Ustadz Abdul Somad's Da'wah message on Youtube Meanings and Media Perspective
Isi Artikel Utama
Abstrak
Ustadz Abdul Somad merupakan salah satu dai yang menggunakan media sosial (youtube) dalam menyampaikan dakwahnya. Da'i sebagai tanda. Pesan dakwah sebagai penanda. Ustadz Abdul Somad sebagai penanda. Ustadz Abdul Somad tampil dengan baju koko dan peci. Ia berceramah dengan bahasa dan retorika yang mudah dipahami dan humoris. Ustadz Abdul Somad menyampaikan dakwahnya menggunakan kata-kata, tanda, dan simbol di YouTube. Ia menggunakan struktur kalimat dengan gaya yang khas. Gaya bahasa berdasarkan struktur dengan aksen melayu. Materi yang disajikan mengandung makna yang mendalam yang dapat dijangkau dengan denotasi dan konotasi. Teori yang digunakan adalah teori makna dan media, yaitu teori makna yang menjelaskan secara detail dan rinci suatu objek dengan analisis semiotika, strukturalisme, serta denotasi dan konotasi. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda-tanda dalam kehidupan sosial manusia yang dipengaruhi oleh sistem (atau hukum) yang berlaku di dalamnya. Strukturalisme adalah penjelasan semiotik tentang desakan bahwa tanda-tanda sepenuhnya dipahami hanya dengan mengacu pada perbedaan dari tanda-tanda lain dalam sistem atau kode representasi tertentu. Denotasi adalah makna yang sebenarnya, atau fenomena yang muncul dengan panca indera, atau bisa juga disebut deskripsi dasar. Konotasi adalah makna budaya yang muncul atau bisa disebut juga makna yang muncul akibat konstruksi budaya sehingga terjadi pergeseran, namun tetap melekat pada simbol atau tanda.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Ustadz Abdul Somad’s Da’wah message on Youtube Meanings and Media Perspective. (2022). Wardah, 23(2), 149-171. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.14748
Terbitan
Bagian
Artikel
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
Ustadz Abdul Somad’s Da’wah message on Youtube Meanings and Media Perspective. (2022). Wardah, 23(2), 149-171. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.14748
Referensi
Ainiyah, N., “Komunikasi Transendental dan Epistimologi Islam (Perspektif Empiris-Metodis: Burhani dan Irfani),” Jurnal Maddah, 2/1, 2020, Pp. 13-27.
Al-Humaidy, M. A., “Tradisi Molodhan: Pemaknaan Kontekstual Ritual Agama Masyarakat Pamekasan, Madura,” dalam Istiqra’: Jurnal Penelitian Islam Indonesia, 6/1, 2007, Pp. 277-296.
Aliyudin, “Prinsip-prinsip Metode Dakwah Menurut Al-Quran,” Jurnal Ilmu Dakwah, 05, Pp. 181-196. doi: 10.15575/idajhs.v5i16.360. 2014. 5. 16. 181-196.
Arifuddin, “Dakwah Through Internet: Challenges and Opportunities for Islamic Preachers in Indonesia” Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 3/1, 2016, 161-181.
Aiman A, Haziqah A, Nasution H, Abdul A, Rozi M, Perang M, et al. Efficient and “ Green ” Vehicle Air Conditioning System using Electric Compressor. In: Energy Procedia. Elsevier B.V.; 2014. p. 270–273.
Abd al-Mun’im Khafaji dkk, al-Uslubiyyah wa al-Bayan al-Araby, al-Dar alMashriyyah al-Lubnaniyyah, 1992
A.Ismail, Ilyas, Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Millenial, Jakarta, Prenadamedia Group, 2018
A.Sebeok, Thomas. Sign; An Introduction to Semiotics. London: University of Toronto Press, 2001
Ahmad Siddiq, Asep. “Para Sufi-Falsafi Iluminasi: Refleksi Untuk Dunia Modern”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora. Vol 4, No.1, Th, 2014, 121-128. prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/viewFile/781/pdf.
Ahmad, Amar. “Dinamika Komunikasi Islami di Media Online”Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 11. No.1. 2013.
