Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan)

Isi Artikel Utama

Sri Prihatiningrum
Yopi Kusmiati

Abstrak

Anies Rasyid Baswedan merupakan Gubernur DKI Jakarta yang selalu membagikan berbagai informasi dan kebijakannya pada akun instagram pribadinya @aniesbaswedan. Sebab di era ini, instagram tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan diri, namun banyak pihak yang menggunakannya untuk menerapkan transparansi kebijakan dan keterbukaan informasi dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik, salah satunya adalah Anies Rasyid Baswedan. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam penelitian ini, peneliti melihat dimensi epic model yang paling berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan publik pada akun instagram @aniesbaswedan dan melihat efektifitas akun Instagram @aniesbaswedan dalam meningkatkan kepercayaan publik berdasarkan EPIC Model tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah EPIC Model, yaitu alat pengukur efektivitas komunikasi pemasaran yang dikembangkan oleh AC Nielson. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah tabulasi sederhana, skor rata-rata yang kemudian dimasukkan ke dalam rentang skala EPIC Model. Hasil penelitian ini menunjukkan dimensi yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah dimensi Empathy dengan skor 4,26 dan akun instagram @aniesbaswedan dinyatakan efektif berdasarkan perhitungan EPIC rate sebesar 4,05 dalam meningkatkan kepercayaan publik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik: (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan). (2023). Wardah, 24(1), 179-194. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17518
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

Efektivitas Akun Instagram @Aniesbaswedan Dalam Meningkatkan Kepercayaan Publik: (Analisis Epic Model Pada Akun Instagram @Aniesbaswedan). (2023). Wardah, 24(1), 179-194. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17518

Referensi

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Anton Wachidin Widjaja, Hendrawan Supratikno. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif, Strategi, Program dan Teknik Pengukuran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Dwi, Rutuana Wahyuningsih. Membangun Kepercayaan Publik Melalui Kebijakan Sosial Inklusif. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 15 Nomor 1. Juni 2011.
E, Riatya Widi. Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Jurnal Kedokteran Gigi Unej. Volume 8 Nomor 1. Juni 2011.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mix Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Nisrina, M. Bisnis Online, Manfaat Media Sosial dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis. 2015
Pancaningrum, Erminati, Dwi Kartika Sari. Analisa Epic Model: Mengukur Efektivitas Iklan Indomie Versi Ayam Geprek di Televisi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara. Volume 2 Nomor 1. Juni 2019..
Sian, Yet dan Paham Ginting. Analisis Efektivitas Iklan TV Sirup Markisa dengan Pendekatan EPIC Model PT. Majujaya Pohon Pinang pada Konsumen Swalayan Macam Yaohan Merek Jingga Medan. Jurnal Ekonomi Komunikasi. Volume 9 Nomor 1. Juni 2013.
Siyoto, Sandu, Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sugiyono dan Wibodo. Statistika Untuk Penelitian dan aplikasinya dengan SPSS 10.0 for Windows. Bandung: Alfabeta, 2002.
Wifalin, Michelle. Efektivitas Instagram Common Grounds. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. Volume 4 Nomor 1. Juni 2016.
Survei Sebut Anies Baswedan Gubernur Terburuk Tangani DKI, artikel diakses tanggal 7 Mei 2023 dari https://m.mediaindonesia.com/amp/amp_detail/290485-survei-sebut-anies-baswedan-gubernur-terburuk-tangani-dki