Strategi Penerapan Komunikasi Penyiaran Islam di Era Society 5.0

Isi Artikel Utama

Sri Hertimi
Hamidah Hamidah

Abstrak

Perkembangan informasi dan komunikasi yang berjalan sangat pesat di era globalisasi tehnologi telah mempengaruhi bidang komunikasi penyiaran islam, sedangkan pada saat ini komunikasi penyiaran islam dihadapkan pada tantangan yang harus dihadapi yaitu munculnya Society 5.0. Society 5.0 merupakan gerakan nyata terhadap perkembangan informasi dan teknologi yang semakin canggih. Kemajuan tersebut menjadi tantangan tersediri bagi komunikasi penyiaran islam dan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan terobosan-terobosan yang paten untuk menghadapi Society 5.0. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan. Teknik analisis informasi/data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Penarikan kesimpulan dalam penelitian ini dilakukan secara deduktif. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka cara atau strategi penerapan dari komunikasi penyiaran islam dalam era Society 5.0, pertama yaitu Melihat Sasaran yang harus dituju dengan menggunakan tiga pendekatan yaitu, pendekatan media massa yang berbasis agama, pendekatan kelompok agama, dan pendekatan individu bisa melalui komunikasi tatap muka atau komunikasi langsung. Kedua menggunakan social media. Dalam pendekatan ini ada 2 (dua) strategi yang dapat dilakukan yaitu, Metode ceramah dan diskusi.
Kata Kunci: Society 5.0; komunikasi penyiaran islam; strategi penerapan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Strategi Penerapan Komunikasi Penyiaran Islam di Era Society 5.0. (2022). Wardah, 23(2), 279-288. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.15671
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

Strategi Penerapan Komunikasi Penyiaran Islam di Era Society 5.0. (2022). Wardah, 23(2), 279-288. https://doi.org/10.19109/wardah.v23i2.15671

Referensi

Ali, Z. Metode penelitian hukum. Sinar Grafika, 2010.
Aminullah, M., & Ali, M. Konsep perkembangan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi komunikasi era 4.0. Komunike: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. 12 (1), (2020). 1–23. https://doi.org/10.20414/jurkom.v12i1.2243
Arif, M.CQuo vadis komunikasi islam: Menuju penyeimbangan nalar kritis dan pragmatis di tengah global village. Jurnal Komunikasi Islam. 2 (2). .(2012). https://adoc.pub/quo-vadis-komunikasi-islam-menuju-penyeimbangan-nalar-kritis.html
Bungin, B. Sosiologi komunikasi. (3rd ed.). Kencana Prenada Media Grup, 2008.

Cangara, H. (2007). Pengantar ilmu komunikasi. PT Raja Grafindo Persada Habibah, A.F., & Irwansyah, I. (2021). Era masyarakat informasi sebagai dampak media baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350-363. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255

Haqqi, H., & Wijayanti, H. Revolusi industri di tengah society 5.0: Sebuah integrasi ruang, terobosan teknologi dan transformasi kehidupan di era distruptif.Quadrant, (2019)
Kompasiana, (2020). Penerapan komunikasi pembangunan agama di era society 5.0. https://www.kompasiana.com/fifinovianty/5e7d9c33097f360d09153e13/penerapan-komunikasi-pembangunan-agama-di-era-society-5-0
Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis dampak perkembangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 pada perilaku masyarakat ekonomi (ECommerce). Pilar Teknologi: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik. 4(2). http://dx.doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39
Ngafifi, M. Kemajuan teknologi dan pola hiidup manusia dalam prespektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 2 (1). (2014). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Saebani. B.A. Metode Penelitian Hukum. Pustaka Setia, 2008.

Ulum, F. & Setiadi, G. (2019). Peranan teori kultivasi terhadap perkembangan komunikasi massa di era globalisasi. Alittishod: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1 (1). 2019. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/114
Wuryan,S., Mustofa,M.B., Rachmy, R. M., Indriyani, S.M., Putri, S.J., & Sari, T.Y. Social impact analysis of mass communication on community in the society 5.0 era. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam.14(1). (2022). https://media.neliti.com/media/publications/497664-social-impact-analysis-of-mass-communica-a5f8e061.pdf