Ahmad Anas, Paradigma Dakwah Kontemporer, WaliSongo Press IAIN Walisongo,Semarang, 2006
Aisyah, Nur, Profesionalitas Dakwah Kontemporer, Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 15, No. 2, Desember 2014
Akram, Syaikh, Kassab, Metode Dakwah Yusuf Al Qaradhawi, Pustaka Kautsar, 2010
Ali al-Jarim dan Musthafa Amin, Al-Balaghah al-Wadlihah, Surabaya: TB. al Hidayah, 1961
Anshari, Hafi, Pemahaman dan Pengamalan Dakwah, Surabaya: al-Ikhlas, 1993
Arifin, Anwar, Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2011
Arifin H.M, Psikologi Dadkwah Suatu Pengantar, Jakarta, Bumi Aksara, 1990
Aripudin,Acep, Sosiologi Dakwah, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013
Aziz, Moh. Ali , Ilmu Dakwah (Edisis Revisi), Jakarta, Kencana, 2012
Azra, Azyumardi. Jejak-Jejak Jaringan Muslim Kaum; dari Australia Hingga Timur Tengah. Jakarta: Hikmah Publika, 2007.
Branston, Gill and Roy Stafford. The Media Student’s Book. Third Edition.London and New York: Routledge, 2003.
Barthes, Roland. Mythologies. London: Paladin, 1957.
Bothwell, Mustafa. “A look at Islamic Da‟wah websites: Reality and Expectations”, Article in at the 3rd International Conference on Islamic Media “Media and Social Responsibility”. Jakarta: December 3-5, 2013.
Carroll, Evan and John Romano. Your Digital Afterlife: When Facebook, Flickr and Twitter Are Your Estate, What’s Your Legacy?. Berkeley: New Riders, 2011). www.digitalafterlife.com.
Curran, James and Gurevitch, Michel , Mass Media and Society. London: Edward Arnold, 1992
D. Hidayat, Al-Balaghah li al-Jami, Semarang:PT. Toha Karya, 2011
Eriyanto. Analisis Framing; Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS, 2002.
Fahrurrozi, Model-Model Dakwah di era Kontemporer, Mataram, LP2M UIN Mataram, 2017
Faisal Bakti, Andi. Globalisasi: Dakwah Cerdas Era Globalisasi Antara Tantangan Dan Harapan, https://c3huria.wordpress.com/2015/01/28/ globalisasi-dakwah-cerdas-era-globalisasi-antara-tantangan-dan-harapan/ di unduh pada 17 Maret 2015.
Faisal Bakti , Andi. “Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam” Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 02, No. 01 Juni 2012 :15. Muliyanto, Agus. “E-Dakwah Sebagai Alternatif Media Dakwah” Kaunia. Vol.11. No. 1. April, 2006.
Fuad Abdul Baqi, Muhammad. Al-lu’lu wal Marjan. Semarang: Al-Ridha, 1993.
Fiske, John. Introduction to Communication Studies. London and New York: Routledge, 1990
Habibi, Muhammad, Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial di Era Millenial , Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, Volume 12, Nomor 1, Tahun 2018
Hafidhuddin, Didin, Dakwah Aktual, Jakarta: Gema Insani, 2000
Hall, Stuart, ed. Representation: Cultural Representation and Signifaying Practices. London and New Delhi: Sage, 1997.
Hizbullah Muhamad, Dakwah Melalui New Media: Sebuah Peluang Dan Tantangan, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta, International Conference on Islamic Studies Conference Proceeding, 2018
Jamaluddin Miri. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 2007.
Kaelan, Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma, 2010.
Mastori, Pemikiran Politik Dakwah Kontemporer, Yogyakarta, Deepublish, 2015
Mowlana, Hamid. Global Communication in Transition the End of Diversity?. Sage Publication, London-New Dew Delhi, 1996.
Morisson. Teori Komunikasi; Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.
Muhyiddin, Asep, Kajian Dakwah Multiperspektif, tema: Dakwah dalam perspektif al-Quran. Bandung, Remaja Rosdakarya, 2014
Munir, Samsul, Amin, Ilmu Dakwah, Jakarta, Amzah, 2009
Munsyi, Abdul Kadir. Metode Diskusi Dalam Da’wah, Surabaya: al-Ikhlas . 1981
Muriah, Siti , Metodologi Dakwah Kontemporer, Mitra Pustaka, Yogyakarta, 2000
M. Poloma, Margaret. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Nashih Ulwan, Abdullah. Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam. Kairo: Darussalam, 1985.
