Hegemoni Amerika Dalam Film Independence Day: Resurgence (Tinjauan Teori Depedensi Media dan Teori Media Marxist)

Isi Artikel Utama

Rina Darojatun

Abstrak

Amerika Serikat memanfaatkan Hollywood sebagai kiblat industri hiburan dunia untuk menanamkan ideologinya dalam menguasai dan mengontrol negara lain melalui film. Artikel ini membahas tentang film yang merupakan produk sebuah struktur sosial politik dan budaya, salah satu film yang berjudul Independence Day:Resurgence disisipi praktik hegemoni dengan menanamkan ideologi kepada khalayak yang menontonnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hegemoni Amerika Serikat di dunia melalui pendekatan analisis isi yang ditinjau dengan teori depedensi media dan teori media Marxist, Teknik pengumpulan data dengan melihat teks dalan film dan konteks yang melatarinya. Hasil penelitian menyatakan bahwa teori dependensi media menganalisis pengaruh media dalam menciptakan kognisi baru bagi reputasi masyarakat dan negara sehingga dengan mudah menanamkan pengaruh, doktrin dan hegemoninya secara global. Hal ini dibuktikan dengan tema film yakni hari bersejarah “hari kemerdekaan” Amerika Serikat. Disinilah momentum yang hendak dimanfaatkan sebagai ajang “pembuktian” mereka atau Self Assertion negara besar. Melalui pendekatan teori media Marxist, Amerika Serikat hendak menunjukan wajahnya yang bersahabat kepada semua negara bersamaan dengan mempertahankan image sebagai negara penguasa dan polisi dunia. Amerika Serikat secara sadar menerapkan kemapanan status quo sebagai negara adidaya. Kondisi ekonomi-politik yang berkembang di suatu negara, mempunyai hubungan yang saling menentukan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi-politik global.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hegemoni Amerika Dalam Film Independence Day: Resurgence: (Tinjauan Teori Depedensi Media dan Teori Media Marxist). (2023). Wardah, 24(1), 138-159. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17591
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

Hegemoni Amerika Dalam Film Independence Day: Resurgence: (Tinjauan Teori Depedensi Media dan Teori Media Marxist). (2023). Wardah, 24(1), 138-159. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17591

