y., Sopandi, E., & Hediana, D. (2022). Students' Literacy Skills and Quality of Textbooks in Indonesian Elementary Schools. International Journal of Language Education, 6(3), 233-244. DOI 10.26858/ijole.v6i3.32756

Aulianto, D. R. (2020). Inovasi perpustakaan melalui pemanfaatan teknologi augmented reality dan virtual reality di era generasi Z. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 3(1), 103–114. DOI 10.30999/n-jils.v3i1.482

Belvar, A. N., Lestari, R. V. A., Diba, F. F., & ZA, M. F. (2024). Problematika keterampilan membaca pada generasi Z. ARIMA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 195-204. DOI 10.62017/arima

Damaianti, V. S., Abidin, Y., & Rahma, R. (2020). Higher order thinking skills-based reading literacy assessment instrument: An Indonesian context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 513-525. DOI 10.17509/ijal.v10i2.28600

Dewi, A. O. P. (2019). Penggunaan Mobile Library untuk Perpustakaan Digital. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 151–155. DOI 10.14710/anuva.3.2.151-155

Diseiye, O., Ukubeyinje, S. E., Oladokun, B. D., & Kakwagh, V. V. (2024). Emerging technologies: Leveraging digital literacy for self-sufficiency among library professionals. Metaverse Basic and Applied Research, 3, 59-59. DOI 10.56294/mr202459

Hartono, H. (2017). Strategi pengembangan perpustakaan digital dalam membangun aksesibilitas informasi: Sebuah kajian teoritis pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 77. DOI 10.20885/unilib.vol8.iss1.art7

Hibatulloh, S., Sa’adah, N. L., & Marwan, I. (2023). Strategi Penumbuhan Minat Baca Remaja Melalui Modifikasi Cerita Rakyat. Journal of Education Research, 4(1), 267–275. DOI 10.37985/jer.v4i1.157

Husna, A. N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Anggraini, D. E., Anwar, R., & Utomo, R. (2021). Program literasi digital untuk pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di desa sedayu, muntilan, magelang. Community Empowerment, 6(2), 156–166. DOI 10.31603/ce.4259

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan budaya membaca siswa melalui literasi digital dalam pembelajaran dan program literasi sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. DOI 10.31004/basicedu.v6i3.2996

Iqbal, R., Kusuma, M. E.-K., Yunita, I., & Dinasta, A. G. (2022). Mobile Library: One Inovation of Literacy Information Reference. LIBRIA, 14(1), 35–36. DOI 10.22373/14607

Jamil, M. (2018). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) di Perpustakaan. Buletin Perpustakaan, 1(1), 99–113. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/11503/8674

Johan, R. C., Silvana, H., & Sulistyo, H. (2017). Aplikasi Mobile Perpustakaan Sekolah. Pedagogia, 14(3), 499–509. DOI 10.17509/pedagogia.v14i3.5913

Kartikasari, E., & Nuryasana, E. (2022). School literacy movement program in elementary school, Indonesia: Literature review. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(3), 336-341. DOI 10.11591/edulearn.v16i3.20383

Mansyur, U. (2019). Gempusta: Upaya meningkatkan minat baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, December, 203–207.

Martzoukou, K. (2021). Academic libraries in COVID-19: a renewed mission for digital literacy. Library management, 42(4/5), 266-276. DOI 10.1108/LM09-2020-0131

Mulyadi. (2021). Pengelolaan Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLIMS) - Rajawali Pers. Depok: PT. RajaGrafindo Persada. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=ttsaEAAAQBAJ

Oktavia, S. (2019). Peran perpustakaan dan pustakawan dalam menghadapi generasi digital native. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 84–86. DOI 10.17977/um008v3i12019p081

Panda, S., & Kaur, N. (2023). Exploring the viability of ChatGPT as an alternative to traditional chatbot systems in library and information centers. Library hi tech news, 40(3), 22-25. DOI 10.1108/LHTN-02-2023-0032

Pramesworo, I. S., Sembiring, D., Sarip, M., Lolang, E., & Fathurrochman, I. (2023). Identification of New Approaches to Information Technology-Based Teaching for Successful Teaching of Millennial Generation Entering 21st Century Education. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 8(1), 350-370. DOI 10.25217/ji.v8i1.2722