Nasib, Muhammad , ar-Rifa’i, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Gema Insani, Jakarta, 2006, cet.ke 9
Natsir, Muhammad, Fiqhud Da’wah, Jakarta: Media Dakwah, 2000
Nurdin, Fauzi, A Pemberdayaan Dai Dalam Masyarakat Lokal, Gama Media, Yogyakarta, 2009
Pardianto. “Meneguhkan Dakwah Melalui New Media”Jurnal Ilmu Komunikasi islam. Vol.3. No.1. Juni 2013
Pimay, Awaludin, Paradigma Dakwah Humanis, Rasail, Semarang , 2005
Qaradhawi, Yusuf, Bagaimana Berinteraksi Dengan Peninggalan Ulama Salaf, terj. Ahrul Tsani Fathurrahman dan Muhtadi Abdul Munim, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2003
Rakhmat, Jalaludin, “ Psikologi Komunikasi” , Bandung : Remaja Rosdakarya, 2008
RB, Pahlawan, Khatib, Kayo, Manajemen Dakwah, dari dakwah konvensional menuju dakwah professional, Amzah, Jakarta, 2007.
Syamsul M. Ramli, Asep, Komunikasi Dakwah Pendekatan Praktis, www.Romeltea.com, 2013
Shaleh, Abdul Rosyad. Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang. 1993
Sanwar, Aminuddin. Pengantar Studi Ilmu Dakwah. Semarang: IAIN Walisongo. 1985.
Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta, Rajagrafindo Persada,2011
Shaumyan, Sebastian. A Semiotic Theory of Language; Advance in Semiotics.
Indiana University Press, 1987. www.book-fi.org. Diakses 13 Maret 2015.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah Jilid.2. Jakarta: Lentera Hati, 2000
Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an, PT Mizan Pustaka, Bandung, 2007
Shoemaker, Pamela and Reese, Stephen, Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. New York: Longman, 1991
Sobur, Alex. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Suhandang, Kustadi, Ilmu Dakwah Perspektif Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, dilengkapi contoh proposal dan laporan penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008.
Suparta, Munzier, Metode Dakwah, Kencana, Jakarta, 2006
----------------, dan Harjani Hefni, Metode Dakwah. Jakarta: Kencana . 2003.
Suroyya, Darma. “Cyber Dakwah Dalam Menghadapi Era Globalisasi” Al-Hikmah, Vol. 13, No.1 Oktober 2015.
Syukir, Asmuni. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: al-Ikhlas. 1983.
Tasmara, Toto. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pertama. 1997.
Taufik, M. Tata, Dakwah Era Digital (Seri Komunikasi Sosial), Jakarta, Pustaka al-Ikhlas, 2013
Tim Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999
Toha, Miftah. Manajemen, Suatu Pendekatan Prilaku. Jakarta: Raja Grafindo, 2004
Usman, Fadly. “Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah” Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam (Al-Tsiqah) ISSN 2502-8294, Vol 1 (01).
Wahyu, Ilaihi, “Komunikasi Dakwah”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010
Al-Humaidy, M. A., “Tradisi Molodhan: Pemaknaan Kontekstual Ritual Agama Masyarakat Pamekasan, Madura,” dalam Istiqra’: Jurnal Penelitian Islam Indonesia, 6/1, 2007, Pp. 277-296.
Aliyudin, “Prinsip-prinsip Metode Dakwah Menurut Al-Quran,” Jurnal Ilmu Dakwah, 05, Pp. 181-196. doi: 10.15575/idajhs.v5i16.360. 2014. 5. 16. 181-196.
Arifuddin, “Dakwah Through Internet: Challenges and Opportunities for Islamic Preachers in Indonesia” Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies, 3/1, 2016, 161-181.
Aiman A, Haziqah A, Nasution H, Abdul A, Rozi M, Perang M, et al. Efficient and “ Green ” Vehicle Air Conditioning System using Electric Compressor. In: Energy Procedia. Elsevier B.V.; 2014. p. 270–273.
