Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan)
Main Article Content
Abstract
Anies Rasyid Baswedan was the Governor of DKI Jakarta who always shares various information and policies on his personal Instagram account @anesbaswedan. This is because, in this era, Instagram is not only used to express oneself, but also to implement policy transparency and information disclosure with the aim of increasing public trust. One of which is Anies Rasyid Baswedan. Based on this, in this study, researchers looked at the dimensions of the epic model that were most influential in increasing public trust in the @aniesbaswedan Instagram account and saw the effectiveness of the @anesbaswedan Instagram account in increasing public trust based on the EPIC Model. The theory used in this study is the EPIC Model, which is a marketing communication effectiveness measurement tool developed by AC Nielson. This study uses a positivism paradigm with a quantitative approach. The analysis technique used is simple tabulation, the average score is then entered into the EPIC Model scale range. The results of this study indicate that the most influential dimension in this study is the Empathy dimension with a score of 4.26 and the Instagram account @anesbaswedan is declared effective based on an EPIC rate calculation of 4.05 in increasing public trust.
Article Details
How to Cite
Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik: (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan). (2023). Wardah, 24(1), 179-194. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17518
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik: (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan). (2023). Wardah, 24(1), 179-194. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17518
References
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Anton Wachidin Widjaja, Hendrawan Supratikno. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif, Strategi, Program dan Teknik Pengukuran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Dwi, Rutuana Wahyuningsih. Membangun Kepercayaan Publik Melalui Kebijakan Sosial Inklusif. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 15 Nomor 1. Juni 2011.
E, Riatya Widi. Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Jurnal Kedokteran Gigi Unej. Volume 8 Nomor 1. Juni 2011.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mix Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Nisrina, M. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis. 2015
Pancaningrum, Erminati, Dwi Kartika Sari. Analisa Epic Model: Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek di Televisi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara. Volume 2 Nomor 1. Juni 2019..
Sian, Yet dan Paham Ginting. Analisis Efektivitas Iklan TV Sirup Markisa dengan Pendekatan EPIC Model PT. Majujaya Pohon Pinang pada Konsumen Swalayan Macam Yaohan Merek Jingga Medan. Jurnal Ekonomi Komunikasi. Volume 9 Nomor 1. Juni 2013.
Siyoto, Sandu, Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono dan Wibodo. Statistika Untuk Penelitian dan aplikasinya dengan SPSS 10.0 for Windows. Bandung: Alfabeta, 2002.
Wifalin, Michelle. Efektivitas Instagram Common Grounds. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. Volume 4 Nomor 1. Juni 2016.
Survei Sebut Anies Baswedan Gubernur Terburuk Tangani DKI, artikel diakses tanggal 7 Mei 2023 dari https://m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/290485-survei-sebut-anies-baswedan-gubernur-terburuk-tangani-dki
Dwi, Rutuana Wahyuningsih. Membangun Kepercayaan Publik Melalui Kebijakan Sosial Inklusif. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 15 Nomor 1. Juni 2011.
E, Riatya Widi. Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Jurnal Kedokteran Gigi Unej. Volume 8 Nomor 1. Juni 2011.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mix Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Nisrina, M. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis. 2015
Pancaningrum, Erminati, Dwi Kartika Sari. Analisa Epic Model: Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek di Televisi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara. Volume 2 Nomor 1. Juni 2019..
Sian, Yet dan Paham Ginting. Analisis Efektivitas Iklan TV Sirup Markisa dengan Pendekatan EPIC Model PT. Majujaya Pohon Pinang pada Konsumen Swalayan Macam Yaohan Merek Jingga Medan. Jurnal Ekonomi Komunikasi. Volume 9 Nomor 1. Juni 2013.
Siyoto, Sandu, Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono dan Wibodo. Statistika Untuk Penelitian dan aplikasinya dengan SPSS 10.0 for Windows. Bandung: Alfabeta, 2002.
Wifalin, Michelle. Efektivitas Instagram Common Grounds. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. Volume 4 Nomor 1. Juni 2016.
Survei Sebut Anies Baswedan Gubernur Terburuk Tangani DKI, artikel diakses tanggal 7 Mei 2023 dari https://m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/290485-survei-sebut-anies-baswedan-gubernur-terburuk-tangani-dki