Pitoyo, A. (2020). A meta-analysis: Factors affecting students’ reading interest in Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(7), 83-92. DOI 10.18415/ijmmu.v7i7.1727

Putri, S. (2020). Pemanfaatan internet untuk meningkatkan minat baca Mahasiswa PLS IKIP Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 91–96. DOI 10.22460/comm-edu.v3i2.3700

Ramadhan, R. (2023). Pengelolaan Perpustakaan Digital Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 21–31. DOI 10.31849/pb.v10i1.11270

Rangkuti, L. A. (2012). Penerapan digitalisasi untuk perpustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 6(02), 59–64. http://repository.uinsu.ac.id/770/1/

Saputri, E. (2021). Peran Pemerintah dalam Meningkatkan Minat Baca Melalui Pojok Baca Digital (POCADI) di Kota Lhokseumawe, Aceh. Jurnal Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan (JIPKA), 1(1), 27–39. DOI 10.26418/jipka.v1i1.50488

Setiawan, H., Aji, S. M. W., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Rosyidah, A. N. K., & Gunayasa, I. B. K. (2021). Pemanfaatan Sumber Bacaan Berbasis Augmented Reality Untuk Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(1), 146–156. DOI 10.28926/briliant.v6i1.554

Setiyono, J. (2021). Organisasi Perpustakaan & Kepustakawanan. Yogyakarta: Azyan Mitra Media.

Setyawatira, R. (2020). Kondisi minat baca di Indonesia. Media Pustakawan, 16(1&2), 28–27. DOI 10.37014/medpus.v16i1&2.904

Shafiq, M., Gu, Z., Cheikhrouhou, O., Alhakami, W., & Hamam, H. (2022). The Rise of “Internet of Things”: Review and Open Research Issues Related to Detection and Prevention of IoT‐Based Security Attacks. Wireless Communications and Mobile Computing, 2022(1), 8669348. DOI 10.1155/2022/8669348

Sobirin, S., Hanafi, A. A., Hendra, H., Ari, M. R. A. A., & Sari, R. I. (2023). Manajemen Perpustakaan di Era Digital: Studi di SMKN 1 Cijulang. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 64–71. DOI 10.59996/cendib.v1i1.204

Sofyan, H. S., Lestari, G. D., Yusuf, A., & Yulianingsih, W. (2024). The Efforts of the City Corner Literacy Community to Increasing Children's Interest in Reading. Lembaran Ilmu Kependidikan, 53(2), 224-232. DOI 10.15294/lik.v53i2.14708

Strover, S., Whitacre, B., Rhinesmith, C., & Schrubbe, A. (2020). The digital inclusion role of rural libraries: social inequalities through space and place. Media, Culture & Society, 42(2), 242-259. DOI 10.1177/0163443719853504

Sudirman Anwar, M. P. I. C. H. C. I., Dr. Said Maskur, M. A., & Muhammad Jailani, S. P. I. (2019). Manajemen Perpustakaan. Riau: Zahen Publisher. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=f-GKDwAAQBAJ

Sugiono, S. (2021). Peran gawai mobile dalam mendukung layanan informasi perpustakaan digital yang terpersonalisasi. BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 42(1), 105. DOI 10.14203/j.baca.v42i1.763

Toya, J. (2023). Evolusi Perpustakaan Dari Tradisional Ke Digital. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 56–64. DOI 10.51278/aj.v5i2.580

Trisiana, A. (2020). Digital literation models for character Education in globalization era. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 22-31. DOI 10.18510/hssr.2020.8164

Wibowo, H. S. (2023). Pedoman Perpustakaan: Panduan Praktis Mengelola Perpustakaan. Semarang: Tiram Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=sXezEAAAQBAJ

Wirahyuni, K. (2017). Meningkatkan Minat Baca Melalui Permainan Teka Teki Silang dan ‘Balsem Plang.’ ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 1–11. DOI 10.23887/ap.v3i1.12731

Yahya, R. N., Jannah, A. N., & Prihantini, P. (2021). Pengelolaan Perpustakaan dalam Mengembangkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 74–79. DOI 10.31004/aulad.v4i3.161