Abd al-Mun’im Khafaji dkk, al-Uslubiyyah wa al-Bayan al-Araby, al-Dar alMashriyyah al-Lubnaniyyah, 1992
A.Ismail, Ilyas, Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Millenial, Jakarta, Prenadamedia Group, 2018
A.Sebeok, Thomas. Sign; An Introduction to Semiotics. London: University of Toronto Press, 2001
Ahmad Siddiq, Asep. “Para Sufi-Falsafi Iluminasi: Refleksi Untuk Dunia Modern”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora. Vol 4, No.1, Th, 2014, 121-128. prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/viewFile/781/pdf.
Ahmad, Amar. “Dinamika Komunikasi Islami di Media Online”Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 11. No.1. 2013.
Ahmad Anas, Paradigma Dakwah Kontemporer, WaliSongo Press IAIN Walisongo,Semarang, 2006
Aisyah, Nur, Profesionalitas Dakwah Kontemporer, Jurnal Dakwah Tabligh, Vol. 15, No. 2, Desember 2014
Akram, Syaikh, Kassab, Metode Dakwah Yusuf Al Qaradhawi, Pustaka Kautsar, 2010
Ali al-Jarim dan Musthafa Amin, Al-Balaghah al-Wadlihah, Surabaya: TB. al Hidayah, 1961
Anshari, Hafi, Pemahaman dan Pengamalan Dakwah, Surabaya: al-Ikhlas, 1993
Arifin, Anwar, Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2011
Arifin H.M, Psikologi Dadkwah Suatu Pengantar, Jakarta, Bumi Aksara, 1990
Aripudin,Acep, Sosiologi Dakwah, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013
Aziz, Moh. Ali , Ilmu Dakwah (Edisis Revisi), Jakarta, Kencana, 2012
Azra, Azyumardi. Jejak-Jejak Jaringan Muslim Kaum; dari Australia Hingga Timur Tengah. Jakarta: Hikmah Publika, 2007.
Branston, Gill and Roy Stafford. The Media Student’s Book. Third Edition.London and New York: Routledge, 2003.
Barthes, Roland. Mythologies. London: Paladin, 1957.
Bothwell, Mustafa. “A look at Islamic Da‟wah websites: Reality and Expectations”, Article in at the 3rd International Conference on Islamic Media “Media and Social Responsibility”. Jakarta: December 3-5, 2013.
Carroll, Evan and John Romano. Your Digital Afterlife: When Facebook, Flickr and Twitter Are Your Estate, What’s Your Legacy?. Berkeley: New Riders, 2011). www.digitalafterlife.com.
Curran, James and Gurevitch, Michel , Mass Media and Society. London: Edward Arnold, 1992
D. Hidayat, Al-Balaghah li al-Jami, Semarang:PT. Toha Karya, 2011
Eriyanto. Analisis Framing; Konstruksi, Ideologi dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS, 2002.
Fahrurrozi, Model-Model Dakwah di era Kontemporer, Mataram, LP2M UIN Mataram, 2017
Faisal Bakti, Andi. Globalisasi: Dakwah Cerdas Era Globalisasi Antara Tantangan Dan Harapan, https://c3huria.wordpress.com/2015/01/28/ globalisasi-dakwah-cerdas-era-globalisasi-antara-tantangan-dan-harapan/ di unduh pada 17 Maret 2015.
Faisal Bakti , Andi. “Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam” Jurnal Komunikasi Islam, Vol. 02, No. 01 Juni 2012 :15. Muliyanto, Agus. “E-Dakwah Sebagai Alternatif Media Dakwah” Kaunia. Vol.11. No. 1. April, 2006.
Fuad Abdul Baqi, Muhammad. Al-lu’lu wal Marjan. Semarang: Al-Ridha, 1993.
Fiske, John. Introduction to Communication Studies. London and New York: Routledge, 1990
Habibi, Muhammad, Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial di Era Millenial , Al-Hikmah: Jurnal Dakwah, Volume 12, Nomor 1, Tahun 2018
Hafidhuddin, Didin, Dakwah Aktual, Jakarta: Gema Insani, 2000
Hall, Stuart, ed. Representation: Cultural Representation and Signifaying Practices. London and New Delhi: Sage, 1997.
Hizbullah Muhamad, Dakwah Melalui New Media: Sebuah Peluang Dan Tantangan, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta, International Conference on Islamic Studies Conference Proceeding, 2018
Jamaluddin Miri. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 2007.
