Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Profetik Oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar Melalui Media Digital
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tulisan ini mengkaji internalisasi nilai-nilai pendidikan profetik dalam dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar melalui media digital yang menjadi alternatif baru dalam dunia pendidikan. Media digital saat ini menjadi titik berkumpulnya individu dari segala bidang dan kepentingan, tidak dipungkiri juga dengan bidang pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan (library research). Studi pustaka sebagai metode pengumpulan data yang ditujukan untuk kepentingan pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, video, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Setelah data terkumpul, data diolah dengan menganalisis data yang telah ada untuk menjawab masalah penelitian. Content analysis method (metode analisis konten) merupakan metode yang dipilih untuk menganalisis data dalam penelitian ini dengan cara menafsirkan gagasan untuk dicari keterkaitannya dengan masalah yang diteliti. Hasil kajian diperoleh bahwa internalisasi nilainilai pendidikan profetik dalam dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar memenuhi indikator dari masing-masing pilar pendidikan profetik yaitu nilai humanisasi, nilai liberasi, dan nilai transendensi.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Profetik Oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar Melalui Media Digital. (2022). Wardah, 23(1), 85-99. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i1.12947
Terbitan
Bagian
Artikel
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Profetik Oleh Habib Husein Ja’far Al-Hadar Melalui Media Digital. (2022). Wardah, 23(1), 85-99. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i1.12947