Peranan Pengelola Perpustakaan dalam Menjalin Kemitraan dengan Guru Bidang Studi (Studi Analisis Pemanfaatan Koleksi Budaya Tradisonal Sumatera Selatan) di Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai peranan pengelola perpustakaan dalam menjalin kemitraan dengan guru dalam memanfaatkan koleksi budaya tradisional Sumatera Selatan pada layanan pojok budaya di Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, manfaat, kendala serta peranan yang diemban oleh pelaku kemitraan untuk melestarikan koleksi budaya tersebut, karena dengan mengetahui hal ini pelaku kemitraan dapat meningkatkan kualitas kegiatan dan melaksanakan pelestraian koleksi dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terus terang atau tersamar, dokumentasi, serta wawancara mendalam yang dilaksanakan bersama 2 orang pengelola perpustakaan dan 3 orang guru. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kemitraan ini masih kurang optimal karena masih diabaikan pentingnya sebuah perencanaan yang matang seperti pengadaan dokumen perencanaan dan dalam proses pelaksanaan minimnya pelaksanaan diskusi untuk membahas hal-hal yang terkait dengan kegiatan kemitraan sehingga kegiatan kemitraan ini hanya bermanfaat pada internal sekolah saja yakni sebagai pendukung proses belajar mengajar serta meningkatkan koleksi khusus perpustakaan mengenai budaya tradisional. Di samping itu, pelaku kemitraan telah menjalankan tugasnya masing-masing dengan cukup baik. Adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kemitraan ini secara umum adalah dalam hal ketersediaan ruang untuk koleksi budaya yang diadakan serta kegiatan seleksi yang dilaksanakan oleh pengelola perpustakaan.
Article Details
How to Cite
Sari, T. R., & Misroni, M. (2021). Peranan Pengelola Perpustakaan dalam Menjalin Kemitraan dengan Guru Bidang Studi (Studi Analisis Pemanfaatan Koleksi Budaya Tradisonal Sumatera Selatan) di Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.19109/tadwin.v2i1.8025
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
Sari, T. R., & Misroni, M. (2021). Peranan Pengelola Perpustakaan dalam Menjalin Kemitraan dengan Guru Bidang Studi (Studi Analisis Pemanfaatan Koleksi Budaya Tradisonal Sumatera Selatan) di Perpustakaan SMA Plus Negeri 17 Palembang. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.19109/tadwin.v2i1.8025