Analisis Perbandingan Efektivitas Pemanfaatan Sumber Informasi Di Perpustakaan Fisik Dan Digital

Main Article Content

Astri Norisa Irfandari
Halimatus Sa'diyah

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap penyediaan dan akses informasi, dengan perpustakaan digital muncul sebagai alternatif dari perpustakaan fisik konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pemanfaatan sumber informasi di perpustakaan fisik dan perpustakaan digital, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Informan dipilih melalui teknik random sampling, sementara lokasi penelitian ditentukan dengan teknik random area. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua jenis perpustakaan memiliki kelebihan dan tantangan masing-masing dalam penyediaan akses terhadap sumber informasi. Perpustakaan fisik unggul dalam menyediakan suasana yang kondusif untuk membaca dan mempelajari informasi secara mendalam, namun terbatas dalam hal jam operasional dan ruang penyimpanan. Sebaliknya, perpustakaan digital menawarkan akses yang lebih luas dan fleksibel, tetapi bergantung pada ketersediaan infrastruktur teknologi dan keterampilan digital pengguna. Faktor-faktor seperti usia, latar belakang pendidikan, dan preferensi pribadi juga ditemukan mempengaruhi pola pemanfaatan sumber informasi.Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam tentang perilaku pencarian informasi di era digital dan memberikan implikasi praktis bagi pengembangan layanan perpustakaan yang lebih efektif. Temuan penelitian menyoroti pentingnya pendekatan terintegrasi yang memaksimalkan kelebihan kedua jenis perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang beragam dari masyarakat.

Article Details

How to Cite
Irfandari, A. N., & Sa'diyah, H. (2024). Analisis Perbandingan Efektivitas Pemanfaatan Sumber Informasi Di Perpustakaan Fisik Dan Digital. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 97-110. https://doi.org/10.19109/tadwin.v5i2.23517
Section
Articles

How to Cite

Irfandari, A. N., & Sa'diyah, H. (2024). Analisis Perbandingan Efektivitas Pemanfaatan Sumber Informasi Di Perpustakaan Fisik Dan Digital. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 97-110. https://doi.org/10.19109/tadwin.v5i2.23517

References

Abidin, Z., Arizona, K., Barat, N. T., & Fisika, T. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurna Jurnall Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. DOI 10.29303/jipp.v5i1.111

Ali, M. Y., & Gatiti, P. (2020). The COVID‐19 (Coronavirus) pandemic: reflections on the roles of librarians and information professionals. Health information & libraries journal, 37(2), 158-162. DOI 10.1111/hir.12307

Ali, S., Habes, M., Youssef, E., & Alodwan, M. (2021). A cross-sectional analysis of digital library acceptance, & dependency during Covid-19. International Journal of Computing and Digital System. DOI 10.12785/ijcds/1001125

Ashiq, M., Rehman, S. U., & Mujtaba, G. (2021). Future challenges and emerging role of academic libraries in Pakistan: A phenomenology approach. Information Development, 37(1), 158-173. DOI 10.1177/0266666919897410

Asif, M., & Singh, K. K. (2020). Trends, opportunities and scope of libraries during Covid-19 pandemic. IP Indian Journal of Library Science and Information Technology, 5(1), 24-27. DOI 10.18231/j.ijlsit.2020.005

Begum, D., Roknuzzaman, M., & Shobhanee, M. E. (2022). Public libraries’ responses to a global pandemic: Bangladesh perspectives. IFLA journal, 48(1), 174-188. DOI 10.1177/03400352211041138

Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 02(1), 14. DOI 10.15548/jib.v2i1.25

Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem informasi perpustakaan online berbasis web. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 5(2), 29–36. DOI 10.35793/jtek.v5i2.11657

Hider, P., Garner, J., Wakeling, S., & Jamali, H. R. (2023). “Part of my daily life”: The importance of public libraries as physical spaces. Public Library Quarterly, 42(2), 190-219. DOI 10.1080/01616846.2022.2092347

Kato, A., Kisangiri, M., & Kaijage, S. (2021). A review development of digital library resources at university level. Education Research International, 2021(1), 8883483. DOI 10.1155/2021/8883483

Marleni, M., Rodin, R., & Martina, A. (2022). Preservasi konten fisik dan digital pada perpustakaan perguruan tinggi. Daluang: Journal of Library and Information Science, 2(2), 82–92. DOI 10.21580/daluang.v2i2.2022.13080

Martzoukou, K. (2021). Academic libraries in COVID-19: a renewed mission for digital literacy. Library management, 42(4/5), 266-276. DOI 10.1108/LM09-2020-0131

Mawhinney, T. (2020). User preferences related to virtual reference services in an academic library. The Journal of Academic Librarianship, 46(1), 102094. DOI 10.1016/j.acalib.2019.102094

Mehta, D., & Wang, X. (2020). COVID-19 and digital library services–a case study of a university library. Digital library perspectives, 36(4), 351-363. DOI 10.1108/DLP-05-2020-0030

Mishna, F., Milne, E., Bogo, M., & Pereira, L. F. (2021). Responding to COVID-19: New trends in social workers’ use of information and communication technology. Clinical Social Work Journal, 49, DOI 10.1007/s10615-020-00780-x

Nugraha, F. (2014). Analisa dan perancangan sistem informasi perpustakaan. Simetris: Jurnal teknik mesin, elektro dan ilmu komputer, 5(1), 27–32. DOI 10.24176/simet.v5i1.132

Panudju, A. T., Bhayangkara, U., Raya, J., Nurbaiti, S., Kesehatan, P., Semarang, K., Kalalinggi, S. Y., Raya, U. P., & Pd, M. (2024). Metodologi penelitian (Nomor February).

Pokorná, L., Indrák, M., Grman, M., Stepanovsky, F., & Smetánková, M. (2020). Silver lining of the COVID-19 crisis for digital libraries in terms of remote access. Digital Library Perspectives, 36(4), 389-401. DOI 10.1108/DLP-05-2020-0026

Rahayu, S. (2017). Mengenal perpustakaan perguruan tinggi lebih dekat. Buletin Perpustakaan, 57, 103–110. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9109

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95. DOI 10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rodin, R. (2018). Peran Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Curup dalam Pengembangan Masyarakat Ilmiah Kampus. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 85–108. DOI 10.29240/tik.v2i2.550

Sa’diyah, H. (2016). PERAN AGAMA ISLAM DALAMPERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 3(2), 195–216. DOI 10.19105/islamuna.v3i2.1152

Smith, J. (2020). Information in crisis: Analysing the future roles of public libraries during and post-COVID-19. Journal of the Australian Library and Information Association, 69(4), 422-429. DOI 10.1080/24750158.2020.1840719

Subrata, G. (2009). Perpustakaan Digital. Universitas Negri Malang. https://repository.um.ac.id/1297/1/Perpustakaan%20Digital.pdf

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suparmo, P. (2012). Menggagas kualitas perpustakaan perguruan tinggi. Visi Pustaka, 14(3), 51–59.

Tsekea, S., & Chigwada, J. P. (2021). COVID-19: strategies for positioning the university library in support of e-learning. Digital Library Perspectives, 37(1), 54-64. DOI 10.1108/DLP-06-2020-0058

Wang, C. H., & Wu, C. L. (2022). Bridging the digital divide: the smart TV as a platform for digital literacy among the elderly. Behaviour & Information Technology, 41(12), 2546-2559. DOI 10.1080/0144929X.2021.1934732

Widiasa, I. K. (2007). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Perpustakaan Sekolah, 1(1), 1–14.