Referensi

Ambarita, Jenri, and Ester Yuniati. “Blog Interaktif Berbasis Literasi Digital Sebagai Media Kampanye Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial.” Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan 15, no. 2 (2021): 130–144.
databoks. Pengguna Internet Terbesar Di Dunia, 2018. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/02/website-paling-sering-diakses-pub Admin. ”Profit Film Independen Day Resurgence WordlWide”. Artikel diakses pada tanggal 05 Januari 2023 dari https://www.boxofficemojo.com/showdown/sd255653380/
Admin. ”Review Film Independen Day Resurgence” artikel diakses pada tanggal 10 Februari 2023 dari https://www.rollingstone.com/tv-movies/tv-movie-reviews/independence-day-resurgence-103410/
Admin, ”Epic Movie Of The Year” artikel diakses pada tanggal 16 Februari 2023 dari https://www.ft.lk/Entertainment/epic-movie-of-the-year-independence-day-resurgence-to-premier-on-24th/40-549579
Bahurekso, Putu Radar. ” Independen Day Resurgence, Aksi Penyelamatan dari Serangan Alien” artikel diakses pada tanggal 25 Februari 2023 dari https://www.medcom.id/hiburan/film/9K5GDanb-independence-day-resurgence-aksi-penyelamatan-dari-serangan-alien
Arafat, Gusti Yaser. ”Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis. Jurnal Al Hadharah. Vol 17 No 33 (Januri-Juni 2018): 32-48
Anisyah, S. (2022). Women Pregnancy amids Covid-19: Understanding Vulnerability, Developing Vaccine Strategy, and Capacity in Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 6(2), 205-216. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v6i2.13350
De Fleur, Melvin. Sandra Ball-Rokeach. Theories Of Mass Communication. Fourt
Edition. USA; Longmand. Inc. 1989.
Fitriani, Elsyi. Rhafidilla Vebrynda. ”Analisis Naratif Terorisme dalam Film 12
Strong”. Jurnal PIKMA: Publikasi Media dan Cinema. Volume 4 Nomor 1, September 2021.
Fuller, Graham. ”A World Without Islam”. Foreign Policy. Januari-Februari 2008.
Gramsci, Antonio. Prison Notebook,Terj. Teguh Wahyu Utomo, Catatan- catatan dari Penjara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2000.
Hardt, Hanno. Critical Communication Studies, Communication, History &
Theory In America.London: Routledge. 1992.
Hardiman, Budi FX . Menuju Masyarakat Komunikatif, Ilmu, Politik dan
Postmodernisme Menurut Jurgen Habermes. Kanisius: Yogyakarta, 1993.
Hussein, Saddam. ”Eksistensi Amerika Serikat Sebagai Kekuatan Global”. Global & Policy Journal. Volume. 1 Nomor. 1. Januari-Juni 2013.
Infante, A Dominic, Andrew S Rancer, Deanne F Womack. 2003, Building Communication Theory, Fourth Edition. Illionis, USA:Waveland Press.Inc.1997.
Jones, Steve. Antonio Gramsci. New York:Routledge. 2006.
Littlejohn, W, S. Karen A.Foss. John G.Oetzel. 2016, Theories of Human
Communication. Eleventh Edition. Illionis, USA:Waveland Press.Inc.2006.
Marta, Rustono Farady. ”Esensi dan Pemetaan Teoretisasi Komunikasi Media dalam Perspektif Karl Marx”. Jurnal Bricolage. volume. 2, Nomor 2. (Juni-Desember 2017): 117-123
McLuhan, M. “Understanding of Media : The Extensions of Man“. London: Routledge. 1964.
Mahmudah, Dede. ”Evolusi Teori Ketergantungan Sistem Media Menjadi Teori
Infrastruktur Komunikasi”. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Volume 15 No. 2 Juli-Desember 2011.
Mulyasih, M.Si. Rahmi. Depedency Media Pada Masyarakat. Jurnal
Komunikasi. Volume 2 No.1 Januari-April 2013.
Piliang,Y. A. Transpolitika, Dinamika politik di dalam Era Virtualitas.
Bandung: Jalasutra 2005.
Roger Simon. Gagasan-Gagasan Politik Gramsci. Yogyakarta: Pustaka Pelajar & Insist.1999.
Siswati. Endah. Anatomi Teori Hegemoni Antonio Gramsci, Jurnal Translitera, edisi 5. 2017.
Stanza, Muhammad Willys. ” Mengapa Hollywood Bisa Menjadi Kiblat Industri Film Dunia” artikel di akses pada tanggal 12 Desember 2022 dari https://www.indonesiana.id/read/156192/mengapa-hollywood-bisa-menjadi-kiblat-industri-film-dunia
Patria, Nezar &Arief, Andi. Antonio Gramsci, Negara dan Hegemoni.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2015.
Tanaka, Melis. Wempi. J.A. 2019. ”Hegemoni Hollywood Pada Film American Sniper”. Jurnal Komunikasi Global. Volume 8, No 1.
Willim. E, Loges & Sandra J.Ball Rokeach. Depedency Relations and newspaper
readership. 2002. Journalism & Mass Communication Quartely. Vol 70 issue 3 September (1993).602-614, diakses tanggal 05 Juli https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/107769909307000311
Zezen Zaenuddin Ali. ”Pemikiran Hegemoni Antonio Gramsci (1891-1937) di Italia. Jurnal Yaqzhan. volume 3, Nomor 2, Desember 2017.
Zulfebiges. Teori Marxist, Sebuah Pengantar. Jurnal Mediator Vol 4 No 1. 2003lik-indonesia.
Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020): 1–22.
Juditha, Christiany, and Josep J. Darmawan. “Use of Digital Media and Millennial Generation’s Political Participation.” Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik 22, no. 2 (2010): 91–105.
Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. Pertama. Jakarts: Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Littlejohn, Stephen W. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication, 2011.
Mahyuddin. “Moderasi Beragama Perlu Masuki Ruang Digital.” Last modified 2019. https://mediaindonesia.com/humaniora/219997/moderasi-beragama-perlu-masuki-ruang-digital.
Mahyudin, Rustam Magun Pikahulan, and Muhammad Fajar. Peran Strategis IAIN Ambon Dan IAKN Ambon Dalam Merawat, 2020.
Phil Kamaruddin Amin. “Mengapa Moderasi Beragama?” Https://Kemenag.Go.Id/. Last modified 2023. https://kemenag.go.id/kolom/mengapa-moderasi-beragama-02MbN#:~:text=Moderasi beragama adalah cara pandang,Jangka Menengah Nasional (RPJMN).
Qorib, Fathul. “Pola Konsumsi Media Pada Generasi Milenial Kota Malang.” Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi 12, no. 1 (2020): 53–71.
Rozak, Abdul. “Komunikasi Lintas Agama : Modal Sosial Pembentukan Masyarakat Sipil.” Dakawah IX, no. l (2008): 13–28.
Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka, 2007.
Wibowo, Arief, Dyah Retno Utari, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Budi Luhur, Petukangan Utara, and Komunikasi Politik. “Analisis Isi ( Content ) Blog Sebagai Media Kampanye Calon Anggota Legislatif ( Caleg ) Pada Pemilu Legislatif 2009” 2009, no. semnasIF (2009): 16–25.
Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan.” Jurnal pendidikan 1 (2016): 263–278.