Kaelan, Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma, 2010.
Mastori, Pemikiran Politik Dakwah Kontemporer, Yogyakarta, Deepublish, 2015
Mowlana, Hamid. Global Communication in Transition the End of Diversity?. Sage Publication, London-New Dew Delhi, 1996.
Morisson. Teori Komunikasi; Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013.
Muhyiddin, Asep, Kajian Dakwah Multiperspektif, tema: Dakwah dalam perspektif al-Quran. Bandung, Remaja Rosdakarya, 2014
Munir, Samsul, Amin, Ilmu Dakwah, Jakarta, Amzah, 2009
Munsyi, Abdul Kadir. Metode Diskusi Dalam Da’wah, Surabaya: al-Ikhlas . 1981
Muriah, Siti , Metodologi Dakwah Kontemporer, Mitra Pustaka, Yogyakarta, 2000
M. Poloma, Margaret. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Nashih Ulwan, Abdullah. Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam. Kairo: Darussalam, 1985.
Nasib, Muhammad , ar-Rifa’i, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Gema Insani, Jakarta, 2006, cet.ke 9
Natsir, Muhammad, Fiqhud Da’wah, Jakarta: Media Dakwah, 2000
Nurdin, Fauzi, A Pemberdayaan Dai Dalam Masyarakat Lokal, Gama Media, Yogyakarta, 2009
Pardianto. “Meneguhkan Dakwah Melalui New Media”Jurnal Ilmu Komunikasi islam. Vol.3. No.1. Juni 2013
Pimay, Awaludin, Paradigma Dakwah Humanis, Rasail, Semarang , 2005
Qaradhawi, Yusuf, Bagaimana Berinteraksi Dengan Peninggalan Ulama Salaf, terj. Ahrul Tsani Fathurrahman dan Muhtadi Abdul Munim, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2003
Rakhmat, Jalaludin, “ Psikologi Komunikasi” , Bandung : Remaja Rosdakarya, 2008
RB, Pahlawan, Khatib, Kayo, Manajemen Dakwah, dari dakwah konvensional menuju dakwah professional, Amzah, Jakarta, 2007.
Syamsul M. Ramli, Asep, Komunikasi Dakwah Pendekatan Praktis, www.Romeltea.com, 2013
Shaleh, Abdul Rosyad. Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang. 1993
Sanwar, Aminuddin. Pengantar Studi Ilmu Dakwah. Semarang: IAIN Walisongo. 1985.
Saputra, Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta, Rajagrafindo Persada,2011
Shaumyan, Sebastian. A Semiotic Theory of Language; Advance in Semiotics.
Indiana University Press, 1987. www.book-fi.org. Diakses 13 Maret 2015.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah Jilid.2. Jakarta: Lentera Hati, 2000
Shihab, M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an, PT Mizan Pustaka, Bandung, 2007
Shoemaker, Pamela and Reese, Stephen, Mediating the Message: Theories of Influences on Mass Media Content. New York: Longman, 1991
Sobur, Alex. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Suhandang, Kustadi, Ilmu Dakwah Perspektif Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, dilengkapi contoh proposal dan laporan penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008.
Suparta, Munzier, Metode Dakwah, Kencana, Jakarta, 2006
----------------, dan Harjani Hefni, Metode Dakwah. Jakarta: Kencana . 2003.
Suroyya, Darma. “Cyber Dakwah Dalam Menghadapi Era Globalisasi” Al-Hikmah, Vol. 13, No.1 Oktober 2015.
Syukir, Asmuni. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: al-Ikhlas. 1983.
Tasmara, Toto. Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pertama. 1997.
Taufik, M. Tata, Dakwah Era Digital (Seri Komunikasi Sosial), Jakarta, Pustaka al-Ikhlas, 2013
Tim Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999
Toha, Miftah. Manajemen, Suatu Pendekatan Prilaku. Jakarta: Raja Grafindo, 2004
Usman, Fadly. “Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah” Jurnal Ekonomi dan Dakwah Islam (Al-Tsiqah) ISSN 2502-8294, Vol 1 (01).
Wahyu, Ilaihi, “Komunikasi Dakwah”, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010