Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Anies Rasyid Baswedan merupakan Gubernur DKI Jakarta yang selalu membagikan berbagai informasi dan kebijakannya pada akun instagram pribadinya @aniesbaswedan. Sebab di era ini, instagram tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan diri, namun banyak pihak yang menggunakannya untuk menerapkan transparansi kebijakan dan keterbukaan informasi dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik, salah satunya adalah Anies Rasyid Baswedan. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian ini, peneliti melihat dimensi epic model yang paling berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan publik pada akun instagram @aniesbaswedan dan melihat efektifitas akun Instagram @aniesbaswedan dalam meningkatkan kepercayaan publik berdasarkan EPIC Model tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah EPIC Model, yaitu alat pengukur efektivitas komunikasi pemasaran yang dikembangkan oleh AC Nielson. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah tabulasi sederhana, skor rata-rata yang kemudian dimasukkan ke dalam rentang skala EPIC Model. Hasil penelitian ini menunjukkan dimensi yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah dimensi Empathy dengan skor 4,26 dan akun instagram @aniesbaswedan dinyatakan efektif berdasarkan perhitungan EPIC rate sebesar 4,05 dalam meningkatkan kepercayaan publik.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik: (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan). (2023). Wardah, 24(1), 179-194. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17518
Terbitan
Bagian
Artikel
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik: (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan). (2023). Wardah, 24(1), 179-194. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17518
Referensi
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Anton Wachidin Widjaja, Hendrawan Supratikno. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif, Strategi, Program dan Teknik Pengukuran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Dwi, Rutuana Wahyuningsih. Membangun Kepercayaan Publik Melalui Kebijakan Sosial Inklusif. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 15 Nomor 1. Juni 2011.
E, Riatya Widi. Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Jurnal Kedokteran Gigi Unej. Volume 8 Nomor 1. Juni 2011.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mix Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Nisrina, M. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis. 2015
Pancaningrum, Erminati, Dwi Kartika Sari. Analisa Epic Model: Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek di Televisi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara. Volume 2 Nomor 1. Juni 2019..
Sian, Yet dan Paham Ginting. Analisis Efektivitas Iklan TV Sirup Markisa dengan Pendekatan EPIC Model PT. Majujaya Pohon Pinang pada Konsumen Swalayan Macam Yaohan Merek Jingga Medan. Jurnal Ekonomi Komunikasi. Volume 9 Nomor 1. Juni 2013.
Siyoto, Sandu, Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono dan Wibodo. Statistika Untuk Penelitian dan aplikasinya dengan SPSS 10.0 for Windows. Bandung: Alfabeta, 2002.
Wifalin, Michelle. Efektivitas Instagram Common Grounds. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. Volume 4 Nomor 1. Juni 2016.
Survei Sebut Anies Baswedan Gubernur Terburuk Tangani DKI, artikel diakses tanggal 7 Mei 2023 dari https://m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/290485-survei-sebut-anies-baswedan-gubernur-terburuk-tangani-dki
Dwi, Rutuana Wahyuningsih. Membangun Kepercayaan Publik Melalui Kebijakan Sosial Inklusif. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 15 Nomor 1. Juni 2011.
E, Riatya Widi. Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Jurnal Kedokteran Gigi Unej. Volume 8 Nomor 1. Juni 2011.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mix Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Nisrina, M. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis. 2015
Pancaningrum, Erminati, Dwi Kartika Sari. Analisa Epic Model: Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek di Televisi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara. Volume 2 Nomor 1. Juni 2019..
Sian, Yet dan Paham Ginting. Analisis Efektivitas Iklan TV Sirup Markisa dengan Pendekatan EPIC Model PT. Majujaya Pohon Pinang pada Konsumen Swalayan Macam Yaohan Merek Jingga Medan. Jurnal Ekonomi Komunikasi. Volume 9 Nomor 1. Juni 2013.
Siyoto, Sandu, Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono dan Wibodo. Statistika Untuk Penelitian dan aplikasinya dengan SPSS 10.0 for Windows. Bandung: Alfabeta, 2002.
Wifalin, Michelle. Efektivitas Instagram Common Grounds. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. Volume 4 Nomor 1. Juni 2016.
Survei Sebut Anies Baswedan Gubernur Terburuk Tangani DKI, artikel diakses tanggal 7 Mei 2023 dari https://m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/290485-survei-sebut-anies-baswedan-gubernur-terburuk-tangani-dki