Literasi Media Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Penulisan Berita

Isi Artikel Utama

Aliasan Aliasan
Amin Sihabuddin
Neni Noviza
Manah Rasmanah

Abstrak

Perkembangan teknologi membuat berita terus berkembang sehingga kita dapat dengan mudah menemukan berita. Namun dalam menghasilkan berita yang sesuai dengan kaidah, diperlukan kompetensi dalam menulis. Penelitian ini membahas pemanfaatan literasi media digital dalam upaya peningkatan kompetensi menulis berita bagi mahasiswa jurnalistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi media digital dengan keterampilan menulis berita. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan mix method, pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan hubungan antar variabel. Sedangkan penelitian kualitatif digunakan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi penulisan berita. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Populasi penelitian terdiri dari 240 siswa dengan sampel sebanyak 118 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen kuantitatif menggunakan angket literasi media dan penulisan berita, instrumen kualitatif menggunakan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan regresi linier sederhana dan kualitatif menggunakan penyajian data, reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi media digital siswa berada pada kategori sedang sedangkan pemahaman menulis berita berada pada kategori sedang sebesar 59%. dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel literasi media digital dengan kompetensi menulis berita.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Literasi Media Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Penulisan Berita. (2022). Wardah, 23(2), 265-278. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.15205
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

Literasi Media Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Penulisan Berita. (2022). Wardah, 23(2), 265-278. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.15205

Referensi

Art Silverblatt dalamApriadi Tambukara, Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)
Asep Syamsul, M. Romli. 2018. Jurnalistik Online. Jakarta: Nuansa Cendekia.
Aziz Hakim Astqolani. 2017. Nilai Berita dan Etika Media Tinjauan Teori Ekonomi dan Politik Media-Mosco (Analisis Teks Pemberitaan Perampokan dan Penyanderaan di Pondok Indah Jakarta 3 September 2016 di Kompas TV).
Bawden, D. 2001. Information and digital literacy: a review of concepts, Journal of Documentation.
Baroroh, Siti & Kurniati, Juliana. 2019. Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator. Hal. 52
Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Duncan, D., & Alltree, J. (2021). The-meaning-of-critical-thinking-in-diagnostic-radiography. -Radiography.
Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004, Jakarta.
Endaryanta, Erwin. 2017. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Dalam Kudus Dan SD Muhammadiyah Suronatan.
Edison Emron, Yohny Anwar, Imas Komariyah. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta, Bandung.
Hoppy Nurjayanti. 2014. Analisis Penggunaan Singkatan Pada Judul Berita di Harian Jawa Pos Edisi Oktober-November 2013
Indah Suryawati. 2011. Jurnalistik: Suatu Pengantar Teori dan Praktik. Indonesia : Ghalia.
Jr., A.A., Strickland III, A.J. 2001. Crafting and Executing Strategy: Text and Readings (12th ed.). New York: McGraw-Hill.
Jatnika, S. A. 2019. Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education. Vol. 3(2). (Online). https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/download/18112/10847
Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Limilia, Putri & Aristi, Nindi. 2019. Literasi Media dan Digital di Indonesia: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal KOMUNIKATIF Vol. 8 No. 2
Potter, James. W. (2004). Theory of Media Literacy: a Cognitive Approach.
Padmadewi & Artini.(2018) Literasi di Sekolah Dari Teori Ke Praktik. Bandung:NilaCakra.
Pangesti Wiedarti Pangesti, Laksono Kisyani,dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi di Sekolah. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Restianti, Anjani.2018. Literasi-Digital,-Sebuah-Tantangan Baru-Dalam-Literasi-Media. Jurnal : GUNAHUMAS. ISSN – 2655-1551 Volume 1, Nomor 1.
Sumadiria Haris.2015. Jurnalistik Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis. Indonesia,
Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakary, 2005)Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakary, 2005)Saomah, A. 2017. Implikasi Teori Belajar terhadap Pendidikan Literasi. http://repository. usu. ac. Id.
Setyawan, Ibnu Aji. (2018). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi.Diakses pada 10 Agustus 2018. https://gurudigital.id/jenis-pengertian- literasi-adalah/ Stanley J. Baran dalamApriadi Tambukara, Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa, (Jakarta: Salemba Humanika, 2011), Nasionalita, Kharisma, Jurnal Ilmu Komunikasi vol 18 No 1 hal 41(2020)
Sulianta, Feri. 2020. Literasi Digital, Riset, Perkembangannya & Perspektif Sosial Studies. Bandung : Feri Sulianta.
Santana K., 2005. Menulis Feature. Jakarta : Pustaka Bani Quraisy.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.
Tarigan, H.G. 2008. Menulis-Sebagai-Suatu-Keterampilan-Berbahasa. Bandung: -Angkasa.
Tamburaka, -Apriadi. -2012.-“Literasi-Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wiyanto, Asul. 2012. Kitab Bahasa Indonesia untuk SD, SMP, SMA, Mahasiswa, Umum. Yogyakarta: Jogja Bangkit Publiser.
Waskim dalam Nuryana, A. (2018). HUBUNGAN GERAKAN LITERASI DENGAN MINAT BACA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 8 CIREBON. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
W. James Potter, Media Literacy, (USA: Sage Publication, 2005), 3th edition.
Wiyanto, Eko. 2012. “Resistensi Arifin C. Noer Terhadap Kondisi Sosial dalam Naskah Drama Aa – Ii – Uu: Analisis Sosiologi Sastra”. Tesis. Surakarta: Program Magister Pengkajian Bahasa Universitas Muhammadiyah Surakart
.
Yahya, I. M. 2019. terasi Media Digital sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital pada Siswa SMA Negeri 1 Mayong. Skripsi. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.