Komodifikasi Layanan Aqiqah di Media Sosial
Main Article Content
Abstract
This article focuses on the transformation of religious messages into service products that can be marketed on Instagram, the object of study is messages that contain aqiqah service modification, virtual audiences that interact in the @aqiqahnurulhayat account and aqiqah service partners who work to lead audiences to use the aqiqah services. This research is a qualitative research, conducted by using virtual ethnography method. This research reveals the occurrence of the commodification of religion in three ways; commodification of message content, commodification of virtual audiences and commodification of aqiqah service partners, all three of which can be seen from the images and messages posted on the @aqiqahnurulhayat account that have experienced acculturation of religious teachings with the rapid development of digital technology that shifts the lifestyle of middle class Muslims in celebrating the presence of children in the family
Article Details
How to Cite
Komodifikasi Layanan Aqiqah di Media Sosial. (2022). Wardah, 23(2), 172-200. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.14698
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Komodifikasi Layanan Aqiqah di Media Sosial. (2022). Wardah, 23(2), 172-200. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.14698
References
Aditya. “Aqiqah Nurul Hayat.” www.aqiqahnurulhayat.com. Artikel diakses 15 September 2022.
Aditya.“ Profil Instagram Aqiqah Nurul Hayat.” www.instagram.com. artikel diakses 15 September 2022.
Annur, Cindy Mutia. Shopee Catatkan GMV US$62, 5 Miliar pada Tahun 2021. Di akses pada 5
Oktober 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/16/shopee-catatkan-gmv-us625-miliar-pada-2021#:~:text=Platform%20e%2Dcommerce%20asal%20Singapura,sebesar%20US%2435%2C4%20miliar.2022.
Asrifin, An Nakhawie. Pentingnya Aqiqah. Semarang: Toha Putra, 2000.
Ahmad, Imam. Musnad Penduduk Bashrah No. hadist : 19225, Beirut: Darul Fikri,1994.
Asyhadi, Sokhi Muhamad. Fiqh Ibadah Versi Madzab Syafi‟i, Grobogan: Pondok Pesantren Fadllul Wahid, 2011.
Chaney, David. Lifestyles, Sebuah Pengantar Komprehensif. (Ed) IdiSubandy Ibrahim, Yogyakarta. Jalasutra, 2008.
Gede Munanto. “Terungkap Modus Penipuan Berkedok Hewan Qurban Dan Akikah
MurahTernyata Ini Dagingnya.” Di akses pada 1 Oktober 2022 dari https://wartakota.tribunnews.com/2019/08/10/terungkap-modus-penipuan-berkedok-hewan-kurban-dan-akikah-murah-ternyata-ini-asal-dagingnya.
Hine, Christine. Virtual Ethnography. London: Sage Publications, 2000.
Kittiarsa, Pattana (Ed). Religious Commodifications in Asia: Marketing Gods. 1st Edition, London. Routledge, 2007.
M. Ivan Mahdi. “Pengguna Media Sosial DI Indonesia Capai 191 Juta Pada Tahun 2022.” Artikel diakses pada 1 Oktober 2022 dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.
Mosco, Vincent. The Political Economy of communication, second edition. London. Sage Publishing L.Td, 2009.
M.Santoso, Widjajanti. “Komodifikasi Mode muslimah melalui Media Sosial”.
Masyarakat dan Budaya, Volume 17 No.3, 2015.
Monavia Ayu Rizaty. “Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat Di
Dunia.” Artikel diakses pada 2 Oktober 2022 dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia.
Nasrullah, Rulli. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana, 2014.
_____________. Etnografi Virtual, Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di
Internet, Bandung, Simbiosa Rekatama Media, 2017.
Nurfitriatus Shalihah. “Sejarah Instagtam Dan Awal Cerita Peluncurannya.” Artikel diakses pada 29 September 2022 dari https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/06/100500365/sejarah-instagram-dan-cerita-awal-peluncurannya?page=all.
Rahmat, Zaenal Abidin, Rahma ida. “Etnografi Virtual Sebagai Pengumpulan Data dan Metode Penelitian”. The Journal of Society & Media, Vol. 2, 2018. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index hal 136/
Republik Indonesia Departemen Agama. Al Quranul Karim Dan Terjemah. Bandung: PT. Syamil Cipta Media, 2017.
Samsul Bahry Harahap.”Aqiqah Dalam Islam”. Al Qisthu Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum Vol 11 Juli 2014 ISSN 1858-1099
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju, 2011.
Yuswohady.Marketing to the Middle Class Muslim . Jakarta: PT.Gramedia Pustaka
Utama, 2015.
Yunus, Muhamad. Kamus Arabiyyah-Indonesiah, Jakarta: Muhammad Yunus wal
Dzariyah, 1972.
Aditya.“ Profil Instagram Aqiqah Nurul Hayat.” www.instagram.com. artikel diakses 15 September 2022.
Annur, Cindy Mutia. Shopee Catatkan GMV US$62, 5 Miliar pada Tahun 2021. Di akses pada 5
Oktober 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/16/shopee-catatkan-gmv-us625-miliar-pada-2021#:~:text=Platform%20e%2Dcommerce%20asal%20Singapura,sebesar%20US%2435%2C4%20miliar.2022.
Asrifin, An Nakhawie. Pentingnya Aqiqah. Semarang: Toha Putra, 2000.
Ahmad, Imam. Musnad Penduduk Bashrah No. hadist : 19225, Beirut: Darul Fikri,1994.
Asyhadi, Sokhi Muhamad. Fiqh Ibadah Versi Madzab Syafi‟i, Grobogan: Pondok Pesantren Fadllul Wahid, 2011.
Chaney, David. Lifestyles, Sebuah Pengantar Komprehensif. (Ed) IdiSubandy Ibrahim, Yogyakarta. Jalasutra, 2008.
Gede Munanto. “Terungkap Modus Penipuan Berkedok Hewan Qurban Dan Akikah
MurahTernyata Ini Dagingnya.” Di akses pada 1 Oktober 2022 dari https://wartakota.tribunnews.com/2019/08/10/terungkap-modus-penipuan-berkedok-hewan-kurban-dan-akikah-murah-ternyata-ini-asal-dagingnya.
Hine, Christine. Virtual Ethnography. London: Sage Publications, 2000.
Kittiarsa, Pattana (Ed). Religious Commodifications in Asia: Marketing Gods. 1st Edition, London. Routledge, 2007.
M. Ivan Mahdi. “Pengguna Media Sosial DI Indonesia Capai 191 Juta Pada Tahun 2022.” Artikel diakses pada 1 Oktober 2022 dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.
Mosco, Vincent. The Political Economy of communication, second edition. London. Sage Publishing L.Td, 2009.
M.Santoso, Widjajanti. “Komodifikasi Mode muslimah melalui Media Sosial”.
Masyarakat dan Budaya, Volume 17 No.3, 2015.
Monavia Ayu Rizaty. “Pengguna Instagram Indonesia Terbesar Keempat Di
Dunia.” Artikel diakses pada 2 Oktober 2022 dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia.
Nasrullah, Rulli. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana, 2014.
_____________. Etnografi Virtual, Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di
Internet, Bandung, Simbiosa Rekatama Media, 2017.
Nurfitriatus Shalihah. “Sejarah Instagtam Dan Awal Cerita Peluncurannya.” Artikel diakses pada 29 September 2022 dari https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/06/100500365/sejarah-instagram-dan-cerita-awal-peluncurannya?page=all.
Rahmat, Zaenal Abidin, Rahma ida. “Etnografi Virtual Sebagai Pengumpulan Data dan Metode Penelitian”. The Journal of Society & Media, Vol. 2, 2018. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index hal 136/
Republik Indonesia Departemen Agama. Al Quranul Karim Dan Terjemah. Bandung: PT. Syamil Cipta Media, 2017.
Samsul Bahry Harahap.”Aqiqah Dalam Islam”. Al Qisthu Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum Vol 11 Juli 2014 ISSN 1858-1099
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju, 2011.
Yuswohady.Marketing to the Middle Class Muslim . Jakarta: PT.Gramedia Pustaka
Utama, 2015.
Yunus, Muhamad. Kamus Arabiyyah-Indonesiah, Jakarta: Muhammad Yunus wal
Dzariyah, 1972.